Sabtu, April 20, 2024

Chip Langka, Stok Ponsel Black Shark Kosong

Techbiz.id – Kabar mengejutkan datang dari produsen ponsel gaming Black Shark yang mengakui bahwa ponsel flagship keluaran terbarunya mengalami kekosongan stok akibat kelangkaan chip.

Dilansir dari Android Authority yang mengambil unggahan dari CEO Black Shark, Luo Yuzhou di media sosial Weibo mengungkapkan bahwa Black Shark 4 series, khususnya Black Shark 4 Pro, kehabisan stok akibat langkanya chip.

Lebih lanjut dalam unggahannya Yuzhou menambahkan bahwa kekurangan stok produknya sangat besar dan sangat sulit untuk meningkatkan produksi perangkat gaming tersebut.

stock black shark

Kelangkaan chip ini juga dirasakan oleh raksasa teknologi asal Korea, Samsung, yang memaksa eksekutif perusahaan untuk berupaya keras membeli semikonduktor untuk produk TV dan smartphone mereka.

Baca juga: Bawa Spek Gahar, Black Shark 3 Pro Tawarkan Harga Rp11 Jutaan

Dilansir dari The Korea Economic Daily, ternyata tidak hanya Samsung, LG Electronics Inc. juga babak belur dihantam kelangkaan chip yang semakin memburuk. Kedua raksasa peralatan rumah tangga tersebut dikatakan memangkas produksi TV dan peralatan rumah tangga lainnya hingga 20% karena kekurangan pasokan chip displayer driver IC (DDI) dan chip power management integrated circuit (PMIC).

Hal ini memaksa Presiden Bisnis Display Samsung Electronics, Han Jong-hui, terbang ke Taiwan di minggu lalu dalam upaya mengamankan pasokan chip DDI. Kepala divisi ponsel Samsung, Roh Tae-moon, pun terbang ke Amerika Serikat pada pertengahan Maret lalu dalam misi untuk mendapatkan pasokan chip prosesor aplikasi dari Qualcomm Technologies Inc.

Sebelumnya, Xiaomi pun merasakan dampak kekurangan pasokan chip, terutama untuk industri smartphone mereka yang memaksa mereka untuk menentukan kemungkinan kenaikan harga smartphone mereka akibat biaya produksi yang tinggi.(AAH)

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...