Kamis, April 25, 2024

Clubhouse Kini Hadir di Android

Techbiz.id – Usai cukup lama hadir secara eksklusif untuk pengguna iOS, kini Clubhouse sudah tersedia untuk pengguna Android.

Peluncuran aplikasi dijadwalkan lebih cepat dari sebelumnya. Padahal, pada Maret lalu, pendiri Clubhouse Paul Davison mengatakan, aplikasi versi Android masih beberapa bulan lagi. Namun, kini versi beta dari aplikasi berbasis audio itu telah tersedia di Play Store.

Hal ini diketahui berdasarkan pengumuman resmi di blog Clubhouse khusus untuk pengguna Android. “Hari ini kami senang mengumumkan bahwa aplikasi Clubhouse untuk Android versi beta sudah tersedia,” tulis Clubhouse dalam blog resminya, dikutip Senin (10/5).

Lantaran masih tersedia dalam versi Beta, hanya pengguna di kawasan tertentu saja yang bisa mencobanya. Namun, Clubhouse memastikan akan mulai menggulirkan aplikasi tersebut secara bertahap, mulai dari kawasan AS, diikuti dengan negara-negara berbahasa Inggris lain, serta sejumlah negara lainya di seluruh dunia.

Khusus di Indonesia, aplikasi versi Android sudah tersedia di Play Store, tetapi baru membuka pra-pendaftaran dengan mengetuk tombol “Pre-register”. Nantinya, ketika sudah tersedia di Tanah Air, maka pengguna biasanya akan mendapat notifikasi bahwa aplikasi tersebut sudah bisa diunduh.

Perlu diperhatikan bahwa, mekanisme Clubhouse versi Android masih sama dengan sebelumnya yang menggunakan sistem undangan. Dalam hal ini, pengguna harus mendapat undangan dari pengguna Clubhouse lainnya untuk menjadi anggota.

Baca juga: Peluncuran Clubhouse versi Android Kian Dekat

Sejauh ini, aplikasi berbasis audio itu sendiri bisa dijalankan pada OS Android versi 8.0 (Oreo) ke atas. Beberapa fitur juga disebutkan masih absen dalam versi Android, diantaranya Topic following dan Club creation. Kendati demikian, perusahaan menyakinkan fitur-fitur tersebut akan hadir dalam beberapa waktu ke depan, sebelum aplikasi versi Android-nya menyapa negara-negara lain.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...