Tuesday, July 27, 2021
Home News Fluke Networks Kenalkan Alat Uji Kabel dan Jaringan LinkIQ

Fluke Networks Kenalkan Alat Uji Kabel dan Jaringan LinkIQ

Must Read

Samsung Galaxy M21 2021 Edition Meluncur dengan 48MP Triple Camera

Techbiz.id - Usai setahun sejak dirilis pada Maret 2020 lalu, Samsung memperkenalkan varian baru dari Galaxy M21 di 2021....

Redmi Note 10 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Techbiz.id - Sesuai dengan jadwal, Redmi Note 10 5G dirilis Xiaomi secara daring, Kamis (22/7). Ponsel 5G Xiaomi ini...

Acer Hadirkan Warna Baru Laptop Swift 3 Infinity 4 di Indonesia

Techbiz.id - Memadukan desain yang baru dan unik serta hadirnya sertifikasi Intel Evo, Acer secara resmi memperkenalkan Swift 3...

6 Tips Mengamankan Akun Twitter

Techbiz.id - Pengalaman menggunakan sosial media Twitter tentu akan lebih nyaman jika setiap orang tetap waspada dan menjalankan langkah-langkah...

Tanda Tangan Digital Jadi Faktor Penting Adopsi Digital

Techbiz.id - Salah satu infrastruktur penting bagi adopsi inovasi digital saat ini adalah tanda tangan elektronik, khususnya dalam memenuhi...

Techbiz.id – Fluke Networks memperkenalkan alat uji Kabel+Jaringan LinkIQ yang menggabungkan antara diagnostik switch dengan teknologi pengukuran kabel canggih yang dimiliki perusahaan.

Produk ini dapat memberikan laporan hasil uji, baik berhasil ataupun gagaldalam format yang mudah dipahami dengan menggunakan perangkat lunak LinkWare milik perusahaan. Pengujian ini juga dapat melakukan verifikasi kinerja switch, termasuk pada switch yang menyediakan daya melalui Ethernet. 

Produk ini menurut VP of Product Fluke, Walter Hock, sangat diperlukan untuk para installer yang ingin memastikan tidak ada kesalahan dalam operasi, dan harus mendokumentasikan pekerjaan mereka, atau pun petugas yang bertanggung jawab dalam memecahkan masalah pada perangkat-perangkat mutakhir (troubleshooter).

Selain itu juga dibutuhkan oleh mereka semua yang memerlukan peralatan untuk menggabungkan dukungan bagi teknologi mutakhir masa kini, dengan kemudahan penggunaan yang menghemat waktu dan biaya sehingga dapat disebarluaskan.

Baca juga: Tren Teknologi Jaringan Ini Menentukan Program IT 2021

“Teknologi baru seperti Ethernet 10 Gb/s dan perluasan daya melalui Ethernet merupakan inti jaringan saat ini,” ujar Walter Hock.

Lebih lanjut, mengingat jaringan ethernet saat ini sangat bergantung pada empat pasang kabel tembaga, banyak penelitian selama bertahun-tahun menemukan bahwa lebih dari 50% permasalahan Ethernet yang terjadi disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangan kabel.

Hal ini kemudian menyebabkan permasalahan jaringan yang yang ditandai dengan kinerja jaringan yang lambat atau kegagalan untuk terhubung dengan perangkat atau layanan jaringan penting. Kesalahan dalam pemasangan jaringan kabel, tipe konektor, kabel patch buruk atau tidak cocok dapat menjadi penyebab masalah kegagalan jaringan atau kinerja yang buruk. 

Untuk itu, dibutuhkan teknologi serta alat pendamping yang dapat membantu kinerja dari setiap sistem jaringan tersebut. Alat uji dan alat ukur menjadi faktor utama untuk memastikan kelancaran operasi pada industri berbasis ethernet.  

Fluke Networks LINKIQ dirancang untuk mendeteksi dan menemukan permasalah ini.  LinkIQ dapat menemukan masalah konfigurasi kabel atau switch secara cepat sehingga memungkinkan pelaku industri jaringan untuk dapat secepatnya mengembalikan kinerja jaringan pada level tinggi sebagaimana yang diinginkan. 

Pada kecepatan jaringan yang lebih tinggi saat ini di mana teknologi multi-gig dan 10G sedang diterapkan, pemasangan kabel yang tepat akan menjadi sangat penting. 

LinkIQ-IE merupakan alat uji berbasis pendekatan uji tunggal yang secara otomatis mampu memberikan  hasil pengukuran yang tepat sesuai dengan yang pada sisi lain kabel. Untuk kabel terbuka, hasil uji dapat menunjukkan ukuran panjang dan pasangannya.

Jika ini diakhiri dengan pengendali jarak jauh, hasil uji akan menunjukkan nilai data maksimum yang dapat didukung oleh kabel – hingga 10 Gb/s. Namun, jika kabel terhubung pada port switch, LinkIQ-IE akan menunjukkan nama switch sekaligus nama port, kecepatan, dan dupleks.

Jika PoE telah ditampilkan, maka akan menunjukkan daya dan kelas (hingga 90 W atau Kelas 8). Kemudian memuat switch untuk memverifikasi daya yang dapat disalurkan. 

Selain itu, kelebihan dari produk ini adalah pada kemampuan uji kabelnya. Jika pada alat uji yang tersedia di pasar hanya menawarkan pengukuran dasar secara berkelanjutan pada kabel sementara LinkIQ menawarkan uji kabel secara canggih kepada para teknisi untuk mengevaluasi kinerja kabel; NEXT, dan pengukuran Insertion Loss, Return Loss and Length. Tingkat pengujian kabel ini biasanya hanya ditemukan di alat sertifikasi kabel yang jauh lebih mahal. 

Tidak hanya itu, LinkIQ juga mendukung pengujian ethernet industrial dengan perangkat terminasi kabel yang unik, serta dirancang agar kompatibel dengan terminasi kabel pada ethernet industri yang umumnya digunakan.  

Alat uji PoE ini mendukung pengujian secara khusus pada pasokan daya yang sesuai dengan standarisasi IEEE802.3bt. Selain itu, LinkIQjuga dapat mengukur tegangan beban daya dalam keadaan hidup atau mati agar dapat memastikan port switch tidak menurunkan pasokan di bawah beban. 

LinkIQ menggunakan LinkWare™ PC yakni perangkat lunak untuk memberikan laporan dari Fluke Networks yang telah mendukung berbagai pengujian sejak 20 tahun lalu, serta menjadi solusi pelaporan standard de facto industri dengan puluhan ribu pengguna aktif.

Cara paling sederhana untuk mengelola data laporan adalah melalui salinan gratis LinkWare. Hasil dari berbagai variasi produk Fluke dapat disimpan, diakses, dan dihasilkan dalam bentuk laporan format PDF atas hasil dari penggunaan perangkat lunak ini. 

“LinkIQ merupakan alat yang kami cari untuk dapat melakukan semua pengujian kabel dasar serta membantu dalam menginformasikan switch yang terhubung dengan kami,” ujar Jayson LeBlanc, pemilik Austin Structured Cabling.

Kemampuan untuk menyediakan laporan dengan menggunakan perangkat lunak LinkWare menurutnaya telah menjadi standarisasi, sehingga pelanggan akan mempercayai  keahlian kami. Selain itu, pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat sehingga pembayaran dapat segera dilakukan.” 

Penguji Ethernet Industri Kabel+Jaringan LinkIQ Fluke Networks tersedia dengan harga USD2,199 belum termasuk pajak. Produk ini dapat dibeli dari reseller resmi di seluruh dunia atau langsung melalui website di atas. 

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Resmi di Indonesia, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Techbiz.id - Samsung Galaxy M32 akhirnya secara resmi telah dijual di Indonesia. Ponsel pintar ini dipasarkan seharga Rp 3...