Monday, July 26, 2021
Home DigiBiz Kolaborasi Tokko dan LinkAja Dorong Inklusi Digital UMKM

Kolaborasi Tokko dan LinkAja Dorong Inklusi Digital UMKM

Must Read

Mengintip Spesifikasi Redmi Note 10 5G yang Tiba Pekan Ini

Techbiz.id - Xiaomi memastikan Redmi Note 10 5G akan meluncur pada 22 Juli mendatang. Lantas bagaimana spesifikasi Redmi Note...

Samsung Galaxy S21 FE Diprediksi Batal Meluncur di Galaxy Unpacked

Techbiz.id - Samsung kini tengah bersiap untuk menggelar acara Galaxy Unpacked kedua di tahun ini, tepatnya akan digelar pada...

Beli Xiaomi dapat Diskon 50% Belajar Online di Pahamify

Techbiz.id - Xiaomi dan Pahamify memperkenalkan program "Back to School" yang menawarkan sejumlah manfaat untuk pembelian segala jenis smartphone untuk menyambut...

Tablet HarmonyOs Huawei Siap Ramaikan Pasar Indonesia

Techbiz.id - Huawei memastikan tablet pertama yang didukung oleh sistem operasi HarmonyOS 2, HUAWEI MatePad 11, akan tersedia untuk...

Rekomendasi Hp Oppo Harga Rp 1 Jutaan Terbaru 2021

Techbiz.id - Oppo termasuk brand teknologi yang cukup aktif meramaikan pasar handphone (hp) di Indonesia. Hp yang dirilis Oppo...

Techbiz.id – Platform pembuatan toko online, Tokko, mengumumkan kolaborasinya dengan LinkAja. Kolaborasi Tokko dan LinkAja ini bertujuan mengedukasi UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi bisnis mereka lewat pembuatan kanal toko online melalui fitur website gratis yang disediakan Tokko.

Kerja sama ini menargetkan lebih dari 65.000 merchant LinkAja yang akan mendapat pelatihan digital melalui Webinar dan juga pendampingan dalam upaya mendigitalisasikan bisnis mereka dengan metode edukasi yang disediakan oleh aplikasi Tokko.

Peresmian kolaborasi Tokko dan LinkAja tersebut ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan secara virtual oleh kedua perwakilan dari PT. Beegroup Financial Indonesia (Tokko) dan PT. Fintek Karya Nusantara (LinkAja) pada tanggal 2 Juli 2021. 

Mewakili Tokko, VP of Acquisition and Growth PT Beegroup Financial Indonesia, Arlan Andhika mengatakan kerja sama ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang Tokko untuk mengambil peran dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia lewat teknologi digital. Kondisi pandemi saat ini tentunya membuat para pelaku UMKM dihadapkan dengan ketidakpastian bisnis karena ketergantungan mereka terhadap transaksi offline.

“Sinergi dengan LinkAja ini bertujuan saling memperkuat kedua pihak dalam mengembangkan kualitas produk dan mengedepankan peningkatan teknologi, khususnya di periode pandemi. Selain itu, keterbukaan akses terhadap keahlian kedua pihak diharapkan mampu menghadirkan solusi yang tepat untuk produk dan ekosistem yang tangguh bagi UMKM Indonesia,” kata Arlan.

Kolaborasi Tokko dan LinkAja

Dalam tahap awal kerja sama, Tokko dan LinkAja akan menjalankan pilot project berupa pelatihan online melalui webinar yang akan diberikan oleh Tokko kepada mitra LinkAja, yang menjual berbagai produk di kategori seperti makanan, minuman, busana, kecantikan dan kesehatan, serta kebutuhan rumah tangga. 

Kerja sama strategis yang dilakukan oleh Tokko dan LinkAja ini juga bertujuan untuk mendukung mitra UMKM dari Tokko agar mendapatkan visibilitas yang lebih luas sehingga mitra Tokko dapat menjangkau pengguna LinkAja melalui special banner yang akan ditampilkan pada aplikasi LinkAja. Terlebih pada periode PPKM, inisiatif ini juga diharapkan dapat membantu merchant LinkAja mentransformasi bisnis mereka dari offline ke online. 

Kepala Bagian Pengembangan Ekosistem Mikro dan Pariwisata PT. Fintek Karya Nusantara, Anugrah Nanda Wijaya menyambut baik kerja sama yang terbangun dengan Tokko.Ini sejalan dengan semangat LinkAja dalam mewujudkan cashless society di Indonesia sekaligus membantu percepatan terwujudnya kemudahan transaksi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. 

“Di era digital ini, platform online banyak dimanfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan bagi sebagian besar orang. Kolaborasi LinkAja dengan Tokko ini mengupayakan para pelaku UMKM agar dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya, yaitu dengan menyediakan platform online agar para pebisnis dapat memperoleh pelanggan baru tambahan untuk toko mereka,” kata Anugrah.

Tokko, aplikasi yang hadir sejak Oktober 2020, merupakan bagian dari PT BeeGroup Financial Indonesia yang menaungi aplikasi pencatatan keuangan populer BukuKas. Dalam 10 bulan sejak diluncurkan, Tokko telah menggandeng 1,4 juta mitra dan 400.000 pengguna aktif yang tersebar di lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia.

Hingga Juni 2021, LinkAja telah memiliki 71 juta pengguna terdaftar yang tersebar di kota tier dua dan tiga, dan di antaranya ada sebanyak 1,1 juta mitra UMKM  dari seluruh pengguna yang terdaftar pada platform LinkAja.

Ke depannya, Tokko dan LinkAja akan terus berupaya untuk mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan platform digital serta lebih familiar terhadap mekanisme penjualan online, khususnya di era digital. Kemitraan ini juga memperkuat sinergi kedua pihak guna mengambil peran dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Update Harga Redmi Note 9 Juli 2021, Turun Rp 500 Ribu!

Techbiz.id - Hadir di Indonesia dengan dua kapasitas, salah satu Redmi Note 9 kini dibanderol dengan harga yang lebih...