Minggu, Mei 22, 2022
BerandaTipsCara Mematikan Windows Defender

Cara Mematikan Windows Defender

Must Read

Techbiz.id – Windows Defender merupakan anti-virus bawaan sistem operasi Windows yang kian kemari semakin bagus dalam menangkal virus.

Meski begitu, kadang kala pengguna harus mematikan Windows Defender karena beberapa hal. Misalnya, meng-install program atau perangkat lunak yang aksesnya diblok oleh anti-virus.

Mematikan Windows Defender untuk sementara waktu dirasa perlu, terkadang untuk kebutuhan install software.

Bagaimana Cara Mematikan Windows Defender?

Time needed: 15 minutes.

Dalam artikel kali ini, Techbiz.id akan membagikan tips untuk menonaktifkan Windows Defender untuk sementara waktu dan secara permanen, simak selengkapnya.

  1. Akses Windows Defender

    Mengakses Windows Defender dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Yang paling mudah, ketik “Windows Defender” dalam menu pencarian.Windows settings

  2. Buka Menu “Virus & Threat Protection”

    Pilih “Manage Settings” kemudian rubah “realtime-protection” menjadi Off.

  3. Ubah semua pengaturan menjadi Off

    Selain real-time protection, pengguna juga harus menonaktifkan semua pilihan didalam menu. Seperti “Cloud-Delivered protection”, “Automatic Sample Submission”, dan “Tamper Protection”.

Cuku mudah bukan? Setelah selesai melakukan instalasi, jangan lupa untuk memberikan daftar putih atau whitelist ke program tersebut. Ini dilakukan agar pengguna dapat mengaktifkan kembali Windows Defender.

Baca juga: Cara Mematikan Update Windows 10, Paling Mudah!

Instal Software Terblokir Windows Defender, Bagaimana Caranya?

Apabila dengan cara diatas program yang diinginkan masih belum bisa di-instal, pengguna harus menonaktifkan fitur App & Browser Control.

Bagaimana caranya menonaktifkan App & Browser Control di Windows 10? Fitur tersebut berada di menu Windows Security. Pengguna hanya tinggal mencari dengan kata kunci tersebut.

Setelah masuk ke menu Windows Security, silahkan pilih “App & Browser Control”, masuk ke menu “Reputation-based protection settings” kemudian nonaktifkan beberapa fitur berikut:

  • Chek apps and files – Off
  • Smartscreen for Microsoft Edge – Off
  • Potentially unwanted app blocking – Off
  • SmartScreen for Microsoft apps. – Off
menonaktifkan windows defender terupdate

Nah, silahkan coba untuk install program yang sebelumnya diblokir oleh anti-virus bawaan Windows.

Jangan lupa untuk mengaktifkan Windows Defender dan App & browser control kembali agar komputer aman dari serangan virus.

Bagaimana Cara Menonaktifkan Windows Defender Secara Permanen?

Sebenarnya, dengan cara diatas pengguna sudah menonaktifkan windows defender secara permanen. Jadi pengguna tidak harus kembali mengaktifkan fitur tersebut.

Sekian artikel cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10, semoga bermanfaat.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...