Thursday, June 24, 2021
Home Telco Telkomsel Perluas Layanan 5G di Tiga Kota

Telkomsel Perluas Layanan 5G di Tiga Kota

Must Read

Alibaba Kurangi Emisi Karbon di Festival Belanja 618

Techbiz.id - Alibaba melaporkan berhasil mengurangi emisi karbon melalui ajang penjualan di pertengahan tahun yang digelarnya dengan nama Festival...

PermataBank Mudahkan Pembuatan ID Investasi Secara Online

Techbiz.id - PermataBank mengajak nasabah generasi muda untuk aktif berinvestasi dengan menghadirkan fitur e-Registration untuk pembuatan Single Investor ID (SID)...

Rilis di Solo, Indosat Tawarkan Layanan Komersial 5G

Techbiz.id – Setelah mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi untuk penggelaran jaringan 5G, Indosat Ooredoo menghadirkan layanan 5G komersial pertama...

BCA Gelar Program SYNRGY Academy Batch 3

Techbiz.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali memulai program beasiswa pendidikan keahlian digital (digital skills) dengan menggelar...

Huawei MatePad 11 Segera Meluncur di Indonesia

Techbiz.id - Setelah secara resmi meluncurkan HarmonyOS 2 awal bulan ini, Huawei menyebutkan akan segera menghadirkan tablet pertama dengan...

Techbiz.id – Setelah melangsungkan peluncuran layanan Telkomsel 5G di Jakarta, Telkomsel melanjutkan komitmennya untuk membuka dunia penuh peluang dengan meluncurkan 5G di tiga kota lainnya, yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta.

Peluncuran  dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan (3/6). Dengan demikian, jaringan 5G dari Telkomsel kini sudah tersedia di beberapa titik di wilayah setempat yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

Langkah ini disebutkan Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam (HMS) merupakan bagian dari upaya bertahap yang dilakukan Telkomsel dalam melakukan percepatan pengembangan teknologi jaringan 5G dan menghadirkan berbagai produk, layanan, serta solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric.

“Sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia sehingga kedepannya siapa pun dapat merasakan the best 5G experience dengan dukungan jaringan 5G yang andal,” ucap HMS 

Baca juga: Simak Biar Ngga Gagal Paham, Uji Kecepatan 5G Telkomsel

Lebih lanjut, hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini  merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat  mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat,  serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri untuk dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak.

“Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” imbuhnya.

tiga kota 5g telkomsel

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G Plate mengatakan, 5G harus menjadi fondasi kuat untuk mengimplementasikan dan membumikan ideologi bangsa kita di dalam hati dan kehidupan keseharian masyarakat. Pembangunan infrastruktur ICT juga harus didukung di sisi hilir dengan pemanfaatan teknologi digital yang begitu berkembang untuk kepentingan kita.

“Kehadiran infrastruktur di hulu harus memberikan manfaat di hilir untuk kepentingan masyarakat dan untuk kepentingan ekonomi kita. Kita harus memastikan bahwa digital economydigital culturedigital society, dan digital government semuanya harus kita kuasai,” tegas Menteri Johnny.

Johnny menambahkan, Kominfo akan meneruskan fondasi transformasi digital Indonesia berbasis atau bertumpu pada tulang punggungnya, yaitu jaringan 4G. Pemerintah bersama dengan operator telekomunikasi akan melaksanakan simultan operation, yakni coexist antara 4G dan 5G, di mana ke depannya 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan 7 kota lainnya.

Pada fase awal peluncuran ini, layanan Telkomsel 5G di tiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

“Kedepannya, Telkomsel berkomitmen akan terus menjalin kerja sama strategis dengan berbagai pihak yang dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan teknologi mutakhir untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Sebagai operator 5G pertama di Indonesia, Telkomsel akan mengoptimalkan kesempatan ini untuk dapat berkontribusi lebih besar bagi kemajuan bangsa melalui inovasi terdepan,” pungkas Hendri.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

GrabProtect Jadi Bukti Kelincahan Bisnis Grab

Techbiz.id - Dalam kuliah umum hasil kolaborasi dengan The Legatum Center of Development & Entrepreneurship at Massachusetts Institute of...

Artikel Terkait