Kamis, April 25, 2024

Spotify Siap Hadirkan Podcast Berbayar

Techbiz.id – Spotify tampaknya segera menyusul langkah Apple yang menghadirkan podcast berbayar dalam waktu dekat. Sumber Wall Street Journal melaporkan, layanan musik streaming, Spotify juga akan merilis sistem podcast serupa tepatnya pada minggu depan.

Namun, Spotify memiliki kebijakan tersendiri dalam layanan tersebut. Tak seperti Apple, Spotify justru tidak akan memungut biaya atau mengambil potongan dari harga langganannya. Bahkan, podcaster akan diizinkan untuk menetapkan harga mereka sendiri.

Itu merupakan kabar baik bagi para podcaster. Pasalnya, pada layanan podcast Apple, perusahaan berencana untuk mengambil sebagian besar pendapatan sebagai komisi, tepatnya 15 sampai 30 persen. Nilai ini pun belum termasuk biaya tahunan $20 untuk keanggotaan.

Kendati demikian, persaingan ketat antara Apple dan Spotify telah berlangsung lama. Persaingan sengit pertama kali dimulai dengan layanan streaming musik hingga kemudian memasuki babak baru, yakni podcast.

Baca juga: Tampilan Spotify Dekstop Kini Mirip versi Mobile

Spotify dinilai lebih unggul karena layanannya tersedia di lebih banyak platform. Apalagi, secara keseluruham hampir menggandakan pelanggan berbayar di Apple Music. Namun, di sisi lain, Apple memiliki nilai lebih dari ekosistem mereka. Perangkat Apple terkait erat dan menawarkan beberapa pengalaman lintas perangkat terbaik.

Terlepas dari itu, Apple dan Spotify juga bukanlah pioneer dari podcast berbayar. Di sisi lain terdapat Patreon, Pocket Casts, Stitcher, dan Amazon Wondery telah menawarkan podcast berbayar sebelumnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...