Jumat, April 19, 2024

Apple Watch 7 Dukung Pemantau Kadar Gula Darah

Techbiz.id – Apple Watch merupakan salah satu jam tangan pintar paling populer yang memiliki beberapa fitur terkait kesehatan. Beberapa di antaranya telah terbukti menyelamatkan hidup banyak orang, terutama elektrokardiogram ( EKG ).

Kini, dilaporkan bahwa versi perangkat yang akan datang, Apple Watch Series 7 kemungkinan akan mendapatkan fitur terkait kesehatan utama lainnya, seperti pemantauan gula darah. Kehadiran fitur ini akan sangat penting bagi pengguna penderita diabetes.

Sesuai laporan dari The Telegraph, pengarsipan SEC mengisyaratkan bahwa Apple akan menambahkan fitur yang dilabeli sebagai glukometer ke Apple Watch 7 pada tahun 2022.

Fitur ini akan berguna bagi pengguna yang perlu membaca gula darah mereka sebelum setiap injeksi insulin karena jumlah gula yang ditemukan dalam darah mereka menentukan dosis setiap suntikan.

Pasalnya, saat ini, pemeriksaan kadar gula darah agak rumit. Pengguna harus mengambil darah untuk setiap tes, mengoleskannya ke strip tes yang kemudian dimasukkan ke dalam glukometer untuk mendapatkan pembacaan.

Proses itu cukup menyakitkan dan mahal, tetapi jika Apple dapat menemukan solusi yang dapat menawarkan pembacaan gula darah tanpa perlu mengambil darah atau membayar untuk tes, itu bisa menjadi pendorong besar untuk penjualan perangkat.

Laporan tersebut mengungkapkan Apple sebagai pelanggan terbesar Rockley Photonics yang telah mengembangkan sensor generasi berikutnya yang diharapkan sudah ada di dalam perangkat tahun depan. Sensornya dapat membaca sinyal tertentu dari darah seseorang dengan menyinari cahaya infra merah melalui kulit dari bagian belakang jam tangan pintar.

Baca juga: Susul Apple dan Samsung, Huawei P50 Akan Tiba Tanpa Pengisi Daya

Dilansir dari Gizmochina (3/5), itu juga mengisyaratkan bahwa selain glukometer, perusahaan mungkin ingin menambahkan sensor lain pada jam tangan pintar yang akan datang seperti halnya dukungan untuk mengukur tingkat alkohol dan tekanan darah pengguna, tetapi sampai sekarang, tidak ada yang dikonfirmasi oleh raksasa teknologi yang berbasis di AS itu .

Sejauh ini, Apple menawarkan pemantauan elektrokardiogram (EKG) dan tingkat oksigen darah (SpO2) di jam tangan pintar miliknya. Jadi, akan sangat menyenangkan melihat dukungan untuk glukometer pada perangkat yang dapat dikenakan pada generasi berikutnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...