Kamis, April 25, 2024

Sederet Bocoran iPhone Lipat: Dari Desain Hingga Jumlah Unit

Techbiz.id – Apple dikabarkan tengah mengembangkan iPhone lipat pertamanya. Seorang analis populer, Ming-Chi Kuo mengatakan ponsel lipat Apple akan tiba pada 2023 mendatang.

Tak hanya itu, Kuo juga memaparkan sederet bocoran terkait ponsel lipat tersebut. Dalam catatan tersebut Kuo mengatakan, mengutip sumber, bahwa Apple akan mengirimkan 15 juta hingga 20 juta unit iPhone yang dapat dilipat pada tahun 2023.

Sementara spesifikasi dan desain iPhone lipat tidak diketahui, Kuo mengatakan bahwa Samsung akan menjadi pemasok eksklusif panel OLED lipat yang akan digunakan Apple. Analis populer ini, yang awalnya mengatakan bahwa iPhone yang dapat dilipat akan menampilkan layar 7,5 inci hingga 8 inci, telah mempersempitnya menjadi layar 8 inci.

Lebih lanjut, analis juga mengatakan bahwa berkat ekosistem lintas produk Apple, pemenang terbesar di pasar yang dapat dilipat adalah Apple, meskipun Samsung adalah pemimpin global dalam handset yang dapat dilipat.

Terlepas dari itu, pada akhir tahun lalu, muncul spekulasi bahwa Apple sempat meminta Foxconn membangun dua prototipe lipat yang berbeda. Salah satu perangkat lipat didesain seperti Samsung Galaxy Z Fold sedangkan model lainnya mirip dengan Galaxy Z Flip.

Model pertama membuka dari layar 6,2 inci ke tablet 7,6 inci dan yang terakhir membuka dari ukuran saku menjadi handset 6,7 inci dengan layar tinggi dan tipis. Diduga, Apple cenderung berpihak pada desain kulit kerang mirip Galazy Z Flip, seperti dilansir dari Phonearena (3/5).

Baca juga: Apple Watch 7 Dukung Pemantau Kadar Gula Darah

Jika Kuo benar, maka iPhone yang dapat dilipat akan memiliki layar yang sedikit lebih besar dari iPad mini 7,9 inci. Satu hal yang perlu dipertimbangkan, jika Apple menggunakan layar 8 inci untuk iPhone yang dapat dilipat, itu akan menunjukkan bahwa desainnya akan mirip dengan Galaxy Z Fold karena layar 8 inci mungkin terlalu besar untuk desain kulit kerang.

Kendati demikian, Kuo percaya bahwa perangkat lipat tersebut akan mengaburkan segmentasi produk antara ponsel cerdas, tablet, dan laptop di masa depan.”Dengan ekosistem lintas produk dan keunggulan desain perangkat kerasnya, Apple akan menjadi pemenang terbesar dalam tren perangkat lipat baru” pungkas Kuo.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...