Rabu, April 24, 2024

Apple Watch Bakal Bisa Deteksi Kadar Gula dan Alkohol dalam Darah

Techbiz.id – Apple terus meningkatkan fitur kesehatan di perangkat Apple Watch miliknya. Jam tangan pintar generasi berikutnya dikabarkan bakal bisa mendeteksi kadar gula hingga alkohol dalam darah.

Menurut laporan Telegraph, pemilik iPhone ini telah bekerja sama dengan perusahaan asal Inggris Rockley Photonics untuk menghadirkan sensor tersebut di jam tangan pintar Apple.

Rockey Photonics sendiri telah mengembangkan sensor akurat yang dapat membaca beberapa sinyal darah yang biasanya hanya dapat dideteksi menggunakan perangkat medis. Adapun sensor ini nantinya akan ditanamkan pada bagian belakang jam yang bekerja dengan cara memancarkan sinar inframerah langsung ke kulit.

Bahkan, sumber mengatakan Rockley sudah memiliki kontrak kemitraan dengan Apple. Selama dua tahun terakhir, keduanya memiliki perjanjian pasokan dan pengembangan yang sedang berlangsung.

CEO Rockley, Andrew Rickman mengatakan, teknologi ini diharapkan bisa segera hadir untuk konsumen tahun depan. Namun dirinya tak menyebut secara detil perangkat apa yang akan membawa sensor canggih tersebut. Dengan kata lain, masih belum jelas diproduksi untuk perangkat Apple atau bukan.

Baca juga: Susul Apple, OPPO Berencana Garap Mobil

Kehadiran sensor pengukur kadar gula darah serta alkohol sangat dinanti. Pasalnya, fitur ini akan memudahkan konsumen mengetahui kesehatan mereka tanpa perlu memeriksanya ke Rumah Sakit.

Apalagi, bagi pasien diabetes, fitur pengukur kadar gula dalam darah sangatlah berarti. Sejauh ini, beberapa perangkat smartwatch masih terbatas pada sensor pendeteksi detak jantung.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...