Rabu, April 24, 2024

Pengguna Facebook dan Instagram Kini Bisa Sembunyikan Jumlah Like, Ini Caranya

Techbiz.id – Setelah diuji selama bertahun-tahun sejak 2019 lalu, pengguna Facebook dan Instagram kini dapat menyembunyikan jumlah like baik pada postingan mereka sendiri ataupun milik orang lain.

Dilansir dari The Verge (28/5), salah satu pertimbangan dalam menghadirkan fitur ini adalah tekanan dari para ahli untuk membuat perubahan pada platformnya. Layanan ini digolongkan sebagai “yang paling merusak kesehatan mental dan kesejahteraan kaum muda” dalam sebuah studi tahun 2017 oleh Royal Society for Public Health UK.

Para ahli berpendapat bahwa menghapus tombol Like atau jumlah Like dapat membantu mengurangi kecemasan dan tekanan sosial untuk beberapa pengguna Facebook dan Instagram.

Oleh karena itu, Instagram akhirnya mengumumkan fitur ini sudah tersedia. Adam Mosseri, CEO Instagram melalui akun resminya mengonfirmasi langsung hal tersebut.

“Mulai hari ini, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah like pada unggahan orang lain dan pada unggahan Anda sendiri, sehingga orang tidak dapat melihat jumlah like yang Anda dapatkan,” kata Mosseri, dikutip Kamis (27/5).

Menurut Mosseri, fitur ini akan memberikan pengguna lebih banyak kendali atas akun mereka sendiri. Hal ini sejalan dengan tujuan dari dihadirkannya fitur untuk menyembunyikan jumlah like, yakni agar pengguna lebih fokus pada pada konten yang diunggah.

Lantas bagaimana cara menyembunyikan like di Instagram dan Facebook?

Cara Sembunyikan Jumlah Like Facebook dan Instagram

Perlu diketahui bahwa fitur baru ini masih digulirkan secara bertahap. Sebagian pengguna Instagram sudah menerima fitur tersebut, tetapi beberapa diantaranya kemungkinan dalam waktu dekat.

Bagi Kalian yang ingin mencobanya, bisa menuju ‘advanced settings’ sebelum membuat unggahan. Kemudian, aktifkan opsi ‘hide like and view counts’. Ini berlaku untuk menyembunyikan jumlah like pada postingan akun Anda sendiri.

Baca juga: Instagram Siapkan Bonus Bagi Pengguna Reels

Sedangkan, untuk pengguna yang ingin menyembunyikan jumlah “like” akun yang diikuti bisa melalui “Posts” di opsi pengaturan. Kemudian, pengguna hanya perlu mengaktifkan tombol “hide like and view counts”.

Sementara, bagi pengguna Facebook bisa mengakses “settings”, lalu “news feed settings” dan pilih “reaction counts”. Kemudian, aktifkan “hide number of reactions”.

Setelah itu pengguna dapat memilih ingin menyembunyikan jumlah like untuk akun sendiri atau akun yang mereka ikuti. Namun, khusus untuk pengguna Facebook baru bisa merasakan fitur ini dalam beberapa minggu ke depan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...