Monday, July 26, 2021
Home Apps 11 Aplikasi yang Layani Konsultasi dan Obat Gratis Bagi Pasien Isoman Covid-19

11 Aplikasi yang Layani Konsultasi dan Obat Gratis Bagi Pasien Isoman Covid-19

Must Read

Kolaborasi Tokko dan LinkAja Dorong Inklusi Digital UMKM

Techbiz.id - Platform pembuatan toko online, Tokko, mengumumkan kolaborasinya dengan LinkAja. Kolaborasi Tokko dan LinkAja ini bertujuan mengedukasi UMKM...

Redmi Note 10 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Techbiz.id - Sesuai dengan jadwal, Redmi Note 10 5G dirilis Xiaomi secara daring, Kamis (22/7). Ponsel 5G Xiaomi ini...

TMI: Peluangnya Masih Bagus Untuk Bikin Startup

Techbiz.id - Venture Capiital Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) menilai potensi startup Indonesia untuk berkembang masih sangat positif terlebih saat...

Gabungkan Seni dan Teknologi, OPPO Renovator 2021 Digelar

Techbiz.id - OPPO secara resmi meluncurkan OPPO Renovator 2021 untuk menjadi wadah bagi para kreator muda untuk mengekspresikan masa...

Twitter Bakal Hadirkan Tombol ‘Tidak Suka’?

Techbiz.id - Jika biasanya pengguna Twitter menyukai cuitan dengan mengetuk tombol 'like', tampaknya Twitter berencana untuk merilis opsi sebaliknya. Menurut...

Techbiz.id – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan melakukan uji coba layanan medis jarak jauh secara gratis, untuk pasien Covid-19 isolasi mandiri (isoman). Uji coba dilakukan dengan menggandeng 11 aplikasi telemedicine yang ada di Indonesia.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan, menyampaikan “Kita bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa (konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat)”.

Budi mangatakan layanan itu akan digelar gratis khusus untuk pasien terpapar virus corona (Covid-19) dengan gejala ringan atau tanpa gejala yang melakukan isoman. Sejauh ini, layanan telemedicine gratis baru melakukan uji coba di DKI Jakarta.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang bisa menangani pasien isoman secara gratis, simak ulasan mengenai 11 aplikasi telemedicine berikut ini:

Aplikasi Konsultasi dan Obat Gratis

  1. Alodokter

Alodokter merupakan salah satu platform layanan kesehatan digital di Indonesia. Aplikasi ini sudah beroperasi sejak 2014 lalu, dimana saat ini pengguna aktif setiap bulannya mencapai 26 juta.

Alodokter menyediakan berbagai layanan kesehatan dengan setidaknya terdapat sebanyak 30 ribu lebih mitra dokter. Sehingga, melalui aplikasi ini pasien isoman Covid-19 dapat dengan mudah mendapat layanan konsultasi dan obat gratis.

  1. GetWell

Aplikasi GetWell menjadi salah satu platform telemedicine yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam memberikan pelayanan dan pengiriman obat gratis kepada pasien isoman Covid-19.

Aplikasi ini sudah tersedia baik dalam platform iOS maupun Android. Nantinya, pasien Covid dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter. Hingga pada akhirnya GetWell akan mengirimkan obat secara gratis kepada pasien tersebut.

  1. Good Doctor

Jika sebelumnya hanya bisa diakses lewat layanan Grab Health, kini layanan telemedicine Good Doctor telah lahir sebagai aplikasi tersendiri yang sudah tersedia di App Store dan Play Store.

Seperti layanan telemedicine yang lainnya, Good Doctor juga akan memberikan pelayanan kepada pasien isoman Covid-19. Pasien hanya perlu berkonsultasi dengan dokter, kemudian akan menerima resep obat yang akan dikirimkan dengan Grab ke alamat pasien.

Aplikasi ini diklaim dapat memberikan pelayanan selama 24 jam kepada pengguna mereka.

  1. Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi telemedicine populer yang digandeng pemerintah guna memberikan pelayanan dan obat secara gratis kepada pasien isoman Covid-19.

Aplikasi ini memuat berbagai fitur yang memudahkan bagi pengguna, dimulai dari fitur chat guna berkonsultasi, fitur obat yang akan terhubung dengan apotek terdekat, hingga terhubung dengan asuransi pasien itu tersendiri.

  1. KlikDokter

Platform telemedicine besutan Medika Komunika Teknologi ini mengungguli layanan 24 jam. Sehingga, pasien bisa melakukan live chat dengan dokter selama 24 jam penuh.

Lewat KlikDokter, pemerintah akan memfasilitasi pasien isoman Covid-19 bergejala ringan untuk mendapatkan konsultasi dan pengobatan secara gratis.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Jedag Jedug Terbaru

  1. KlinikGo

Sebagai bagian dari 11 aplikasi telemedicine yang berkerjasama dengan pemerintah, KlinikGo memberikan pelayanan kepada pasien isoman Covid-19 untuk bisa mendapatkan konsultasi dan obat secara gratis.

Aplikasi yang sudah tersedia di App Store dan Play Store ini bahkan diklaim sebagai mitra resmi dari Kemenkes dalam menangani kasus Covid-19 di Indonesia.

  1. LinkSehat

Layaknya platform telemedicine lain, LinkSehat juga memberikan berbagai pelayanan medis.

Aplikasi ini menyediakan layanan konsultasi medis dengan dokter yang sudah memiliki izin praktek. Tersedia juga rekomendasi rumah sakit (RS) serta perhitungan biaya berobat pasien.

Untuk itu, melalui LinkSehat, pasien isoman Covid-19 bisa berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan gratis, sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah.

  1. Milvik Dokter

Milvik Dokter merupakan layanan telemedicine yang dapat memberikan layanan langganan setiap bulan. Tersedia juga berbagai layanan lainnya, meliputi layanan 24 jam penuh, rekomendasi RS hingga asuransi rawat inap.

Nantinya, pasien isoman Covid-19 akan mendapatkan layanan medis dan obat yang dibutuhkan secara gratis.

  1. ProSehat

ProSehat juga menjadi salah satu aplikasi telemedicine yang bisa dimanfaatkan oleh pasien isoman Covid-19 secara gratis.

Aplikasi itu diklaim memberikan pelayanan konsultasi medis dengan dokter hingga 24 jam penuh.

  1. SehatQ

Melalui SehatQ pasien Covid-19 dapat berkonsultasi dengan dokter atau mendapat rujukan ke rumah sakit terdekat apabila gejalanya cukup berat.

Pasien nantinya juga akan mendapatkan pengobatan gratis guna memulihkan diri dari virus Covid-19.

  1. YesDok

YesDok merupakan platform telemedicine yang menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis. Dalam situs resminya, YesDok mengklaim memberikan layanan konsultasi medis selama 24 jam dengan dokter yang sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek (SIP).

Aplikasi ini menjadi salah satu layanan telemedicine yang melakukan uji coba dengan pemerintah. Sehingga pasien isoman Covid-19 dapat melakukan konsultasi dan pengobatan secara gratis,

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Update Harga Redmi Note 9 Juli 2021, Turun Rp 500 Ribu!

Techbiz.id - Hadir di Indonesia dengan dua kapasitas, salah satu Redmi Note 9 kini dibanderol dengan harga yang lebih...