Minggu, Oktober 17, 2021
Beranda Review Gadget Terbaru Review realme Watch 2 Series: Smartwatch yang Dibutuhkan Anak Muda

Review realme Watch 2 Series: Smartwatch yang Dibutuhkan Anak Muda

Must Read

Free Fire LinkAja City Series Berakhir di Bandung

TechBiz.ID – Setelah sukses diadakan di dua kota, yakni  Jakarta pada tanggal 6 Agustus 2019 dan Yogyakarta pada 28 September...

Semarakkan Lebaran, Smartphone realme Diskon hingga 50%

Techbiz.id - Untuk membantu konsumen Indonesia berbagi kebahagiaan dan keberkahan realme memberikan harga spesial untuk smartphone dan AIoT...

Telkomsel Berikan Bebas Kuota 30GB untuk Akses Ruangguru

Techbiz.id - Ruangguru bekerjasama dengan Telkomsel memberikan akses seluruh materi belajar yang ada di aplikasi Ruangguru bebas kuota hingga 30Gb. Hal...

HONOR Adakan Pre-Order Magic Watch 2 Gelombang Kedua

Techbiz.id - HONOR Magic Watch 2 varian 46mm yang baru saja rilis di Indonesia sudah terjual habis di e-commerce...

Whatsapp Punya Logo Baru

Techbiz.id - Platform social media, Whatsapp memiliki tampilan logo baru. Dengan logo baru tersebut Facebook sepertinya ingin semakin memperjelas...

Seagate Tawarkan Hard Drive Lisensi Resmi Xbox One

Techbiz.id - Seagate meluncurkan produk terbaru pada lini penyimpanan populernya bagi para pemain gim, yaitu Game Drive untuk Xbox...

Techbiz.id – Di artikel review kali ini redaksi Techbiz Indonesia akan mengulas smartwatch terbaru yaitu realme Watch 2 Series yang baru saja diluncurkan.

realme Kembali melengkapi portfolio produk AIoT-nya dengan menghadirkan realme Watch 2 series, yakni realme Watch 2 Pro dan realme Watch 2 yang menyasar anak muda sebagai target pasarnya.

Perangkat realme Watch 2 Pro diyakini sebagai smartwatch paling lengkap dengan layar terbesar di kelasnya. Sementera itu “Sang Adik”, realme Watch 2 diperuntukkan bagi anak muda yang ingin berkenalan dengan perangkat AIoT berupa jam tangan pintar.

Baca juga: Review realme 8 5G: Smartphone 5G Ringan, Cepat, dan Terjangkau

Keputusan realme untuk menghadirkan kembali jajaran perangkat AIoT-nya ini bisa dibilang sesuai dengan momennya, mengingat keberadaan smartwatch kini sudah jadi bagian dari gaya hidup sehat kawula muda Indonesia.

Langsung aja yuk kita kenalan dengan realme Watch 2 series ini dalam artikel review yang disajikan tim redaksi Techbiz Indonesia.

Review realme Watch 2 Series

realme Watch 2 Pro

Kalau memang realme menyasar anak muda sebagai target pasarnya kehadiran realme Watch 2 Pro saya rasa memang bisa mewakili segmennya. Desain yang ditawarkan sangat bisa dijadikan perangkat untuk menunjang penampilan mereka.

Jam tangan ini memiliki bentuk persegi dengan bentang layar seluas 1,75 inci berdimensi 4×4,4cm yang menjadikan realme Watch 2 Pro ini sebagai salah satu smartwatch yang memiliki layar terbesar di kelasnya. realme Watch 2 Pro ini memiliki ketebalan berkisar 10mm.

realme Watch 2 Pro yang saya review ini keseluruhan memiliki warna hitam dengan bezel jam tangan terlihat berwarna metalik yang membuat tampilannya menjadi elegan dan cukup trendi ketika dikenakan.

Strap ataupun tali jam tangan pintar ini berbahan rubber atau karet yang berkualitas dengan rongga udara yang cukup banyak sehingga kulit pergelangan tangan dapat bernafas dengan baik. Pada permukaan strap juga terlihat tulisan DARE TO LEAP yang sangat tegas seolah mengafirmasi sikap positif penggunanya dan membuang jauh sifat insecure pada diri anak muda.

Untuk layar sentuhnya yang seluas 1,75 inci tersebut, realme menyebutkan jam tangan ini memiliki resolusi layar 320×385 pixel (287 PPI) yang membuatnya mampu menampilkan warna yang tajam dan lebih hidup.

Layarnya juga mengusung refresh rate yang cukup tinggi untuk sebuah jam tangan, yakni 30fps yang menghasilkan pengalaman penggunaan yang lebih halus, kontrol jari, dan reaktivitas yang lebih baik.

Tidak perlu khawatir layar jam tangan ini akan tergores akibat benturan karena realme melengkapinya dengan perlindungan kaca 2,5D yang memberikan ketahanan goresan yang lebih tinggi, dan pelapis anti sidik jari untuk mendukung pengalaman penggunaan yang superior.

Pengoperasian

Sebelum diaktifkan untuk penggunaan harian, realme Watch 2 Pro ini disambungkan terlebih dahulu dengan aplikasi realme Link yang terdapat di smartphone realme kalian ya atau bisa diunduh di Play Store.

Di realme Link ini kalian bisa mengatur menu apa saja yang ingin ditampilkan pada perangkat wearable realme.

Aplikasi realme Link

Untuk antarmukanya, realme Watch 2 Pro sangat ramah digunakan untuk pengoperasian jam tangannya. Cukup usap sekali ke kanan maka jam tangan akan menampilkan pintasan menu pengaturan, indikator baterai dan kecerahan layar.

Sedangkan jika diusap ke kiri, realme Watch 2 Pro ini akan menampilkan ringkasan aktivitas harian dari penggunanya yang memuat beberapa informasi seperti kalori harian, detak jantung, cuaca serta kontrol untuk pemutar musik.

Untuk melihat notifikasi pengguna cukup mengusap layar ke bawah maka jam tangan akan menampilkan hingga enam notifikasi yang masuk. Untuk memunculkannya harus diatur terlebih dahulu di aplikasi realme Link ya.

realme Watch 2 Pro dapat menerima notifikasi dari hampir semua aplikasi dan menunjukkan ikon-ikon yang sesuai. realme Watch 2 Pro dapat dipasangkan dengan smartphone realme dan mendukung tampilan notifikasi telepon, SMS maupun notifikasi dari pihak ketiga, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan lainnya. Karena punya layar yang besar, informasi yang ditampilkan pada notifikasi dapat dibaca dengan nyaman.

Keseluruhan menu pada jam tangan ini bisa dilihat dengan mengusapnya ke atas. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan satu tombol fisik di sebelah kanan jam yang berfungsi sebagai tombol daya dan tombol Kembali (back).

realme Watch 2 Pro memiliki tampilan perwajahan yang sangat beragam, ada lebih dari 100 watch faces yang bisa digunakan untuk membuat perangkat ini tampil trendi.

Kalian bisa mengganti watch facenya sesering yang disukai untuk disesuaikan dengan mood ataupun fashion kalian saat menggunakannya. realme juga kembali berkolaborasi dengan Grafflex, desainer Korea yang ternama, untuk membuat watch face khusus yang sangat bergaya.

Fitur

Jam tangan pintar terbaru dari realme ini menurut saya memiliki fitur yang cukup lengkap, baik fitur Kesehatan maupun mode olahraga yang disajikan serta fitur lainnya seperti pemutar musik dan juga remote shutter untuk kamera smartphone.

Untuk fitur kesehatan, realme Watch 2 Pro ini dilengkapi dengan pengukur kadar oksigen dalam darah (SP02). Kadar oksigen dalam darah merupakan salah satu indikator yang paling penting untuk menilai kesehatan fisik seseorang terlebih di saat pandemik seperti sekarang ini.

Jika kadar oksigen berada di rentang 95% – 100% berarti kalian dalam kondisi yang sehat , tetapi jika berada di bawah prosentase tersebut segera konsultasikan dengan dokter ya.

Selain itu realme Watch 2 Pro ini juga mempunyai fitur untuk memonitor detak jantung yang real time. Fitur ini sangat berguna sekali untuk digunakan saat berolahraga agar kita dapat memantau detak jantung kita agar tidak terjadi akibat yang fatal saat berolahraga.

Sensor presisi tinggi PPG optical yang terdapat pada realme Watch 2 Pro mendukung monitor detak jantung hingga 24-jam tanpa henti dan secara cepat dan tepat akan mengukur detak jantung pengguna. Pengguna juga akan diberi notifikasi ketika detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah.

realme Watch 2 Pro mendeteksi detak jantung tiap 5 menit selama 24 jam. Jika detak jantung terlalu rendah atau terlalu tinggi dari batas normal, realme Watch 2 Pro akan memberikan notifikasi untuk mengingatkan pengguna akan kesehatan tubuhnya. Keren kan?

Untuk penggunaan saat berolahraga, realme Watch 2 Pro ini mempunyai 90 mode olahraga yang bisa dipilih. Tetapi perlu dipahami, yang dapat ditampilkan pada jam tangan ini hanya 15 mode saja ya. Kalian bisa mengganti atau menambahkan mode lainnya dengan menggunakan aplikasi realme Link pada smartphone.

Yang juga sangat berguna di realme Watch 2 Pro ini untuk digunakan pada saat olahraga adanya built ini GPS di jam tangan ini. Dengan adanya sensor GPS yang presisi di perangkat ini bisa untuk mengkalkulasikan rute yang ditempuh saat bersepeda, lari ataupun jalan kaki. Karena mampu mengalkulasikan rute, sensor GPS ini jadi bisa menghitung kecepatan kita saat berolah raga.

Karenanya pada mode olahraga akan disajikan informasi mengenai jarak tempuh, kecepatan, detak jantung, serta kalori yang terbakar.

Performa

Untuk performa perangkatnya, realme menyematkan baterai berkapasitas sebesar 390mAh yang menurut saya sangat efisien dalam pengelolaan dayanya. Walaupun memiliki layar yang lebih besar 1.75”, realme Watch 2 Pro berdasarkan keterangan resminya tetap mampu digunakan hingga 14 hari. Pengguna hanya perlu mengisi ulang daya setiap dua minggu sekali.

Berdasarkan penggunaan yang saya lakukan, setelah diisi penuh baterai mampu menyisakan daya sebesar 42 persen setelah tujuh hari penggunaan. Dengan demikian klaim mampu bertahan 14 hari sepertinya memang benar.

realme Watch 2 Pro juga sudah dilengkapi dengan IP68 water resistant, jadi pengguna tidak perlu melepasnya saat mencuci tangan, dan tidak perlu khawatir saat berkeringat ketika digunakan untuk berolahraga.

Seluruh produk realme Watch 2 Pro yang dipasarkan disebutkan realme telah melalui pengujian ketahanan, seperti 100.000 kali penekanan tombol, 300 kali uji jatuh dari ketinggian 1M, 5.000 kali uji pengisian daya, dan 168 jam 55℃/95%RH pengujian suhu ekstrim.

realme Watch 2

Untuk kalian yang baru akan menggunakan smartwatch, realme menawarkan realme Watch 2 yang merupakan versi lite dari seri Pro.

Smartwatch ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari seri Pro, yakni hanya memiliki bentang layar 1,4” (3,5cm) dengan resolusi 320×320 pixel (323 PPI). Meski demikian layarnya mampu menampilkan visual yang tajam dan responsif memungkinkan pengguna untuk mengontrol Watch 2 dengan mudah.

realme Watch 2 mempunyai 10 lebih animasi dinamis yang dapat ditampilkan, seperti watch face dinamis, antarmuka pengisian daya, dan lain sebagainya. Animasi ini jarang ditemukan pada smartwatch di rentang harga yang sama. realme Watch 2 juga menyediakan watch face yang bisa dikustomisasi oleh pengguna.

Untuk fitur Kesehatan dan mode olahraga yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan seri Pro yang sama-sama memiliki 90 mode olahraga, monitor detak jantung real time dan pengukur kadar oksigen dalam darah.

Yang menarik di perangkat ini adanya fitur AIoT Control yang dapat mengontrol perangkat AIoT, seperti realme Buds Air & Buds Q Series, Bluetooth speakers, bohlam lampu, stop kontak, pengontrol AC. Fitur ini nantinya akan menjadi hal yang lumrah di masa depan.

Untuk daya tahannya, realme Watch 2 hadir dengan baterai yang seedikit lebih kecil yakni 315mAh tetapi tetap efisien karena ditenagai oleh chipset dengan konsumsi daya rendah dan Bluetooth 5.0 untuk mengoptimalisasi baterai dan memastikan daya tahan baterai hingga 12 hari. Alas pengisian daya magnet juga memudahkan pengguna saat mengisi daya baterai, cukup diletakan dan memulai pengisian.

realme Watch 2 juga sudah memiliki IP68 water resistant dan telah menjalani tes durabilitas seperti 100.000 kali penekanan tombol, menahan beban 7kg, 3.000 kali uji tekuk, dan 3.000 kali clasped test.

Kesimpulan Review realme Watch 2 Series

Hadir dengan spesifikasi dan fitur yang sangat lengkap serta desain yang cukup stylish dan trendi, berdasarkan hasil review yang dilakukan, realme Watch 2 Series menurut saya menjadi smartwatch yang memang dibutuhkan oleh anak muda untuk menunjang gaya hidup sehatnya.

Smartwatch ini cukup mampu diandalkan untuk beraktivitas harian baik bekerja, bergaul dengan tetap menjaga protokol kesehatan maupun berolahraga.

realme Watch 2 Pro yang memiliki banderol harga Rp799,000 dan Rp599,000 untuk realme Watch 2 khusus selama periode penjualan kilat di Shopee bisa menjadi pertimbangan kuat Anda untuk memulai gaya hidup cerdas dan peduli akan kesehatan Anda dengan AIoT dari realme.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Bocoran Ungkap Spesifikasi OPPO Reno7

Techbiz.id - OPPO dikabarkan tengah bersiap merilis penerus Reno6. Ponsel yang akan dikenal sebagai OPPO Reno7 tersebut sudah memiliki...