Tuesday, June 22, 2021
Home Devices Samsung Chromebook 4 Cocok untuk PJJ dan Tatap Muka

Samsung Chromebook 4 Cocok untuk PJJ dan Tatap Muka

Must Read

Rilis Pekan Depan, Ini Bocoran Spesifikasi Vivo V21

Techbiz.id - Usai menghadirkan versi 5G, Vivo dalam waktu dekat juga bersiap merilis V21 4G di Indonesia. Namun sebelum...

Tablet Khusus Anak Huawei Dibanderol Rp2 Jutaan

Techbiz.id - Huawei secara resmi meluncurkan HUAWEI MatePad T10 Kids Edition yang dibanderol dengan harga Rp2 Jutaan. Tablet khusus...

Tebus Murah Kuota Hingga 50 GB dari Tri Mulai Rp2000

Techbiz.id - Untuk mendukung aktivitas berlibur di rumah saja, Tri Indonesia menghadirkan program Tebus Murah Kuota hingga 50 GB. Dengan progrm ini...

Telkomsel Dorong Pemanfaatan Teknologi 5G untuk Industri

Techbiz.id - Usai menghadirkan layanan 5G secara komersial, Telkomsel memperkuat kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan...

Samsung Galaxy M32 Tiba dengan Chipset Helio G80 dan Baterai 6000mAh

Techbiz.id - Samsung kembali menambah perangkat baru dari jajaran seri M kali ini. Bukan di Indonesia, Samsung Galaxy M32...

Techbiz.id – Untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh dan tatap muka yang akan berjalan bergantian Samsung Indonesia menghadirkan Chromebook 4

Seperti diketa di tengah dunia yang semakin digital, keberadaan perangkat teknologi semakin penting untuk menunjang pembelajaran anak sekolah. Terlebih lagi di masa new normal di mana kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara tatap muka secara terbatas pada tahun ajaran baru dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di rumah.

- Advertisement -

Perangkat Chromebook 4 ini cukup ringan dan portabel dengan bobot 1,18kg dan ketebalan hanya 16,7mm, durabilitas tinggi, disertai daya baterai yang tahan hingga 12,5 jam, sesuai untuk para pelajar Indonesia.

Menurut IT & Mobile B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Lukman Basuki, dengan keadaan siswa dan guru yang terbagi di sekolah dan rumah, dunia pendidikan membutuhkan perangkat teknologi yang mudah digunakan di berbagai tempat dan mendukung kolaborasi belajar.

Baca juga: Samsung Galaxy M62, Ponsel Powerfull Harga Rp5 Jutaan

“Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif,” katanya.

Lebih lanjut, Samsung Chromebook 4 ini menurutnya dapat membantu keseharian siswa yang multitasking, berpindah dengan mudah antara video call dengan guru, kerja kelompok dengan teman sekelas, mencari inspirasi tugas di Youtube, menyusun karangan, dan banyak lagi.

Samsung Chromebook 4 mengombinasikan prosesor Intel yang powerful dan performa tinggi yang didukung Chrome OS dan untuk penggunaan cloud yang mulus, sehingga sistem belajar mengajar yang kolaboratif antara siswa dan guru di sekolah maupun siswa yang tetap belajar dari rumah dapat berjalan lancar. Chromebook 4 juga mengandalkan konektivitas Gigabit Wi-Fi yang memungkinkan perangkat ini men-download dan meng-upload data berukuran besar dengan cepat.

Chrome OS memungkinkan akses yang cepat ke aplikasi-aplikasi penting untuk keperluan sekolah termasuk cloud database. Dengan aplikasi dan penyimpanan data melalui cloud, guru dan siswa mudah mengakses kelas online, bahan pelajaran, materi pekerjaan rumah, catatan-catatan kelas, maupun tugas-tugas yang membutuhkan kolaborasi, dari mana saja sepanjang koneksi Internet tersedia. Sekolah pun tidak perlu menambahkan harddisk dengan kapasitas besar karena semua materi belajar mengajar tersimpan di cloud.

Pengalaman cloud bisa langsung dinikmati pengguna Chromebook 4 yang terintegrasi secara seamless dengan layanan aplikasi Google. Dalam PJJ, guru dan siswa akan menikmati kolaborasi yang lancar dalam pendistribusian dan pengelolaan tugas (Classroom), komunikasi dan kelas online (Gmail, Meet), pengerjaan tugas siswa (Drive) dilindungi perlindungan keamanan digital yang berlapis. Sinkronisasi file atau mengedit tugas bersama-sama dengan teman sekelas semakin mudah, walau lokasi terpisah.

Samsung Chromebook 4 memiliki stereo speaker, mic digital internal, dan kamera HD 720p yang membantu video conference kelas online dengan dukungan visual jelas dan audio jernih.

Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan baterai yang mendukung waktu pakai hingga 12,5 jam untuk mengerjakan tugas, mengikuti kelas online, browsing, ataupun streaming konten-konten edukasi dan inspirasi tugas sepanjang hari, tanpa perlu terus duduk di dekat colokan listrik.

Selain itu Samsung Chromebook 4 hadir dengan port USB-C, yang multifungsi untuk mengisi ulang baterai dengan cepat, transfer data dalam kecepatan tinggi, atau menghubungkannya ke layar yang lebih besar dengan kualitas 4K.

Pada Samsung Chromebook 4 sudah terdapat keyboard dan touchpad, sehingga siswa atau guru dapat mengetik dengan presisi dan menyusun dokumen tugas sekolah dengan nyaman. Tombol-tombol keyboard-nya didesain ergonomis untuk menghadirkan pengalaman mengetik yang nyaman bahkan dalam waktu lebih lama, membuat menuangkan ide-ide dan jawaban tugas lebih mulus.

Dengan layar HD 11,6 inci, ketebalan hanya 16,7mm dan bobot 1,18kg, perangkat ini benar-benar tipis dan ringan, dengan desain sleek. Samsung memberikan perlindungan dan kemudahan pengelolaan terhadap seluruh perangkat Samsung Chromebook 4.

Bagi lembaga pendidikan yang menggunakan Samsung Chromebook 4, disediakan update berkala Operating System dan software, serta security patches secara reguler untuk mencegah terjadinya kebocoran data dan meminimalisir risiko serangan siber.

“Dirancang ramping dan ringan, Samsung Chromebook 4 memiliki durabilitas tinggi, memenuhi standar military-grade (Mil-STD-810G) yang telah diuji mencakup transit drop, getaran, suhu tinggi, maupun perubahan suhu ekstrim, sehingga sangat aman dan tangguh untuk dibawa-bawa dan juga penggunaan terus-menerus,” pungkas Lukman.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Realme Tetapkan Peluncuran Perangkat Dizo pada Juli 2021

Techbiz.id - Realme kini bersiap untuk merilis perangkat pertamanya di bawah sub-brand Dizo, dimana semuanya termasuk ke dalam ekosistem...

Artikel Terkait