Thursday, August 5, 2021
Home Devices Pilih-Pilih Smartphone Rp3 Jutaan, realme 8 dan Galaxy A32

Pilih-Pilih Smartphone Rp3 Jutaan, realme 8 dan Galaxy A32

Must Read

Terungkap! Ini Bocoran Harga Samsung Galaxy Buds 2

Techbiz.id - Samsung Galaxy Buds 2 disebut-sebut menjadi salah satu perangkat yang akan dirilis oleh Samsung melalui ajang Galaxy...

Spesifikasi realme Flash Terungkap, Usung Dua Kamera 50MP

Techbiz.id - Beberapa waktu lalu, realme baru saja memperkenalkan serangkaian MagDart. Teknologi pengisian nirkabel magnetik ini mencakup beberapa perangkat,...

Canggih! Video Call Telegram Kini Bisa Ditonton Hingga 1000 Peserta

Techbiz.id - Telegram baru saja menggulirkan beberapa fitur baru. Salah satu yang menarik adalah tersedianya video call (panggilan video)...

Huawei Matepad 11 Tiba di Indonesia, Ini Harganya

Techbiz.id - Sesuai dengan janjinya, Huawei baru saja meluncurkan Huawei Matepad 11 di Indonesia, Kamis, (5/11/2021). Tablet Huawei ini...

Update Harga Xiaomi Mi 11 Lite 2021, Jadi 3 Jutaan!

Techbiz.id - Baru dirilis pada Juni 2021 lalu, kini perubahan harga sudah terjadi pada Mi 11 Lite di Indonesia. Jika...

Techbiz.id – Pasar smartphone Tanah Air ramai akhir-akhir ini dengan hampir semua pemain besar meluncurkan produk terbarunya. Yang menarik produk-produk smartphone baru tersebut berada di kelas yang sama yaitu kelas mid-range.

Ambil contoh realme yang kemarin baru saja meluncurkan realme 8 dan Samsung dengan Galaxy A32 yang menjadi lini populernya. Kedua smartphone ini sama-sama dibanderol dengan harga Rp3 jutaan dan menargetkan anak muda sebagai penggunanya.

Jika kamu berencana untuk meminang smartphone baru di segmen harga tersebut, mana yang pantas kamu bawa pulang? Coba kita bandingkan keduanya.

Baca juga: Usung Kamera 108MP, realme 8 Series Resmi Meluncur di Indonesia

Baik realme 8 dan Galaxy A32 terlihat memberikan penyegaran dalam bidang desain, di mana keduanya terlihat lebih segar dan muda. Tentu bagaimanapun tampak luaran itu penting sebab dari sini baru kita bisa jatuh hati.

realme 8 mengusung slogan Infinite Bold Design dengan Split Design, sedangkan Galaxy A32 dengan Awesome Design. Desain memang lebih ke preferensi masing-masing, namun dapat kami simpulkan bahwa realme 8 memberikan tampilan yang sangat berani dengan permainan motif futuristik juga unik. Sedangkan Galaxy A32 hadir dengan desain lebih simpel dari pendahulunya, lebih kalem dan tidak neko-neko penampilannya.

Dari sisi itu terlihat bahwa realme memberikan usaha yang lebih keras untuk memberikan perubahan ketimbang Samsung yang kesannya tidak mau repot menghias produknya. Dari sisi bobot juga realme 8 hadir dengan sedikit lebih ringan dan tipis ketimbang Galaxy A32.

Kedua perangkat tersebut sama-sama membawa panel Super AMOLED yang terkenal dengan kontras warna sangat baik dan tampilan warna hitam yang kelam. Satu sisi realme 8 hadir dengan panel lebih terang yaitu 1000 nits dibanding 800 nits pada Galaxy A32, tapi di sisi lainnya Galaxy A32 hadir dengan refresh rate 90Hz dan realme 8 60Hz saja.

Jika bicara fungsional, kami lebih memilih panel yang lebih terang karena bisa lebih bermanfaat saat bertemu kondisi di bawah sinar matahari dengan menampilkan isi layar lebih jelas.

Masuk bidang fotografi, keduanya sama-sama mengunggulkan resolusi 64MP konfigurasi quad camera. Di atas kertas keduanya menawarkan hardware yang mirip. Jika bicara dari sisi software, realme lebih memaksimalkan kemampuan AI dalam memproses hasil fotonya.

Lebih banyak fitur kamera ditemukan di realme 8 di antaranya seperti Tilt-shift, variasi mode bokeh, hingga mode malam bernama New Super Nightscape yang sangat membantu dalam pemotretan di lingkungan rendah cahaya.

Baca Juga: Review realme 8 Pro: Percaya Diri dengan 108MP

Baterai juga tidak boleh dilewatkan dalam perbandingan ini. Kedua perangkat ini sama-sama memberikan baterai berkapasitas 5000mAh yang tergolong besar saat ini. Meski begitu, realme membenamkan teknologi fast charging 30W Dart Charge yang bisa membuat baterai tersebut penuh dalam waktu sekitar satu jam saja.

Samsung terkesan lebih irit dengan masih memberikan teknologi fast charge 15W saja ke Galaxy A32, jadi bisa diperkirakan dibutuhkan waktu hingga sekitar 2 jam untuk bisa mengisi penuh baterainya.

Dari perbandingan-perbandingan yang dapat dibaca di atas, terlihat meski berasal dari brand yang berumur lebih muda, realme 8 bisa memberikan fitur kamera yang lebih banyak untuk menunjang kreativitas kamu serta desain yang terlihat lebih niat jika dibandingkan dengan Galaxy A32.

Pilihan sebenarnya kembali ke kalian mau pilih smartphone yang mana. Namun bukankah akan lebih baik jika dengan harga banderol yang sama kamu bisa mendapatkan sebuah produk yang lebih baik?

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

realme Catat Penjualan 100 Juta Smartphone, Ada Kejutan Spesial

Techbiz.id - realme dengan bangga mengumumkan pencapaian penjualan 100 juta smartphone secara global yang mengukuhkan realme sebagai brand smartphone...