Sabtu, April 20, 2024

Oppo dan Xiaomi Kompak Sambut 5G di Indonesia

Techbiz.id – Teknologi 5G saat ini masih dalam tahap uji layak operasi (ULO) layanan 5G oleh sejumlah operator di Indonesia, yakni Telkomsel dan Indosat Ooredoo.  Kendati belum diimplementasikan secara komersil, para vendor smartphone di Indonesia sendiri dengan antusias menyambut kehadiran 5G.

Salah satunya, Oppo Indonesia yang selangkah lebih maju dalam mengadopsi teknologi 5G pada smartphone mereka. Tepatnya sejak 2019 lalu, Oppo bersama Telkomsel bahkan telah melakukan uji coba 5G di Batam.

Momen bersejarah itu dijelaskan Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia, tidaklah mudah. Apalagi, Oppo termasuk salah satu pioneer dalam menghadirkan perangkat 5G di Indonesia.

Namun kini, Aryo menyampaikan “menyambut (5G) seperti ini kita turut senang juga akhirnya apa yang kita lakukan, apa yang kita perbuat dengan 5G melalui beberapa acara yang menegaskan kesiapan Oppo sebagai vendor akhirnya direspon dengan uji layak operasi,” ujarnya kepada Techbiz, Kamis (20/5).

Terkait dengan uji layak operasi yang menggunakan pita frekuensi 2,3GHz dan 1,8GHz, Aryo mengatakan bahwa smartphone 5G Oppo yang beredar, sudah compatible dengan itu.

“Kita melihatnya band dasarnya, 2,3GHz atau band N40, dan perangkat Oppo yang sudah beredar sekarang itu sudah ada band N40-nya. Mulai dari Find X2 dan X2 Pro di 2019, dan di 2021 ada Reno5 5G serta A74 5G, itu sudah support semua.” tuturnya.

Bahkan Oppo juga berencana untuk menambah daftar smartphone 5G-nya di Indonesia. “Kita memang dalam tahap persiapan untuk perangkat 5Gnya juga.” ujar Aryo.

Hal senada juga diungkap Stephanie Sicilia, Head of PR Xiaomi Indonesia. Dirinya menyampaikan bahwa Xiaomi sangat antusias dengan teknologi 5G yang akan dinikmati oleh pengguna internet di Tanah Air.

“Melalui 5G, tidak saja menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi tapi juga fitur yang mendukung tumbuhnya ekosistem IoT.” ujar Stephanie kepada Techbiz, Kamis (20/5).

Baca juga: 17 Smartphone 5G Terbaru 2021 di Indonesia

Bahkan, dalam rangka menyambut kehadiran 5G, sama seperti Oppo, Xiaomi juga sudah menyiapkan portofolio produk baik smartphone atau AIoT yang akan mendukung teknologi 5G.

“Untuk rencana dalam waktu dekat, akan lebih banyak smartphone yang mendukung 5G untuk lebih banyak pengguna di Indonesia.” ungkapnya.

Xiaomi sendiri sejauh ini sudah menghadirkan smartphone dengan chipset yang mendukung teknologi 5G, dimulai dengan Mi 10, diikuti POCO F2 Pro, Mi 10T, Mi 11, dan perangkat yang paling baru yakni POCO F3 5G.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...