Kamis, April 25, 2024

Google Perkenalkan Fitur Baru untuk Jaring Berita Hoaks

Techbiz.id – Masalah berita palsu alias hoaks di internet tak kunjung usai. Beberapa platform sosial media bahkan menghadirkan fitur khusus untuk ‘menjaring’ hoaks. Langkah serupa juga diambil oleh Google dalam penelusuran miliknya.

Raksasa teknologi itu memamerkan fitur untuk menjaring berita hoax. Diperkenalkan melalui acara Google I/O 2021 yang baru saja usai, perusahaan menyebut fitur itu sebagai ‘about this result’ dalam penelusuran.

Adapun fitur ini nantinya akan memberi tahu pengguna lebih banyak tentang hasil penelusuran. Dalam hal ini, Google akan berkolaborasi dengan Wikipedia. Dilansir dari Gadgetsnow (23/5), pengguna dapat melihat bagaimana situs tertentu mendeskripsikan dirinya yang dilengkapi dengan tautan ke halaman Wikipedia dari laman tersebut.

“Berdasarkan model pengeditan terbuka Wikipedia, deskripsi ini akan memberikan informasi terverifikasi dan sumber terbaru yang tersedia di Wikipedia tentang situs tersebut.” ucap Google dalam sebuah laman resminya.

Tentunya hal ini akan membantu jika situs tersebut belum pernah Anda kunjungi atau bahkan dengar sekalipun. Apalagi, jika Anda mencari sesuatu yang penting dalam Google penelusuran, seperti halnya keuangan atau perbankan.

Baca juga: Google Hadirkan Sejumlah Fitur Baru di GDocs Hingga Meet

Namun, jika ternyata situs web tidak memiliki deskripsi di Wikipedia, maka Google akan menunjukan informasi tambahan kepada pengguna. Lebih lanjut, pengguna juga dapat melihat apakah sambungan mereka ke situs tersebut aman atau tidak. Ini berdasarkan dengan penggunaan protokol HTTPS, yang mengenkripsi semua data dan situs web serta browser yang mereka gunakan.

Semua fitur tersebut mulai diperkenalkan pada pengguna di AS. Namun, akhir bulan ini diperkirakan sudah dapat menjangkau semua pengguna di seluruh dunia.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...