Kamis, April 25, 2024

Inspirasi Prakarya Kreatif dari TikTok untuk Rayakan Ramadan dan Idul Fitri

Techbiz.id – Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadan. Ada banyak kebiasaan yang dilakukan selama bulan puasa dan juga pada saat Lebaran, seperti memberikan angpaw ke anggota keluarga yang lebih kecil, mengirimkan hampers ke sanak saudara dan kerabat, ataupun mendekorasi rumah untuk menyambut tamu yang ingin silaturahmi. TikTok, platform distribusi video singkat, menghadirkan berbagai inspirasi prakarya DIY dari para kreator yang mungkin bisa ditiru dan dilakukan sendiri di rumah. Kita simak yuk tips-tips ini!

Bukan THR biasa

Pembagian THR biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para keponakan ataupun saudara yang masih kecil saat hari Lebaran tiba. Mereka pun biasanya mempersiapkan dompet atau tas kecil untuk menyimpan uang yang mereka dapat di hari tersebut. Nah, kreator TikTok bernama ritajessica mengajarkan untuk membuat dompet lucu dari kertas. Cukup dengan kertas A4 warna warni dan sedikit kreativitas, kita bisa berikan dompet menggemaskan ini kepada para adik-adik atau keponakan.

Lukisan dari barang bekas

Ngabuburit atau waktu menjelang buka bisa digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat lho. Sang kreator aliciaeva memberikan tips untuk membuat lukisan dengan memakai sisa bubble wrap. Ternyata hasilnya bisa jadi sangat estetik, cocok untuk menjadi hiasan ketika hari raya Idul Fitri nanti.

Dekorasi simpel

Mendekorasi ulang rumah atau kamar bisa jadi cara agar perayaan Ramadaan atau Lebaran terasa beda tahun ini. Meskipun bertemu teman atau saudara secara virtual, dekorasi rumah yang cantik tetap bisa diwujudkan. Coba intip tips dari megawatiphonix ini untuk membuat prakarya dekorasi estetik dengan bahan sederhana, dan tidak perlu anggaran yang besar.

Baca juga: TikTok Tambahkan Teks Otomatis Serupa Subtitle pada YouTube

“Semakin banyak kreator yang membagikan konten seputar DIY di TikTok, dan kami senang sekali melihat kreativitas para kreator yang sangat berkembang,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia. “Semoga dengan tips yang dibagikan para kreator, bisa menjadi inspirasi bagi para kreator lainnya untuk ikut menghasilkan konten yang kreatif.” imbuhnya.

Untuk terus mendorong kreativitas pengguna, TikTok pun kembali mengadakan kompetisi di dalam aplikasi, kali ini bertajuk #TauGaSih yang berlangsung mulai 9 April hingga 18 April ini. Kompetisi ini mengajak para pengguna untuk membagikan konten informatif, bukan hanya seputar tips DIY, tapi juga konten life hacks, IPTEK, fakta seru, pelajaran sekolah termasuk bahasa asing, fotografi, tutorial, motivasi dan bisnis, olahraga dan kesehatan, hingga seni. Pengguna yang mengunggah konten sebanyak mungkin (minimal 3 video) secara konsisten, menggunakan fitur teks atau suara asli untuk menjelaskan, dan membubuhkan tagar #TauGaSih berkesempatan untuk memenangkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...