Sabtu, November 27, 2021
BerandaDigiBizTencent Cloud Operasikan Internet Data Center di Indonesia

Tencent Cloud Operasikan Internet Data Center di Indonesia

Must Read

Techbiz.id – Tencent Cloud, salah satu bisnis Tencent, mengumumkan peluncuran Internet Data Center (IDC) pertamanya di Indonesia. Langkah ini diambil demi memperkuat komitmen perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang di Indonesia dan Asia.

Dengan menawarkan solusi cloud ke seluruh wilayah Asia, Tencent Cloud semakin memperkuat posisinya di kancah global melalui peluncuran IDC baru ini. IDC pertama Tencent Cloud di Indonesia ini menambah jaringan infrastruktur Tencent Cloud yang terus berkembang dan telah menjangkau 27 wilayah dan 61 zona. 

Indonesia sendiri menjadi salah satu pasar cloud publik yang tumbuh paling cepat di Asia Pasifik dengan CAGR  sebesar 25 persen dan pertumbuhan besar pasarnya diperkirakan akan meningkat menjadi USD0,8 miliar pada tahun 2023. Oleh karena itu, IDC baru ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan layanan cloud yang terus meningkat di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

Baca juga: Rencana Merger Gojek-Tokopedia Semakin ‘Nyata’

IDC ini terletak di pusat bisnis Ibu Kota Jakarta dan sudah beroperasi optimal untuk melengkapi akses backbone dan jaringan dari semua penyedia layanan internet utama di Indonesia dan global. IDC ini juga menggabungkan protokol perbatasan gateway berkualitas tinggi milik Tencent Cloud untuk mencakup seluruh negeri.

Menurut Senior Vice President, Tencent Cloud International, Poshu Yeung, peluncuran data center ini di Indonesia memungkinkan Tencent Cloud untuk lebih dekat dengan pelanggandan penggunanya demi mengurangi akses yang tertunda terhadap data dan aplikasi, serta membantu bisnis dan organisasi di tanah air mempercepat transformasi digital mereka.

IDC Tencent Cloud di Indonesia ini juga membantu pelanggan kami untuk memenuhi peraturan dan syarat kepatuhan, serta memberikan lebih banyak pilihan untuk pemulihan bencana di seluruh wilayah APAC.

Memiliki 270 juta penduduk, Indonesia dikatakan Poshu Yeung adalah negara terpadat keempat di dunia dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Dengan jumlah populasi penduduk usia muda yang lebih banyak, Indonesia memiliki dividen demografis internet yang besar dengan pasar internet mobile yang berkembang dengan cepat.

“Kami sangat senang dapat meluncurkan IDC pertama kami di Indonesia untuk membantu secara maksimal tercapainya potensi optimal cloud computing di negara ini. IDC baru ini merupakan wujud komitmen kami untuk memenuhi kebutuhan bisnis saat ini dan masa depan, baik di Indonesia maupun di Asia. Selain itu, pembangunan IDC ini juga memperkuat jaringan global kami yang menghubungkan 27 wilayah dan 61 zona,” kata Poshu Yeung.

Pendirian IDC Tencent Cloud di Indonesia akan mendukung kebutuhan yang terus berkembang dari berbagai industri, mulai dari layanan keuangan, internet dan e-commerce, hingga hiburan, game dan pendidikan.

Terkait

Artikel Terkait

Smartfren Hadirkan Kartu Perdana dan Paket Gokil Combo untuk Pengguna Dana

Techbiz.id - Smartfren meluncurkan kartu perdana GOKIL COMBO 55 GB dan paket GOKIL COMBO hasil kerjasama strategis dengan dompet...