Jumat, April 19, 2024

Youtube versi iOS Akan Kebagian Fitur Picture-in-picture

Techbiz.id – YouTube akan menghadirkan fitur yang telah lama ditunggu-tunggu khusus untuk pengguna iOS. Fitur yang dikenal sebagai picture-in-picture (PiP) ini awalnya hanya tersedia bagi pengguna berbayar.

Dilansir dari Engadget, PiP memungkinkan pengguna untuk menonton video YouTube dalam versi mini sambil secara bersamaan menjelajah di luar aplikasi YouTube di perangkat mereka.

Perlu diketahui, fitur PiP sebenarnya sudah tersedia untuk iPad sejak iOS 9, sementara Apple pertama kali menghadirkannya di iPhone pada iOS 14. Banyak aplikasi streaming video sudah mendukung fitur ini, termasuk Netflix, Twitch, Amazon Prime Video, Disney+, dan Apple TV.

Namun fitur tersebut belum berkerja secara maksimal. Pasalnya, fitur PiP ini hanya bisa diakses diakses secara berkala bagi pengguna iPhone. Bahkan mereka hanya bisa mengaksesnya saat membuka YouTube lewat Safari.

Di samping itu, kini pengguna tidak perlu khawatir. Kemungkinan dalam waktu dekat YouTube akan segera menghadirkan fitur PiP bagi pengguna iOS. Sehingga, bisa menjajal fitur tersebut secara penuh, tanpa perlu cara khusus untuk mengaksesnya.

“Kami mulai meluncurkan PiP untuk anggota YouTube Premium di iOS, dan berencana untuk meluncurkan PiP untuk semua pengguna iOS AS juga.” ujar Juru Bicara YouTube.

Baca juga: Studi: TikTok, YouTube, dan WhatsApp Jadi Aplikasi Favorit Anak Selama Pandemi

Sayangnya belum bisa dipastikan kapan tepatnya YouTube akan merilis PiP, tetapi setidaknya pengguna AS diketahui akan menjadi yang pertama merasakan fitur tersebut. Perlu dicatat juga bahwa untuk saat ini fiturnya baru tersedia untuk pengguna berbayar.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...