Thursday, April 22, 2021
Home Review Gadget Terbaru Review realme 8 Pro: Percaya Diri dengan 108MP

Review realme 8 Pro: Percaya Diri dengan 108MP

Must Read

iPhone 12 dan iPhone 12 Mini Tampil dengan Warna Baru

Techbiz.id - Bersamaan dengan merilis iPad Pro, iMac serta Airtag, Apple juga menghadirkan varian warna baru iPhone 12 dan...

WhatsApp Ingatkan Pengguna yang Tak Setuju Kebijakan Baru, Ini Akibatnya

Techbiz.id - Aplikasi perpesanan populer, WhatsApp kembali mengingatkan bahwa waktu yang digunakan untuk menerapkan kebijakan baru dalam menggunakan layanan...

Infobip: Usai Pandemi, Transformasi Digital Tetap Berlanjut

Techbiz.id - Infobip merilis sebuah studi tentang perubahan pola layanan pelanggan di masa pandemi yang menyebutkan bahwa meskipun bekerja...

OPPO A74 dan A74 5G Resmi Meluncur, Ini Harganya

Techbiz.id - OPPO kembali menghadirkan perangkat baru di Indonesia. Terdiri dari dua varian, perangkat yang dinamai OPPO A74 tersedia...

Mengatur Rumah Pintar dengan SmartThings

Techbiz.id - Samsung Galaxy S21 Series 5G hadir dengan sederet fitur-fitur yang dapat mempersiapkan setiap penggunanya untuk masa depan....

Techbiz.id – Smartphone seri angka kembali dihadirkan realme melalui perangkat realme 8 series ke pasar Indonesia lengkap dengan serangkaian fitur baru yang ditawarkan bagi para penggemarnya di tanah air.

Lewat fitur-fitur baru dan disain smartphone yang dihadirkannya realme seolah makin percaya diri dalam menghadirkan produk-produk unggulannya.

- Advertisement -

Memiliki DNA sebagai perangkat dengan kemampuan kamera sebagai nilai jual utamanya, realme 8 Pro menawarkan keseruan dalam menciptakan sebuah konten bergambar hanya dengan menggunakan perangkat smartphone.

Baca juga: Pecahkan Rekor Muri, Realme 8 Series Mampu Cetak Foto Super Besar

Karena mengunggulkan sektor kamera pada perangkatnya, review realme 8 Pro ini akan banyak saya isi dengan ulasan mengenai kemampuan fotografi di perangkat ini.

Namun demikian, karena perangkat ini mempunyai desain baru yang cukup menawan, maka saya akan mengulasnya terlebih dahulu sebelum kita masuk ke sektor kinerja perangkat.

Review realme 8 Pro: Desain

Salah satu perbedaan signifikan pada desain realme 8 Pro ini adalah dari segi desain. Di smartphone seri angka terbaru ini realme sepertinya makin percaya diri dengan menampilkan secara tegas slogan Dare to Leap pada bodi belakang perangkat.

Desain ini disebut realme sebagai Infinite Bold Design, yang menunjukkan pemahaman unik perusahaan tentang trendsetting design dan kemampuan tampilan serta semangat merek Dare to Leap.

Bukan hanya menampilkan slogan Dare to Leap secara besar-besaran, warna indah yang dihadirkan realme 8 Pro ini juga menjadi salah satu keunggulan desain perangkat ini. Warna perangkat yang saya ulas ini bernama hitam angkasa.

Jika diperhatikan secara detail, pada bodi belakang perangkat ini kalian akan melihat butiran-butiran kecil padat menyerupai bintang yang membuat kita seolah memegang langit berbintang Ketika menggenggam perangkat ini.

Untuk membuat bodi belakangnya tersebut realme menggunakan teknologi pemrosesan AG-Crystal dengan memperbesar dan mencerahkan butiran kecil, mengukir tekstur mikro dengan bentuk prismatik polihedral pada butiran berbentuk bola dengan teknologi ukiran laser 3D.

Untuk diketahui, proses AG konvensional biasanya dilakukan dengan melapisi penutup belakang dan mengetsa menjadi butiran kecil yang tak terhitung jumlahnya dengan bentuk bola, untuk mencapai efek matte. Tetapi realme melakukan proses sebaliknya untuk menghadirkan desain yang indah tersebut.

realme 8 Pro mempunyai bodi yang sangat ramping dan juga ringan dengan bobot 176g dan ketebalan 8,1mm. Kebanyakan smartphone saat ini memiliki bobot lebih dari 200g. meski ringan dan tipis, realme 8 Pro tidak terkesan ringkih.

Review Kamera realme 8 Pro

review realme 8 pro

realme 8 Pro membawa serangkaian fitur fotografi yang membuat pengalaman memotret menjadi tanpa batas. Bahkan, beberapa diantaranya merupakan fitur fotografi pertama didunia yang dikenalkan realme.

Perangkat ini menjadi smartphone realme pertama yang dibekali kamera 108MP. Kamera utama ini mengadopsi sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga dengan sensor ekstra besar 1/1,52 inci dan resolusi maksimum 12000×9000.

Selain kamera utama berpiksel besar, ponsel pintar ini juga memiliki lensa sudut lebar beresolusi 8MP dengan apertur f/2.25 dan bidang pandang 119°. Terdapat juga lensa monokrom 2MP yang membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret. Melengkapi tiga lensa lainnya, terdapat Lensa ultra makro 2MP.

Baca Juga: realme Official Store Siapkan Banyak Hadiah untuk Pemesanan realme 8 Pro

Untuk kebutuhan swafoto, kamera depan realme 8 Pro memiliki kapasitas sebesar 16MP yang hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape untuk memastikan setiap foto selfie tampil sempurna.

Itu semua spesifikasi teknis yang ditawarkan oleh realme 8 Pro, bagaimana dengan fitur dan foto-foto yang mampu dihasilkan?

Yang terbaru, kamera realme 8 Pro ini menawarkan fitur Dynamic bokeh dan Neon Portrait. Dengan fitur Dynamic Bokeh kita bisa menghasilkan foto bokeh dengan latar belakang yang dinamis. Dalam Teknik fotografi, gambar yang dihasilkan mirip dengan teknik panning.

Fitur ini hanya bisa digunakan untuk objek manusia, karena jika objek yang difoto bukan manusia maka keseluruhan gambar akan menjadi blur. Padahal jika bisa digunakan pada objek lain seperti mobil atau motor kita akan bisa membuat seolah kendaraan tersebut sedang bergerak cepat.

Gambar bokeh yang dihasilkan fitur ini menurut saya hamper sempurna, objek manusia dapat terpotong rapih dengan latar belakang yang dibuat blur.

Untuk menghasilkan foto bokeh artistic dengan latar belakang lampu-lampu, realme menyediakan fitur Neon Portrait pada perangkat realme 8 Pro ini.

Di perangkat ini realme juga menghadirkan mode Starry Mode generasi kedua yang ditingkatkan. Selain untuk foto, mode ini sekarang bisa digunakan untuk pengambilan gambar bergerak (video) langsung dari smartphone. Kemampuan ini diklaim realme sebagai yang pertama di dunia.

Untuk fitur pertama di dunia lainnya, realme menghadirkan mode Tilt Shit yang dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia.

Saat kita menatap objek yang sangat dekat dengan kita, latar depan dan latar belakang biasanya tidak fokus. Jika kita menambahkan efek blur yang tepat pada gambar seperti itu, otak kita mengira kita sedang melihat lanskap miniatur.

Mode Tilt-shift juga memungkinkan kita menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Caranya cukup mudah, tinggal mudah memilih dan menyesuaikan efek blur agar sesuai dengan pemandangannya. Mode Tilt-shift juga mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x, menyajikan dunia nyata dengan cara yang lebih fantastis dan unik.

Biasanya untuk menghasilkan foto tit-shift membutuhkan lensa tersendiri dan lensa tilt-shift berbanderol harga mahal. Nah realme menghadirkan teknologi tilt-shift langsung di realme 8 Pro, lengkap dengan video time-lapse yang tidak perlu menggunakan aplikasi editing lagi.

Buat para vlogger, kamera realme 8 Pro ini sekarang mendukung penggunaan mode dual view video yang memungkinkan pengguna merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Review Performa Realme 8 Pro

realme 8 pro harga

Sekarang kita beralih ke dapur pacu perangkat ini. Untuk jeroannya, realme 8 Pro dibekali dengan Snapdragon 720G dilengkapi dengan Kryo 465 CPU dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 1.8GHz, bersama dengan GPU Adreno 618 baru, yang sama dengan Snapdragon 730G.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 720G memiliki peningkatan 10% dalam kinerja CPU, 75% peningkatan kinerja GPU dan Tampilan.

Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan juga Geekbench 5, skor yang diperoleh realme 8 Pro sebagai berikut:

skor antutu realme 8 pro
Hasil Benchmark realme 8 Pro

Untuk mendukung kinerja perangkatnya, realme 8 Pro dilengkapi dengan baterai sebesar 4500mAh dengan pengisian cepat 50W SuperDart Charge. Baterai tersebut dapat terisi penuh 100% dalam 47 menit. Jika dalam keadaan tergesa, pengisian cepatnya mampu mengisi hampir 50% daya dalam waktu 17 menit.

Memanfaatkan teknologi pompa pengisian tegangan tinggi, 50W SuperDart Charge mewujudkan efisiensi daya pengisian 97% dan mendukung Perlindungan Pengisian 5 Dimensi.

Ditambah dengan Snapdragon 720G 8nm konsumsi daya rendah dan Layar Super AMOLED, kita akan dapat menggunakan ponsel ini sepanjang hari.

realme juga menyiapkan respons pengoptimalan baterai untuk pengelolaan tugas latar belakang, siaga larut malam, dan bahkan skenario baterai lemah. Meskipun level baterai 5%, realme 8 Pro akan tetap standby selama 32 jam.

realme 8 Pro memiliki varian memori besar 8GB+128GB yang juga dilengkapi dengan slot 3 kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB).

Antarmuka

realme 8 Pro menggunakan system operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0 yang lebih cepat, lebih mulus, dan lebih aman. Salah satu OS yang paling dapat disesuaikan dan mulus di pasar dibuat untuk pengalaman yang sangat dipersonalisasi.

Kemudahan kustomisasi menjadi salah satu nilai jual utama realme UI 2.0. Antarmuka ini mendukung lebih dari 100 item yang dapat disesuaikan. Ini termasuk Warna Tema Global, 3 Gaya Mode Gelap, Kustomisasi Ikon dan banyak lagi fitur menarik dan berguna.

Untuk keamanan data penggunanya, realme UI 2.0 sekarang menyediakan perlindungan pembayaran, sistem pemantauan izin aplikasi, pemblokiran situs palsu, dan akses ke fitur keamanan Android 11. Dengan semua fitur ini, kita dapat berbagi kreativitas tanpa mengkhawatirkan perlindungan data pribadi dan privasi.

Dengan menggunakan mesin fluida, realme UI 2.0 telah meningkatkan kecepatan ketika membuka aplikasi yang menampilkan metode pra-peluncuran AI menjadi mempersingkat waktu 23,63% untuk peluncuran aplikasi.

Fitur lainnya

realme 8 Pro mendukung Sertifikasi Audio Resolusi Tinggi untuk memastikan pengalaman audiovisual berkualitas tinggi. Melengkapi gaya hidup digital, realme 8 Pro menyediakan sambungan NFC khusus untuk pasar Indonesia untuk terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung. Penggunaan NFC juga dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

Kesimpulan

Setelah menjajal realme 8 Pro selama seminggu, saya berkesimpulan bahwa realme 8 Pro adalah jawaban dari realme untuk menghadirkan sesuatu yang baru yang diinginkan pecinta smartphone tanah air. Melihat dari besaran resolusi kamera, fitur-fitur kamera, bobot ringan, panel layar, performa prosesor, pengisian daya cepat dan masih dibenamkannya NFC, realme 8 Pro pantas menjadi pertimbangan kuat di segmen harga 4 jutaan.

Jika ditilik satu-satu komponen tersebut patutnya hadir di kelas flagship, namun realme membawa semua komponen kelas flagship itu ke harga menengah. Sepertinya realme benar-benar mendengarkan masukan dari pengguna smartphone dan fans dalam menghadirkan sebuah smartphone.

Terlebih lagi, kabarnya realme memiliki garansi tambahan untuk realme 8 Pro. Tambahan 6 bulan garansi dan tambahan perlindungan untuk layar saya rasa membuat calon pengguna merasa lebih nyaman. realme 8 Pro bisa didapatkan melalui pre-order mulai 7 April di JD dan situs resmi realme.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

10 Perbedaan OPPO A74 5G dan A74 4G

Techbiz.id - OPPO baru saja menghadirkan perangkat A74 5G dan A74 4G. Tak hanya memiliki konektivitas yang berbeda, OPPO...

Artikel Terkait