Rabu, April 24, 2024

iPhone 13 Bakal Usung Refresh Rate Tinggi

Techbiz.id – Saat smartphone Android kini telah melewati batas 144Hz dalam hal kecepatan refresh rate layar, Apple justru masih berpegang pada standar 60Hz. Sepertinya itu mungkin akan segera berubah karena pembuat iPhone yang berbasis di Cupertino bisa membawa panel kecepatan refresh 120Hz ke perangkat generasi berikutnya yaitu iPhone 13.

Menurut laporan terbaru, Samsung Display akan akan menjadi pemasok layar polycrystalline oxide (LTPO) suhu rendah ke Apple untuk penawaran iPhone 13 varian tertinggi. Dengan demikian, kemungkinan besar perangkat yang memiliki dukungan refresh rate tinggi adalah iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Perlu dicatat bahwa iPhone mungkin tidak akan mengusung refresh rate layar 120Hz atau yang lebih tinggi tanpa menggunakan teknologi LTPO. Tentu saja, Apple memiliki alasan tersendiri.

Sebagai informasi, panel LTPO menghadirkan bidang belakang hemat daya yang berarti kecepatan refresh yang lebih tinggi dapat dicapai tanpa memakan masa pakai baterai. Dengan panel LTPO, Apple dapat memberikan kecepatan refresh yang tinggi ke iPhone tanpa perlu mengkhawatirkan masa pakai baterai.

Hal ini yang mendorong spekulasi bahwa Samsung akan menjadi pabrikan yang memasok panel. Faktanya, laporan tersebut mengklaim bahwa chaebol akan menjadi pemasok eksklusif Appel untuk panel-panel ini.

Selain itu, Apple juga akan mengandalkan Samsung untuk bagian penting lainnya. Dalam hal ini akan berkaitan dengan Papan Sirkuit Cetak Fleksibel Kaku atau RFPCB.  Bagi yang belum tahu, RFPCB adalah bagian yang menghubungkan panel OLED ke mainboard. RFPCB akan menjadi komponen penting untuk menghubungkan panel LTPO. Tentu saja, itu akan dipasok oleh Samsung Electro-Mechanics.

Laporan baru ini mengejutkan mengingat Apple berusaha sebaik mungkin untuk mengurangi ketergantungannya pada Samsung. Sebelumnya, Apple mencari sumber sekitar 169 juta panel OLED di tahun 2021 saja. Dari jumlah tersebut, Samsung akan mengirimkan 110 juta unit ke perusahaan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...