Thursday, April 22, 2021
Home Apps Data Pengguna Facebook di Indonesia Bocor, Apa Akibatnya?

Data Pengguna Facebook di Indonesia Bocor, Apa Akibatnya?

Must Read

Telkomsel Tawarkan Solusi Keamanan Perangkat Mobile

Techbiz.id - Telkomsel merilis kemitraan dengan perusahaan keamanan siber, Lookout, Inc yang menawarkan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia...

Bagikan THR, Tiket.com Berikan Diskon Hotel dan Pesawat Hingga 70%

Techbiz.id - Aplikasi penyedia jasa perjalanan online, Tiket.com tengah menggelar program diskon tahunan di bulan Ramadhan, yakni Tiket Hari...

Ponsel Gaming Redmi Muncul dengan Pengisian Cepat 67W

Techbiz.id - Menyusul rumor yang mengatakan Redmi bakal merilis ponsel gaming, kini kemunculannya telah membuktikan hal itu. Ponsel gaming...

Asus Bakal Rilis Monitor Gaming Strix XG43UQ Bulan Depan

Techbiz.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) mengumumkan bahwa Strix XG43UQ, monitor gaming HDMI 2.1 pertama di dunia, akan...

Tri Beri Akses Film Sampai Jadi Debu untuk Rayakan Ramadan

Techbiz.id - Masih dalam rangkaian program #TriBerkahBerlipat, pelanggan Tri dapat menyaksikan film “Sampai Jadi Debu” secara eksklusif melalui aplikasi...

Techbiz.id – Data 533 juta pengguna Facebook dilaporkan telah bocor ke publik. Sebanyak 130.000 diantaranya merupakan milik pengguna Facebook asal Indonesia.

Sementara, pengguna Facebook yang paling banyak terdampak dilaporkan berasal dari negara Mesir (44,8 juta), Tunisia (39,5 juta), Italia (35,6 juta), dan Amerika Serikat (32,3 juta). Adapun total keseluruhan itu mecapai 106 negara yang terdampak.

- Advertisement -

Perlu diketahui, data pribadi yang bocor kali ini cukup lengkap, meliputi informasi nama lengkap, nomor telepon, lokasi, tanggal lahir, ID Facebook, gender, pekerjaan, asal negara, status pernikahan, hingga alamat e-mail.

Ratusan data pengguna ini pertama kali diunggah oleh pengguna di forum peretas amatir secara gratis. Alhasil, data pengguna yang cukup lengkap kini tersedia secara luas. Lalu apa akibatnya jika data Facebook terlanjur bocor ke publik?

Menurut Alon Gal, Chief Technology Officer (CTO) dari firma intelije kejahatan siber Hudson Rock, data pribadi yang bocor dapat memberikan peluang bagi para penjahat siber.

Dalam hal ini, mungkin saja bagi para penjahat siber melakukan penipuan atau peretasan dengan data tersebut.

“Basis data berisi informasi pribadi sebesar itu pasti akan dimanfaatkan cybercriminal untuk melakukan serangan rekayasa sosial atau upaya peretasan,” ujar Gal, dikutip dari Business Insider, Senin (5/4).

Apalagi menurut Gal, Facebook selaku kunci utama yang terkait dengan masalah ini justru tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, data tersebut sudah terlanjur terungkap secara luas.

Baca juga: Facebook Hadirkan Instagram Lite, Hanya Butuh Ruang 2MB

Kendati demikian, Gal mengungkapkan bahwa Facebook masih bisa mengimbau penggunanya agar tetap waspada terhadap adanya kemungkinan phising atau penipuan sejenisnya.

Hal ini karena pengguna yang mendaftar ke Facebook telah mempercayai mereka dengan memberikan data pribadi. “Facebook seharusnya memperlakukan data dengan sangat hormat,” pungkasnya.




- Advertisement -

Artikel Terbaru

FE 14mm F1.8 GM, Lensa Ringkas dengan Angle Ultra-lebar

Techbiz.id - Sony Electronics Inc. semakin memperluas jajaran lensa E-mount-nya dengan memperkenalkan FE 14mm F1.8 GM (model SEL14F18GM) -...

Artikel Terkait