Rabu, September 29, 2021
Beranda E-Commerce Blibli Catat Sejumlah Peningkatan Order Selama Ramadan

Blibli Catat Sejumlah Peningkatan Order Selama Ramadan

Must Read

Ini taksiran Valuasi Menara Indosat yang akan Dilego

TechBiz - PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo tengah menggelar lelang 3.100 menara miliknya untuk mendapatkan dana segar. Proses...

Samsung Cari Content Creator yang Siap Jadi Bintang

Techbiz.id - Samsung meluncurkan program Be A Galaxy Creator yang mengajak anak muda, khususnya Gen Z dan Milenial, untuk tetap semangat...

F5 Wujudkan Aplikasi Adaptif untuk Keamanan Digital

Techbiz.id - F5 mengumumkan bagaimana solusinya dapat memberikan performansi, keamanan, otomatisasi, dan wawasan (insight) untuk mewujudkan aplikasi adaptif yang...

Jelang Lebaran, ShopeePay Berikan Cashback Hingga 90%

Techbiz.id - Kebutuhan akan produk dan layanan hiburan diprediksi meningkat jelang hari Raya Lebaran mengingat banyak masyarakat tidak melakukan...

5 Tim SMK Jadi Pemenang Permata Youth Preneur 2021

Techbiz.id - PermataBank mengumumkan 5 tim pemenang dari 10 tim yang berhasil masuk ke Grand Final PermataYouthPreneur (PYP) 2021. Kelima...

PPKM Darurat Tetap Bisa Nongkrong di Joox Rooms

Techbiz.id - Untuk menambah interaksi sosial dan beragam elemen keseruan lainnya secara online di saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat...

Techbiz.id – Selama festival #HikmahRamadhan, Blibli melaporkan terjadi peningkatan order untuk sejumlah kategori, seperti produk groceries, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fashion muslim, hingga investasi emas dan logam mulia.

Pemanfaatan platform digital untuk memenuhi kebutuhan di berbagai momen penting seperti Ramadan dalam laporan Blibli mulai terjadi secara menyeluruh.

Hal ini tergambar dari beberapa wilayah yang mengalami peningkatan order paling tinggi di Blibli, menjangkau Sabang hingga Merauke Indonesia.

Wilayah tersebut antara lain Simeulue di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sidenreng Rappang/Rapang di provinsi Sulawesi Selatan, Yahukimo di Papua, Katingan di provinsi Kalimantan Tengah, hingga Kerinci di provinsi Jambi.

Baca juga: Blibli Travel & UMKM Fest Tawarkan Berbagai Promo Wisata Menarik

“Ramadan selalu menjadi momen tepat untuk mendorong performa penjualan bagi pemain retail seperti Blibli, khususnya di saat digitalisasi terjadi secara menyeluruh hingga daerah luar Ibukota,” ungkap Cindy Kalensang, VP Business Development, Blibli.

Lebih lanjut disampaikan Cindy, e-commerce telah menjadi partner bagi pelanggan untuk menjalani momen-momen penting mereka seperti puasa dan Lebaran.

“Oleh karena itu, variasi produk yang dibeli di momen Ramadan kali ini lebih luas, mulai dari kebutuhan keseharian hingga produk yang bisa meningkatkan kualitas hidup,” imbuhnya.

Adaptasi kebiasaan baru yang dijalani masyarakat saat ini semakin terlihat dari kategori di Blibli yang mengalami pertumbuhan order selama program #HikmahRamadhan.

Meskipun pemerintah melarang mudik, pelanggan Blibli juga tetap merayakan kebersamaan dan kebahagiaan di momen Idul Fitri secara virtual dengan mempersiapkan penampilan yang menarik.

Ini terbukti dengan Blibli mencatat order produk kategori FashionFashion Muslim meningkat hingga 5 kali lipat dibanding hari biasa. Baju koko menjadi salah satu produk yang paling digemari, karena mudah dipadukan dengan outfit lainnya secara kreatif di momen Hari Raya.

Menariknya, kesadaran keuangan masyarakat ikut terlihat selama program #HikmahRamadhan berlangsung, di mana Blibli mencatat permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia & Perhiasan Emas meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.

Emas sebagai salah satu investasi perhiasan yang dianjurkan bagi umat Muslim menjadi barang favorit selama bulan Ramadan.

Kategori Kesehatan dan Kecantikan serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh 2 kali lipat dibanding harian. Produk berupa sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack sebagai santapan tepat saat berbuka puasa juga mengalami pertumbuhan permintaan yang kuat.

Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadan ini untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget, sehingga kategori ini meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.

Produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit. Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier juga menjadi alternatif yang tepat untuk menjadikan rumah nyaman ketika puasa, meski ditinggal asisten rumah tangga (ART).

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat. Oleh karena itu, Blibli akan terus memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat, seperti 2 Hours Delivery, Instant, hingga Sameday, sebagai layanan fast delivery Blibli yang didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistic partner yang lengkap,” tutup Cindy Kalensang.

Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Dimana Blibli mewujudkan komitmen #KarenaKamuNo1 dengan menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Vivo X70 Pro Siap Hadir di Indonesia

Techbiz.id - Vivo X70 Pro dipastikan akan segera menyambangi pasar smartphone Indonesia. Hal ini diumumkan langsung oleh Vivo Indonesia,...