Sabtu, September 18, 2021
Beranda Review Gadget Terbaru Review OPPO A54: Stylish dan Kaya Fitur

Review OPPO A54: Stylish dan Kaya Fitur

Must Read

realme C21Y Siap Temani Aktivitas Kembali ke Sekolah

Techbiz.id - Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru sekolah, realme dengan antusias merayakannya dengan meluncurkan realme C21Y untuk keperluan...

Live On Jadi Operator Pilihan Generasi Z

Techbiz.id - Hadir untuk melayani kaum muda profesional yang mengonsumsi data lebih tinggi dari rata-rata per bulan, Live On...

Update Harga Oppo A15 Agustus 2021, Ada Diskonnya!

Techbiz.id - Memasuki pertengahan Agustus 2021, Oppo A15 kini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Meski banderol sebelumnya sudah terjangkau,...

Cocok untuk Semua Kalangan, Simak Kemampuan ASUS VivoBook 15 (A516)

Techbiz.id - Sebuah laptop yang dirancang untuk semua kalangan yakni VivoBook 15 (A516) kembali diperkenakan ASUS dengan ukuran layar...

Terungkap, Inikah Harga Redmi Note 10 Pro?

Techbiz.id - Rumor mengenai Redmi Note 10 Series terus beredar. Kali ini giliran harga yang dibandrol Redmi Note 10...

3 Indonesia Siap Dukung Aktivitas WFH

Techbiz.id - Mendukung himbauan pemerintah Indonesia kepada masyarakat untuk saat ini beraktivitas secara online menyusul meningkatnya jumlah kasus pandemik...

Techbiz.id – OPPO A54 hadir sebagai wajah baru bagi lini seri A OPPO berkat layar punch hole serta sertifikasi IPX4. Apalagi banderol harganya yang cukup terjangkau, berkisar Rp2 jutaan saja. Tak heran jika perangkat entry-level OPPO ini memiliki banyak peminat.

Beruntungnya, Techbiz berkesempatan untuk menjajal secara langsung performa dari OPPO A54. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak review OPPO A54 berikut ini

Review OPPO A54

review Oppo A54

Desain

OPPO A54 hadir dengan desain yang stylish. Unit yang kami terima kali ini merupakan varian warna Starry Blue. Bodi perangkatnya memiliki sentuhan akhir glossy yang mampu menghasilkan kilauan holografik yang menambah nilai estetika perangkat.

Sayangnya, sentuhan akhir glossy justru mengakibatkan mudahnya menanggalkan bekas sidik jari pada perangkat. Namun, OPPO menghadirkan solusi berupa jelly case yang mencegah hal itu terjadi, tetapi tetap menampilkan nilai estetika dari kilauan OPPO A54.

Beralih dari itu, dengan dimensi yang ramping 8.4×75.7×163.6 mm dan bobot 192 gram, perangkat cukup mudah untuk dioperasikan walau hanya dengan satu tangan. Perangkat juga memiliki ketahanan bodi yang patut diperhitungkan. OPPO sudah membekalinya dengan proteksi khusus dan telah menjalani enam tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal.

Lebih lanjut, secara fisik perangkat memiliki tombol power yang terintegrasi langsung dengan sensor sidik jari yang cepat pada sisi kanan. Kemudian, terdalat tombol power dan SIM tray dengan tiga slot berada di sisi kiri. Sementara, bagian bawah memuat jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB Type-C, dan lubang speaker.

Layar

OPPO A54 mengemas layar IPS berukuran 6,51 inci, dengan resolusi HD+ (720×1600 piksel) serta rasio 20:9 dan screen-to-body ratio 89,2%. Berkat ini, perangkat mampu menyajikan pengalaman berselancar yang baik, tanpa ada delay saat berpindah antar aplikasi ataupun menjelajah sosial media.

Tingkat kenyamanan juga semakin bertambah berkat hadirnya fitur-fitur pendukung. OPPO menambahkan berbagai fitur pada layar demi mendukung aktivitas pengguna.

Perangkat sudah dilengkapi fitur Eye Comfort guna mengurangi cahaya biru layar agar mata tidak mudah lelah. Selain itu, terdapat juga fitur Smart Sunlight Screen, Moonlight Scree, dan AI Smart Backlight juga tertanam pada layar OPPO A54.

Adapun fitur bernama Sunlight Screen mampu menjaga layar tetap terlihat meski berada di bawah sinar matahari. Kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nit.

Sementara, pada kondisi cahaya rendah atau malam hari, perangkat memiliki fitur Moonlight Screen yang dapat mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nit. Hadir pula fitur AI Smart Backlight yang secara otomatis akan mempelajari kebiasaan penggunanya.

Tak ketinggalan, layarnya mengusung desain berupa punch hole yang menjadikannya wajah baru lini seri A OPPO. Lubang itu pun memuat lensa kamera 16MP.

review Oppo A54

Kamera

OPPO A54 tiba dengan Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP dan kamera bokeh 2MP. Kemampuan ketiga kamera dalam memotret objek terbilang baik. Soal kamera, OPPO memang tak bisa diragukan.

Namun, Alih-alih mendukung kamera beresolusi tinggi, OPPO memilih untuk menyematkan berbagai fitur kecerdasan buatan. Dimulai dari AI Scene Recognition yang mendukung pengenalan otomatis ketika digunakan, terdapat 23 suasana yang dapat dikenali oleh perangkat ini.

Lalu, Ultra Night Mode yang bisa menjadi solusi fotografi malam hari. Hingga fitur-fitur panorama dengan sudut 180 derajat, portrait, pano, macro, sticker, slo-mo, time-lapse, dan expert. Sedangkan, untuk perekaman videonya mendukung sampai resolusi 1080p pada 30fps.

Menyoal perekaman video, Oppo A54 tidak memiliki fitur stabilisasi khusus, sehingga video yang dihasilkan masih rentan terhadap guncangan. Berikut hasil foto dengan menggunakan OPPO A54:

Performa

Untuk urusan performa, OPPO A54 mengandalkan prosesor Helio P35 MT6765 milik MediaTek. Berkat chipset ini, perangkat mampu menjalankan aktivitas multitasking. Sehingga, perangkat mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus di latar belakang, tanpa memuat ulang ketika kembali diakses.

Selain itu, OPPO A54 juga membawa kapasitas yang cukup luas untuk menyimpan berbagai jenis file dan aplikasi. Kapasitas tersebut juga masih bisa diperluas hingga 256GB, selain penyimpanan internal sebesar 128GB yang sudah tertanam.

Performa gamingnya juga cukup apik, terutama saat menjalankan game ringan sekelas AoV. Untuk uji benchmark-nya sendiri, OPPO A54 menghasilkan skor 165 dalam single-core dan 957 di multi-core.

Performa perangkat juga ditopang oleh baterai jumbo sebesar 5000mAh. Dengan baterai jumbo tersebut, perangkat sangat hemat daya. Dalam penggunaanya, bisa bertahan hingga 2 hari, dengan catatan menggunakan smartphone secara wajar. Apalagi, Baterai Oppo A54 juga didukung dengan fitur Super Power Saving Mode. Fitur memungkinkan kinerja maksimal saat baterai ponsel hampir habis.

Fitur itu sangat membantu ketika baterai tersisa hanya 5 persen, sehingga tetap bisa menjalankan aplikasi WhatsApp. Namun, sayangnya proses pengisian daya cukup memakan waktu sekitar 2 jam meski OPPO membekalinya dengan pengisan cepat 18W.

Kendati demikian, bisa dialihkan dengan cara mengisi daya pada malam hari. Sehingga tidak akan terasa saat mengisi daya. Selain itu, OPPO juga membekali fitur Optimized Overnight Charging. Fitur ini akan membantu menyesuaikan pengisian daya malam hari dengan waktu tidur agar tidak over-charge.

review Oppo A54

Sertifikasi IPX4

Oppo A54 memiliki sertifikasi IPX4 yang memiliki ketahanan terhadap cipratan air dari segala sisi.

Menariknya, OPPO menghadirkan fitur ini di harga Rp2 jutaan saja. Padahal, untuk smartphone sekelas mid-range saja belum tentu memiliki sertifikasi tersebut.

Berkat fitur ini, Kami tak perlu khawatir apabila smartphone tidak sengaja terkena air hujan.

Fitur Pendukung

OPPO A54 dilengkapi dengan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan di antaranya HyperBoost. Teknologi HyperBoost adalah mesin pendorong kinerja yang tersedia eklusif untuk OPPO, yang terdiri dari tiga kemampuan inti: scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. HyperBoost memungkinkan aplikasi dan game merespons lebih cepat, yang mengarah pada peningkatan kelancaran pada tingkatan sistem.

Perangkat juga memiliki fitur yang berguna saat bermain game. Fitur bernama Game Space ini akan menyesuaikan notifikasi yang masuk saat main game. Sehingga, akan ditampilkan dalam bentuk teks melayang dari kanan ke kiri, yang disebut sebagai bullet notification. Menariknya, notifikasi itu tak bisa disentuh sehingga tak perlu khawatir akan keluar dari game apabila tidak sengaja tersentuh.

Baca juga: Review ASUSPRO E520: Partner Kerja yang Ringkas

Kesimpulan

Menurut kami, OPPO A54 merupakan perangkat yang patut dipertimbangkan. Selain memiliki desain yang stylish, wajah baru lini seri A ini juga kaya akan fitur pendamping yang semakin mendukung aktivitas Anda.

Apalagi, dengan harga Rp2 jutaan saja, Anda bisa mendapatkan berbagai fitur masa kini dan tentunya penuh gaya. Sehingga, OPOO A54 bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang memang menginginkan smartphone stylish, terjangkau, tetapi bisa diandalkan.



Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

OPPO dan Tim Renang Indonesia Kampanyekan Hidup Sehat

Techbiz.id - Menggandeng tim renang Indonesia, OPPO Find X3 Pro 5G kembali menggelar kampanye OPPO Find Health untuk mendorong...