Tuesday, July 27, 2021
Home News Infografik Infografik: Evolusi Internet dari Masa ke Masa

Infografik: Evolusi Internet dari Masa ke Masa

Must Read

Metrodata Siap Dukung Kebutuhan Super App Perbankan

Techbiz.id - PT Mitra Integrasi Informatika (MII) — salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics siap menjadi mitra bagi industri perbankan...

Telkomsel Sediakan Paket Darurat

Techbiz.id - Untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih terjangkau di tengah keterbatasan, Telkomsel menghadirkan Paket Darurat. Terdapat juga ragam...

Konsep Shoppertainment Jadi Tren Pemasaran Mega Sales

Techbiz.id - Konsep Shoppertainment atau belanja sambil mencari hiburan diprediksi akan merajai tren pemasaran selama periode festival belanja atau...

Kolaborasi Tokko dan LinkAja Dorong Inklusi Digital UMKM

Techbiz.id - Platform pembuatan toko online, Tokko, mengumumkan kolaborasinya dengan LinkAja. Kolaborasi Tokko dan LinkAja ini bertujuan mengedukasi UMKM...

Rekomendasi Hp Realme dengan Tiga Kamera Terbaru 2021

Techbiz.id - realme menjadi vendor handphone (hp) yang menghadirkan beragam perangkat dengan tiga kamera. Perpaduan ketiga lensa itu dihadirkan realme...

Techbz.id – Internet of Things merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang sangat pesat saat ini sebagai hasil dari evolusi panjang teknologi internet.

Techbiz.id ingin mengajak anda untuk mengetahui bagaimana perjalanan teknologi internet ini sampai dengan era “internet of things” seperti sekarang dalam infografik berikut.

Evolusi Internet dari Masa ke Masa

evolusi internet

Pra Internet

Pra internet adalah masa dimana belum ada internet dan komunikasi dilakukan hanya melalui telepon baik itu telepon kabel atau telepon genggam dan SMS.

Baca juga: Infografik: Evolusi Jaringan Seluler dari 1G ke 5G

Internet of Content

Masa ini ditandai dengan hadir dan berkembangnya teknologi “World Wide Web (www)” dimana layanan email dan aplikasi berbagi pesan mulai digunakan untuk berkomunikasi.

Internet of Services

Ditandai dengan hadirnya teknologi WEB 2.0 yang berhasil secara masif merubah wajah dan fungsionalitas dari internet. Di masa ini kita semakin sering menggunakan internet baik untuk berkomunikasi maupun untuk kebutuhan lainnya. Teknologi seperti “e-commerce dan e-productivity” lahir di masa ini.

Internet of People

Saat ini kita hidup di masa yang bisa kita sebut sebagai masa “Internet of People” dimana manusia bisa saling terhubung melalui banyak cara setiap saat tidak hanya melalui telepon dan SMS.

Di masa ini platform sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Skype, Youtube dan yang lainnya lahir. Tetapi hingga saat ini teknologi yang ada hanya mempermudah komunikasi antar manusia saja.

Internet of Things

Di masa ini komunikasi yang dapat diciptakan oleh internet tidak hanya terjadi pada manusia, melainkan merambah pada mesin atau perangkat teknoogi lainnya.

Di masa ini mesin menjadi lebih pintar dan seperti manusia mereka masing-masing memiliki identitas tersendiri yang unik Ditambah dengan terus berkembangnya teknologi seperti Ai semakin mempercepat kita masuk ke masa ini.

Singkatnya era IoT adalah masa dimana jaringan mesin-mesin cerdas yang masing-masing memiliki identitas unik, dan dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya untuk berbagi data dan melakukan pekerjaan cerdas tertentu.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Resmi di Indonesia, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Techbiz.id - Samsung Galaxy M32 akhirnya secara resmi telah dijual di Indonesia. Ponsel pintar ini dipasarkan seharga Rp 3...