Jumat, April 19, 2024

Review Oppo Enco Buds: Murah Tapi Ada Fitur Game Mode

Techbiz.id – Di rubrik review gadget terbaru kali ini redaksi Techbiz Indonesia akan mengulas Oppo Enco Buds yang belum lama ini dipasarkan Oppo untuk pasar Indonesia.

Di Indonesia perangkat TWS terbaru Oppo tersebut dibanderol dengan harga Rp Lima Ratus Ribuan dan sangat cocok untuk menemani pengguna smartphone dalam menikmati hiburan melalui perangkat mobilenya.

Dari sisi desain Enco Buds mempunya bentuk dan tampilan seperti kebanyakan TWS yang beredar dengan case pengisi daya berbentuk kapsul. TWS yang saya review kali ini berwarna putih.

Baik case pengisi daya ymaupun body earbud-nya memiliki warna mengkilap yang bersinar jika terkena pantulan di bawah sinar matahari sehingga menampilkan warna yang terlihat cukup elegan.

Baca juga: Oppo A74 5G dan Reno5 F Kini Bisa Tambah RAM

Oppo Enco Buds mempunyai bobot hanya sekitar 4 gram saja untuk setiap earbudnya. Sementara itu jika dengan charging case bobotnya sekitar 37 gram. Desainnya yang ergonomis membuat earbud perangkat ini cukup nyaman digunakan. Oppo menyediakan bantalan telinga silikon yang dapat dipilih dalam tiga ukuran berbeda

Review Oppo Enco Buds

Pengoperasian

Untuk penggunaannya Oppo Enco Buds cukup mudah, pengguna cukup menyambungkannya dengan smartphone menggunakan koneksi bluetooth.

Jika sudah tersambung pengguna tidak perlu lagi mengutak-atik earbud yang harus diaktifkan pada saat akan digunakan lain kesempata. Oppo Enco Buds akan secara otomatis menyala sendiri saat case pengisian dibuka.

Perangkat ini memiliki kontrol sentuh yang cerdas dan intuitif untuk pengoperasiannya. Cukup ketuk sekali untuk menjeda musik yang sedang diputar, ketuk dua kali untuk mengganti lagu. Untuk menyesuaikan volume cukup sentuh dan tahan.

Yang menarik, Oppo menyertakan fitur game mode pada TWS ini. Untuk mengaktifkannya cukup ketuk tiga kali maka game mode langsung bisa digunakan saat bermain game.

Pada mode game latensi yang dihasilkan super-rendah yakni 80 ms3, yang secara efektif dapat mengurangi latensi game dan meningkatkan sinkronisasi audio-visual untuk pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan.

Tetapi pengguna Oppo Enco Buds juga bisa mengatur kontrol sentuh sendiri yang yang bisa disesuaikan pada perangkat Oppo. Pengguna Oppo ColorOS 11.0+ dapat menyesuaikan earbud mereka dengan membuka OPPO Enco Buds > Fungsi Earbud pada antarmuka Bluetooth ponsel mereka.

Sementara itu pengguna Android 6.0+ dapat mengunduh dan menginstal aplikasi HeyMelody dari Google Play Store untuk menyesuaikan earbud mereka.

Performa dan Kualitas Suara

Oppo Enco Buds memiliki daya tahan baterai yang tahan lama hingga 24 jam. Selain itu, pengisian daya selama 15 menit memungkinkan pengguna memutar musik selama satu jam.

Untuk koneksinya, TWS ini menggunakan chipset Bluetooth 5.2, yang mendukung transmisi Bluetooth binaural low-latency, memecahkan masalah interferensi untuk menyediakan koneksi yang cepat dan stabil.

Peralihan otomatis antara earbud kiri dan kanan memungkinkan Anda menggunakan salah satu atau kedua earbud dengan mulus. Saat menggunakan satu earbud, earbud lainnya akan terputus atau mati untuk memberikan pengalaman yang optimal kepada pengguna.

Selain itu, dengan jarak efektif 10 meter antara ponsel dan earbud, pengguna dapat mendengarkan musik atau menerima panggilan telepon tanpa harus selalu berada di samping ponsel. Berdasarkan pengujian, koneksi bluetooth perangkat ini masih mampu tersambung pada jarak 20 meter.

Oppo Enco Buds tidak hanya ideal untuk panggilan telepon, tetapi juga memberikan kualitas suara yang cukup baik saat mendengarkan musik dengan koil bergerak 8 mm. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah, memungkinkan bass yang lebih dalam.

OPPO Enco Buds juga mendukung AAC (Advanced Audio Coding), protokol transmisi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...