Jumat, April 26, 2024

5 Tim SMK Jadi Pemenang Permata Youth Preneur 2021

Techbiz.id – PermataBank mengumumkan 5 tim pemenang dari 10 tim yang berhasil masuk ke Grand Final PermataYouthPreneur (PYP) 2021. Kelima pemenang berhak atas hadiah total senilai Rp40.000.000, serta kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Bootcamp IT dari Arkademy. 

Seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, seluruh kegiatan PYP 2021 dilakukan secara online, kali ini dengan mengusung tema “Membantu Pertumbuhan UMKM Melalui Teknologi Finansial (FinTech)”. 

Program ini diselenggarakan sejak 2 Juni 2021 dengan memanfaatkan platform online seperti webinar, video conference, serta modul e-learning untuk penyampaian materi dan mentoring peserta. 

Menurut Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank, Dhien Tjahajani, PYP 2021 memperkuat ekosistem PermataHati CSR bekerjasama dengan Arkademy serta didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam menyelenggarakan PYP 2021.

Baca juga: PermataBank Mudahkan Pembuatan ID Investasi Secara Online

“PermataBank tidak hanya berkomitmen dalam menciptakan inovasi produk dan jasa perbankan untuk membantu masyarakat serta perusahaan agar berhasil menciptakan kesejahteraan dan pertumbuhan bisnis, melainkan juga dalam meningkatkan literasi keuangan dan entrepreneurship yang memanfaatkan teknologi digital bagi generasi muda Indonesia,” ungkapnya.

Melalui PYP 2021 ini, PermataBank bertujuan untuk membangun character building entrepreneur 4.0 yang cerdas dan kreatif termasuk upaya peningkatan kolaborasi dan kompetensi. 

Tahun ini terdapat 157 tim yang mendaftar dari 25 provinsi, dari Sabang sampai Merauke, 59 tim diantaranya berasal dari luar pulau Jawa. Pencapaian ini merupakan peningkatan sebesar 221% bagi pendaftar di luar pulau Jawa dari tahun sebelumnya.

“Dengan terselenggaranya PYP 2021 untuk ke-empat kalinya, kami berharap pengetahuan kewirausahaan yang didapat dari pelatihan digital entrepreneurship ini akan menjadi modal kuat kepada peserta dalam menjalankan usaha,” imbuhnya.

Melalui PYP 2021 ini, PermataBank terus memperluas akses pelatihan wirausaha, FinTech, dan literasi keuangan kepada generasi muda Indonesia.

Selama bulan Juni – Juli 2021, para finalis PYP 2021 telah mengikuti mentoring online mingguan bersama expertserta pelatihan dalam bentuk modul dan mentoring online, antara lain; Business Validation, Product Validation, Software Development, Financial Literacy, hingga soft skills dalam bentuk Presentation dan Pitching Skill

Sejak tahun 2017, PYP mengajak seluruh generasi muda dari Sabang sampai Merauke untuk mengasah kemampuan mereka dalam hal coding, penyusunan rencana program, hingga penyampaian presentasi produk FinTech mereka. Hingga tahun 2020, program ini telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 600 generasi muda calon ahli FinTech dan pendiri startup. 

Kelima pemenang PYP 2021 dipilih oleh dewan juri berkait keunggulan ide mereka berdasarkan aspek kualitas presentasi, relevansi produk, monetisasi, keunikan dan inovasi, kualitas desain produk, kenyamanan menggunakan produk, fitur, dan akumulasi nilai ide bisnis dan nilai selama mentoring. Mereka adalah:

·       Pemenang 1: “Sukses Team” dari SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto dengan Produk “Omebel” Sebuah platform berbasis web yang bertujuan memudahkan UMKM mebel dalam mendapatkan modal. 

·       Pemenang 2: “Neverland” dari SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto dengan Produk “Warabisa” – Sebuah aplikasi jual-beli franchise yang menghubungkan franchisor dengan mitra usaha. 

·       Pemenang 3: “GADA Team” dari SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto dengan produk “SemarVest” – Sebuah aplikasi yang bertujuan memudahkan UMKM mendapatkan modal, melakukan pemasaran, dan pelatihan bisnis. 

·       Honorable Mention : “Djagodev” dari SMKN 2 Klaten dengan produk “Tenkraf” dan “Baiman” dari SMKN 4 Banjarmasin dengan produk “Initiate” – Sebuah marketplace untuk menjual produk kerajinan dan produk kreatif UMKM. 

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...