Selasa, April 23, 2024

Instagram Reels Mulai Tampilkan Iklan

Techbiz.id – Instagram kini mengumumkan akan mulai menampilkan iklan pada fitur Reels. Iklan tersebut nantinya tampil terbagi menjadi beberapa jenis, mencakup satu layar penuh, berulang, dan berdurasi 30 detik, serta tampil di antara klip lainnya.

Iklan dalam Reels akan diidentifikasi dengan tag kecil “disponsori” di bawah nama akun pengiklan. Sejauh ini, Instagram baru menguji iklan di Australia, Brazil, Jerman, dan India pada bulan April lalu, seperti dilansir dari The Verge (18/6).

Namun, tidak ditemukan hal yang secara khusus mengejutkan terkait lebih banyak iklan tampil dalam aplikasi jejaring sosial ini, selain langkah Instagram untuk mengubah format baru ini sebagai saluran penghasil pendapatan. Apalagi, Facebook juga menyebutkan bahwa pihaknya akan menghadirkan iklan pada aplikasi Oculus Quest.

Di samping itu, perlu diketahui bahwa Reels sendiri baru digulirkan pada bulan Agustus 2020 lalu. Instagram pun belum membagikan informasi terkait cara format baru ini akan bekerja.

Namun, pada bulan Januari lalu, bos Instagram Adam Mosseri sempat menyatakan bahwa format ini telah mengalami pertumbuhan namun Instagram belum puas dengan pertumbuhan tersebut. Padahal, fitur Reels saat ini tersedia di lebih dari 80 negara.

Baca juga: Instagram Garap Fitur Penghasil ‘Uang Ekstra’

Dengan demikian, tidak mengherankan jika Instagram mulai menarik pendapatan lantaran sudah menjangkau pengguna secara luas. Bahkan, langkah senada juga dipilih TikTok. Pengembang aplikasi tersebut dikabarkan berencana untuk membebankan biaya hingga $ 2 juta untuk format iklan ambil alih selama satu hari.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...