Kamis, April 25, 2024

Enam Layanan Baru Huawei Meluncur di HDC Cloud 2021

Techbiz.id – Bertepatan dengan perhelatan Huawei Developer Conference (HDC Cloud 2021), Huawei meluncurkan enam produk dan layanan baru yang inovatif,

Produk dan layanan yang dluncurkan tersebut terdiri dari HUAWEI CLOUD CCE Turbo Cloud container cluster, CloudIDE intelligent programming assistant, GaussDB (for openGauss) database, Trusted Intelligent Computing Service (TICS), Pangu Model (yakni model NLP dan CV terbesar di dunia berasal dari Tiongkok), serta perangkat lunak infrastruktur untuk mendukung komputasi yang makin terdiversifikasi.

Keenam produk baru tersebut menghadirkan efisiensi dan kualitas pada level yang lebih tinggi guna mendukung pengembang dalam memasuki babak-babak baru di masa depan.

Huawei sekaligus mengumumkan investasi sebesar USD220 juta untuk penyelenggaraan Huawei Developer Program 2.0 tahun ini. Huawei Developer Program 2.0 terdiri dari tiga gelaran, yakni HUAWEI CLOUD Partner Innovation Program, Kunpeng OpenMind Project, dan Ascend OpenMind Project. Dukungan ini diharapkan akan dapat turut memperkokoh ekosistem HUAWEI CLOUD, Kunpeng, dan Ascend yang telah terbangun selama ini.

Baca juga: Huawei Sediakan 1000 Akun Cloud untuk Kuliah Daring

HDC.Cloud 2021 menjadi ajang berkumpulnya tokoh-tokoh top dari kalangan industri, akademisi, serta sejumlah pimpinan dari kalangan ekosistem pengembang, yang membahas tren-tren mutakhir di bidang cloud, AI, komputasi, dan sumber-sumber terbuka.

“Di tahun 2025, 100 persen perusahaan di seluruh dunia diperkirakan akan memanfaatkan teknologi cloud. Cloud merupakan masa depan di industri sekaligus menjadi fondasi bagi terselenggaranya transformasi digital di kalangan enterprise. Pengembanglah yang menjadi jiwa bagi industri,” ucap Richard Yu, Executive Director Huawei, yang sekaligus menjabat sebagai CEO Huawei Cloud BU dan Consumer Business Group.

Huawei disampaikan Richard berkomitmen untuk terus membuka seluruh kapabilitas inovasi teknologinya dan bersama-sama dengan para pengembang dan mitra mendorong percepatan transformasi di bidang cloud dan kecerdasan di lingkup bisnis.

Melalui pengembangan dan penerapan teknologi cloud native dan AI, industri saat ini tengah berupaya mempercepat pembaruan ke model kecerdasan yang mendukung seluruh skenario.

Sejak peluncuran Huawei Developer Program pada 2015 lalu, Huawei telah berkomitmen pada pengembangan filosofis dari perangkat keras terbuka, perangkat lunak sumber terbuka, pemberdayaan mitra, dan pengembangan SDM, seiring upayanya dalam membangun kemakmuran ekosistem industri.

Hingga saat ini, HUAWEI CLOUD, Kunpeng, dan Ascend telah menarik hingga 2,4 juta pengembang. HUAWEI CLOUD IaaS sendiri menempati peringkat kedua di Tiongkok dan kelima di dunia, ini menjadikannya sebagai vendor cloud arus utama dengan pertumbuhan paling tinggi.

Produk motherboard berbasis Kunpeng yang dikirim oleh mitra telah menyumbang 52 persen dari total pengiriman produk berbasis Kunpeng pada 2020.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...