Tuesday, June 22, 2021
Home Devices Android 12 versi Beta Sudah Tersedia, Apa yang Baru?

Android 12 versi Beta Sudah Tersedia, Apa yang Baru?

Must Read

Smartfren Uji Coba 5G di Spektrum 26Ghz, Kecepatannya Tembus 1,8 Gbps

Techbiz.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar uji coba 5G tahap kedua yang kali...

SmartThings Punya Interface Terbaru yang Lebih Dinamis

Techbiz.id - Samsung Electronics baru-baru ini mengumumkan peluncuran SmartThings generasi terbarunya yang menghadirkan interface terbaru dengan beberapa peningkatan. Sebagai bagian...

Serupa Clubhouse, Spotify Hadirkan Aplikasi Greenroom

Techbiz.id - Popularitas Clubhouse menarik banyak perhatian hingga kini. Alhasil, layanan streaming musik, Spotify pun turut meluncurkan aplikasi serupa...

Infinix NOTE 10 Series Diluncurkan, Simak Harga dan Spesifikasinya

Techbiz.id - Smartphone di lini NOTE 10 Series resmi dihadirkan Infinix untuk para penggunanya di Indonesia. Seri NOTE 10...

Cocok untuk Semua Kalangan, Simak Kemampuan ASUS VivoBook 15 (A516)

Techbiz.id - Sebuah laptop yang dirancang untuk semua kalangan yakni VivoBook 15 (A516) kembali diperkenakan ASUS dengan ukuran layar...

Techbiz.id – Setelah tiga pratinjau pengembang, Android 12 versi beta publik pertama dikabarkan sudah tersedia. Sistem operasi penerus Android 11 itu diperkenalkan Google pada hari pertama I / O 2021.

Seperti yang diharapkan, Android 12 menyertakan perombakan visual utama. Memanfaatkan “Material You”, perusahaan telah mendesain ulang hampir setiap elemen antarmuka pengguna Android agar lebih dapat disesuaikan.

Saat Anda mengatur wallpaper baru, Android 12 akan secara otomatis mengubah hampir setiap elemen OS, termasuk hal-hal seperti bayangan pemberitahuan dan kontrol volume, untuk mencocokkan warna dominan dan gratis yang ditampilkan.

Google juga telah membuat ulang animasi sistem dan mengubah menu Pengaturan Cepat untuk menambahkan kontrol Google Pay dan Home. Antarmuka pengguna baru ini akan menjadi yang pertama di perangkat Google Pixel, seperti dilansir dari Engadget (19/5).

Sebagai bagian dari perombakan antarmuka pengguna, Google mengatakan berhasil membuat Android lebih efisien pada saat yang bersamaan. Perusahaan mengklaim ponsel dengan Android 12 akan lebih cepat, lebih responsif dan memanfaatkan baterai mereka dengan lebih baik berkat penggunaan CPU yang dioptimalkan lebih baik.

Selain itu, Android 12 juga membawa peningkatan keamanan dan privasi baru. Pembaruan tersebut mencakup dasbor baru yang menyertakan garis waktu dari semua data yang telah diakses aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Selain memberi Anda informasi itu sekilas, dasbor akan memungkinkan Anda untuk mencabut izin aplikasi.

Seperti di iOS 14, Anda juga akan melihat indikator kecil di bagian atas layar saat aplikasi mengakses kamera ponsel, mikrofon, atau keduanya. Namun, Anda juga dapat memblokir kedua komponen untuk semua aplikasi dengan menonaktifkannya di menu Pengaturan Cepat yang didesain ulang.

Baca juga: Bocoran Android 12 Terungkap, Tampilkan Desain Baru

Ketika mengakses layanan lokasi, Android 12 akan memungkinkan Anda untuk menyediakan aplikasi dengan perkiraan keberadaan Anda saja. Google juga akan memperkenalkan konsep yang disebut Android Private Compute Core. Ini akan menangani semua bahasa dan pemrosesan audio untuk fitur seperti Live Caption dan Now Playing di perangkat.

Tak hanya itu, Google menjanjikan lebih banyak fitur akan datang ke Android 12 akhir tahun ini. Sejauh ini, versi beta dari Android 12 dapat dijalankan di perangkat tertentu dari 11 produsen, termasuk Google, Nokia, TCL, Asus, OnePlus, Oppo, dan Xiaomi.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Harga dan Spesifikasi Vivo V21 di Indonesia

Techbiz.id - Usai menghadirkan Vivo V21 5G, Vivo kembali meluncurkan versi 4G di Indonesia, Selasa (22/6). Vivo V21 kali...

Artikel Terkait