Wednesday, July 28, 2021
Home Feature Sejumlah Fitur Baru yang Hadir di Windows 11

Sejumlah Fitur Baru yang Hadir di Windows 11

Must Read

Zoom Punya Fitur Game, Begini Cara Bermainnya

Techbiz.id - Dari awal hingga pandemi berlangsung saat ini, popularitas Zoom kian meningkat. Selain didorong kebutuhan akan perlunya konferensi...

Samsung Galaxy M21 2021 Edition Meluncur dengan 48MP Triple Camera

Techbiz.id - Usai setahun sejak dirilis pada Maret 2020 lalu, Samsung memperkenalkan varian baru dari Galaxy M21 di 2021....

Alibaba Punya Teknologi Kurangi Resiko Heatstroke

Techbiz.id - Untuk mengurangi resiko terkena heatstroke atau sengatan panas selama musim panas di Tokyo, Alibaba Group mengumumkan solusi berbasis teknologi cloud baru...

6 Tips Mengamankan Akun Twitter

Techbiz.id - Pengalaman menggunakan sosial media Twitter tentu akan lebih nyaman jika setiap orang tetap waspada dan menjalankan langkah-langkah...

RedmiBook 15 dan Redmi Note 10 5G Mulai Dijual, Ada Harga Khusus

Techbiz.id - Usai diperkenalkan, RedmiBook 15 dan Redmi Note 10 5G kini secara resmi mulai dijual di Indonesia dengan...

Tehcbiz.id – Microsoft akhirnya memperkenalkan sistem operasi penerus Windows 10 setelah hampir 5 tahun lamanya. Dikenal sebagai Windows 11, sistem operasi baru ini diklaim membawa peningkatan terbesar, terutama pada fitur yang diusung.

Deretan fitur baru yang dibawa oleh Windows 11 juga cukup beragam, selain tampilan antarmuka yang baru, terdapat juga layout yang mendukung membuka jendela aplikasi sekaligus. Fitur itu menjadi sangat penting terutama di tengah situasi pandemi saat ini yang mengharuskan bekerja secara online.

Untuk itu, pada ulasan kali ini kami akan memperkenalkan sejumlah fitur baru Windows 11 yang perlu diketahui. Simak selengkapnya!

Fitur Baru Windows 11

Antarmuka Baru

Fitur baru Windows 11

Salah satu peningkatan yang paling terasa adalah tampilan antarmuka baru yang dibawa Windows 11. Jika biasanya Microsoft meletakan menu dan taskbar pada sisi kiri, kini berada pada bagian tengah, layaknya tampilan MacOS. 

Sementara, sisi kanan tetap menampilkan sejumlah ikon, mulai dari jam, koneksi Wifi, hingga status baterai. Sejumlah ikon yang ditampilkan memiliki bentuk yang lebih presisi dengan lapisan warna yang lembut. Dilansir dari IGN South East Asia (28/6), tampilan antarmuka baru ini bertujuan untuk mempermudah pengguna, terutama mereka yang memiliki monitor layar besar.

Fitur Widget

Fitur baru Windows 11

Selain tampilan antarmuka yang lebih sederhana, Microsoft juga menghadirkan sejumlah widget. Kumpulan widget ini berisikan berbagai aplikasi sebagai ‘awal’ dalam beraktivitas, di antaranya adalah prediksi cuaca, peta perjalanan serta berita terkini.

Khusus untuk widget berita terkini, Microsoft mengandalkan Artificial Intelegent (AI) guna menyesuaikan dengan ketertarikan pengguna. Adapun sederet widget dapat ditemukan hanya dengan mengetuk bagian transparan pada taskbar di layar.

Snap Layout

Fitur baru Windows 11

Tak hanya bertujuan untuk mempermudah pengguna, Microsoft juga menghadirkan fitur yang membantu kinerja multi-tasking pengguna. FItur tersebut merupakan Snap Layout, dimana memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Sesuai dengan namanya, Snap Layout menampilkan beberapa opsi layout kepada pengguna, tersedia mulai dari 2 hingga 4 jendela sekaligus. Setiap pilihan juga menyajikan opsi ukuran jendela yang diinginkan, misalnya untuk membuka dua jendela aplikasi sekaligus, terdapat 2 pilihan, yakni kedua ukurannya akan sama persis, atau salah satu aplikasi akan tampil dominan dengan ukuran lebih besar dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Nantinya, Windows 11 juga mampu menyimpan layout yang sudah pernah dibuka sebelumnya, termasuk dengan jenis aplikasi yang dibuka.

Baca juga: Cara Mematikan Update Windows 10, Paling Mudah!

Mode Game HDR

Windows 11 juga menghadirkan fitur untuk gaming. Fitur ini akan bekerja secara otomatis mengubah game non-HDR menjadi menyerupai game HDR. Dalam hal ini, Microsoft menjanjikan setidaknya akan ada lebih dari 1000 judul game yang akan mendukung mode HDR.

Menjalankan Aplikasi Android

Fitur baru Windows 11

Di antara fitur yang lainnya, kali ini merupakan fitur yang sangat menarik. Ya Windows 11 mampu menjalankan aplikasi Android. Ini terjadi berkat adanya ‘Intel Bridge’ yang kompatibel dengan prosesor AMD ataupun Intel.

Namun, perlu dicatat bahwa aplikasi ini harus diunduh terlebih dahulu dari Amazon AppStore baru kemudian bisa dijalankan. Bahkan, pengguna juga bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan memanfaatkan fitur Snap Layout tadi.

Mode Tablet

Fitur ini mungkin sudah dinantikan oleh pengguna laptop 2-1 yang bisa menjadi tablet. Pasalnya, ketika pengguna mengubah perangkat mereka menjadi tablet maka tampilan Windows 11 akan menyesuaikan.

Nantinya deretan ikon akan berubah menjadi lebih besar agar memudahkan pengguna dalam menyentuh. Selain itu, Windows 11 juga turut menghadirkan dukungan gestur tambahan, meliputi gerakan tiga jari ke arah samping untuk snap layout, serta ke arah bawah untuk minimize layar.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Twitter Uji Tanda Baru untuk Akun yang Kena Suspen

Techbiz.id - Twitter tengah menguji coba tanda khusus berupa notifikasi baru untuk akun pengguna mereka yang terkena suspen atau...