Wednesday, June 23, 2021
Home Telco 5 Manfaat 5G yang Paling Berpengaruh di Kehidupan

5 Manfaat 5G yang Paling Berpengaruh di Kehidupan

Must Read

Lebih Canggih, Tamagotchi Kini Hadir dalam Bentuk Smartwatch

Techbiz.id - Memperingati 25 tahun Tamagotchi pertama keluar, kini telah hadir versi yang lebih canggih. Memiliki wujud layaknya smartwatch,...

Daftar Harga dan Paket Always On Kuota Besar Tri Indonesia

Techbiz.id - Untuk memenuhi kebutuhan akses internet yag semakin tinggi Tri Indonesia menawarkan Paket AlwaysOn Super dengan kuota mulai...

Telkomsel Rombak Platform Dunia Games

Techbiz.id - Untuk memberikan pengalaman ke tingkat yang lebih tinggi kepada pelanggan dan pengguna setia Dunia Games, Telkomsel melakukan...

Dari Smartwatch Hingga Aksesori Gaming, Realme Ramaikan Pasar AIoT Indonesia

Techbiz.id - Tak hanya sebuah smartphone 5G, realme Indonesia juga turut menghadirkan serangkaian produk AIoT. Jajaran produk AIoT ini...

Serupa Clubhouse, Spotify Hadirkan Aplikasi Greenroom

Techbiz.id - Popularitas Clubhouse menarik banyak perhatian hingga kini. Alhasil, layanan streaming musik, Spotify pun turut meluncurkan aplikasi serupa...

Techbiz.id – Kehadiran 5G kian dekat di Indonesia. Jaringan generasi kelima itu menjadi hal yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Bagaimana tidak, jaringan 5G menjanjikan manfaat berupa kecepatan internet hingga 10 kali lipat lebih cepat dari sebelumnya.

Dengan kecepatan tinggi, keandalan yang unggul, dan latensi yang dapat diabaikan, 5G akan memperluas ekosistem seluler ke ranah baru. Teknologi 5G juga akan mendorong tumbuhnya peluang serta pengalaman baru bagi sektor bisnis. Berbagai manfaat 5G bisa dirasakan melalui teknologi kecerdasan buatan seperti halnya IoT (Internet of Things). Lantas apa saja manfaat 5G dalam kehidupan?

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasan mengenai manfaat 5G yang paling berpengaruh dalam kehidupan berikut ini

Manfaat 5G di Kehidupan

1. Internetan lancar tanpa nge-lag

Salah satu manfaat dari jaringan 5G adalah koneksi internet yang super cepat. Bahkan, kecepatan internet jaringan generasi kelima itu bisa mencapai 10 kali lipat lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Dengan demikian, pengguna internet dapat merasakan manfaatnya secara langsung dalam beraktivitas di internet. Salah satunya dengan melakukan streaming film berkualitas hingga 4k ataupun 8k secara mulus tanpa nge-lag.

Selain itu, melalui koneksi 5G, pengguna internet juga bisa melakukan panggilan video, konferensi virtual, hingga siaran langsung dengan lebih mulus.

2. Mengunduh jadi lebih cepat

Tak hanya berselancar di internet yang bisa dilakukan secara mulus, kecepatan jaringan 5G juga mendukung pengguna untuk mengunduh dengan lebih cepat.

Teknologi 5G dirancang untuk memberikan kecepatan data puncak hingga 20 Gbps berdasarkan persyaratan IMT-2020. Dengan kecepatan 5G yang seperti itu, mengunduh game berat ataupun aplikasi hingga film berdurasi panjang dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik. Apalagi, 5G menjanjikan untuk secara signifikan mengurangi latensi. Dengan demikian, maka waktu muat akan lebih cepat serta responsif.

3. Internet of Things (IoT)

Peluang yang paling menjanjikan ketika hadirnya 5G adalah ekosistem Internet of Things alias IoT. Menurut laporan bertajuk Internet of Things in the 5G Era yang dirilis GSMA November 2019 menjelaskan, 5G akan memberikan berbagai manfaat untuk IoT yang tidak tersedia di jaringan 4G.

Teknologi 5G sendiri memungkinkan konektivitas yang lebih cepat, stabil, dan aman. Hal inilah yang dapat memberikan dorongan cukup besar pada ekosistem IoT. Alhasil, beberapa perangkat bisa saling terhubung, berbagi data, dan dapat diakses dari jarak jauh.

4. Cloud Gaming

Beberapa dari Kalian mungkin sudah cukup familiar dengan cloud gaming. Komputasi awan ini memungkinkan para gamer untuk bermain dengan game yang terhubung di cloud tanpa harus mengunduhnya pada perangkat mereka.

Pada dasarnya, cloud gaming itu sendiri memerlukan pemrosesan data yang cukup berat. Selain bergantung pada perangkat, tentunya proses ini juga sangat berpengaruh terhadap jaringan. Sehingga, jaringan yang digunakan haruslah cepat dan responsif, agar tidak menggangu proses cloud gaming.

Oleh karena itu, teknologi 5G sangat berperan bagi cloud gaming. Bagaimana tidak, jaringan 5G itu sendiri telah membawa serta konektivitas cepat dan latensi rendah, menjadikannya memiliki  pengalaman bermain game yang mulus.

Baca juga: Sah, Indonesia Masuki Era Baru Internet Cepat 5G

5. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Selain menawarkan konektivitas yang super cepat, jaringan 5G juga memiliki karakteristik latensi rendah. Hal inilah yang menjawab kebutuhan dari virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Melalui 5G, waktu respons dipersingkat hanya menjadi beberapa milidetik. Dengan demikian, pengguna dapat merasakan pengalaman VR dan AR secara real-time dan realistis. Tak hanya itu saja, pengalaman penggunaan VR dan AR yang lebih baik juga akan memberikan peluang terhadap pertumbuhan industri di bidang tersebut.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Rekomendasi 5 Ponsel Oppo untuk Menikmati 5G Indosat

Techbiz.id - Hadir di spektrum yang berbeda dengan layanan 5G yang dihadirkan oleh Telkomsel, OPPO memiliki rekomendasi beberapa ponsel...

Artikel Terkait