Senin, Agustus 15, 2022
BerandaDevicesOppo Kembangkan ISP Sendiri, Kamera Diklaim Lebih Ciamik

Oppo Kembangkan ISP Sendiri, Kamera Diklaim Lebih Ciamik

Must Read

Techbiz.id – Tak hanya sekedar merilis perangkat, vendor smartphone juga melakukan riset dan pengembangan (R&D) teknologi yang dapat dikembangkan pada perangkat mereka masing-masih.

Seperti yang dilakukan oleh Oppo, dimana banyak berinvestasi dalam R&D, bahkan memiliki persentase yang signifikan untuk meningkatkan teknologi kameranya. Investasi ini telah terbayar dengan Find X3 Pro sebagai bukti dengan menawarkan fitur kamera yang luar biasa.

Tidak hanya sampai disitu, menurut laporan baru, Oppo tengah berupaya mengembangkan hardware kamera yang berfungsi untuk memproses gambar dari kamera (Image Signal Processor/ISP).

Informasi itu terungkap setelah leaker populer asal Cina, Digital Chat Station mengunggah dalam akun Weibo-nya. Menurut keterangannya, ISP milik Oppo yang masih dalam pengembangan ini nantinya akan digunakan untuk meningkatkan kualitas kamera ponsel menjadi lebih baik.

Sebagai informasi, ISP merupakan prosesor khusus di dalam SoC yang bertanggung jawab dalam pengolahan gambar, berbeda dengan GPU yang berguna untuk mengolah grafis di layar.

Baca juga: Oppo Reno6 Bakal Punya Fitur Bokeh Sinematik

Dilansir dari Gizmochina (7/7), ada kemungkinan teknologi kamera ISP milik Oppo tersebut akan diadopsi pada smartphone Find X4 Series atau Find X5 Series. Selain itu, tak menutup kemungkinan juga ISP Oppo itu nantinya akan hadir pada perangkat OnePlus, usai merger keduanya.

Perlu diperhatikan, informasi mengenai ISP hasil pengembangan Oppo masih sangat terbatas, sehingga belum bisa dipastikan. Namun, laporan ini muncul setelah Xiaomi yang meluncurkan ISP-nya sendiri yang dikenal sebagai Surge C1, tahun ini. Adapun ISP tersebut disinyalir bakal debut di ponsel lipat pertama Xiaomi, Mi Mix Fold.

Terkait

Artikel Terkait

Tower of Fantasy Ramaikan Industri Game Indonesia

Techbiz id - Game MMORPG, Tower of Fantasy resmi hadir secara global pada tanggal 11 Aggustus 2022. Pemain sudah...