Selasa, April 16, 2024

Pelanggan Telkomsel Banyak Lakukan Ini Selama Ramadan

Techbiz.id – Selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini secara umum masyarakat masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring.

Layanan video communication dan video streaming secara total bahkan mampu berkontribusi dalam penggunaan data Telkomsel lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekira 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gamingbrowsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

Baca juga: Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49% Selama Ramadan

Jika dibandingkan dengan hari biasa kenaikan trafik Telkomsel pada momen RAFI 2021 ini tertinggi ada pada aplikasi Mobile Legends yang meningkat sebesar 167%. Disusul dengan aplikasi TikTok yang naik 26%, serta Whatsapp meningkat 25%. Sementara itu trafik aplikasi Youtube naik 24%, Faebook 11% dan Instagram hanya 3% saja.

Meski demikian, enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan Telkomsel saat RAFI 2021 ni adalah Youtube yang mengkontribusi 26%, Facebook16%, Whatsapp 14%, Instagram 12%, Tiktok 11% dan Mobile Legends 3%.

rafi 2021 telkomsel

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.

Secara umum selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu.

Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat lonjakan sekira 39% dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya. Dimana hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...