Tuesday, July 27, 2021
Home Market Update Pasar PC Global Capai 82 Juta Unit di Q2 2021

Pasar PC Global Capai 82 Juta Unit di Q2 2021

Must Read

Bank BCA Digital Gandeng Blibli Kenalkan Aplikasi Blu

Techbiz.id - Bank BCA Digital mewujudkan keseriusannya dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia dengan meluncurkan aplikasi perbankan digital blu sekaligus menggandeng...

Harganya Rp 3 Jutaan, Ini Spesifikasi Vivo Y53s di Indonesia

Techbiz.id - Vivo kembali menambah daftar perangkatnya di Indonesia dengan memperkenalkan Vivo Y53s. Diklaim sebagai smartphone terbaik dikelasnya yang...

Rekomendasi Hp realme Harga Rp 3 jutaan Terbaru 2021

Techbiz.id - realme menghadirkan handphone (hp) di berbagai rentang harga, termasuk Rp 3 jutaan. Terdapat beragam pilihan yang tersedia bagi...

Bukan Tahun Ini, iPhone SE Gen 3 Meluncur di 2022

Techbiz.id - Rumor mengenai iPhone SE generasi 3 terus bergulir. Jika sebelumnya disebut akan hadir pada paruh kedua 2021,...

Vivo Y53s, Smartphone Buat Hiburan Harga Rp3 Jutaan

Techbiz.id - Smartphone generasi Y series terbaru Vivo Indonesia, Vivo Y53s, resmi diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan hiburan para penggunanya. Konsumen...

Techbiz.id – Perusahaan analis independen, Canalys, melaporkan penelitian terbaru yang menganalisis penjualan PC global di Q2 2021. Adapun line-up perangkat ini mencakup komputer desktop seperti all-in-one, tower, laptop, dan Chromebook.

Menurut laporan, pasar PC global secara keseluruhan naik 13 persen year-on-year (YoY) untuk Q2 tahun 2021, dengan total pengiriman sekitar 82,3 juta unit.

“Permintaan tetap tinggi, terutama karena segmen komersial yang kuat, karena urgensi yang didorong oleh pandemi bagi konsumen untuk mendapatkan PC mulai berkurang” tulis Direktur Riset Canalys, Rushabh Doshi, dalam laman resmi Canalys, Selasa (13/7).

Laporan PC global Canalys Q2 2021

Berdasarkan data, lenovo memimpin kuartal kali ini dengan mengirimkan 20 juta unit. Dibandingkan dengan 17,4 juta pada kuartal terakhir, Lenovo berhasil tumbuh 14,7 persen YoY dan berakhir dengan pangsa pasar 24,3 persen.

Sementara, HP berada pada tahta kedua dengan pangsa pasar 22,6 persen, menjual sekitar 18,6 juta unit dan tumbuh hanya 2,8 persen dalam periode yang sama.

Kemudian terdapat Dell yang menempati posisi ketiga dengan pangsa 17 persen dan pengiriman 13,9 juta unit. Diikuti oleh Apple yang menduduki posisi keempat di segmen ini, dengan pangsa pasar 7,8 persen, sekitar 6,4 juta unit.

Acer datang tepat setelah Apple dengan pangsa pasar 7,3 persen dan OEM yang tersisa menyumbang 21 persen dari seluruh pangsa pasar, dengan total mencapai 17,3 juta unit.

Sementara, posisi terakhir dihuni oleh brand ‘lain’ dengan pangsa pasar 21 persen, mengalami pertumbuhan positif mencapai 14,4 persen dari periode yang sama.

Baca juga: Pasar Smartphone Diprediksi Tumbuh 12 Persen di 2021

Adapun peningkatan PC global ini sebagian besar didorong oleh saluran penjualan komersial yang dibuat. Ke depan, industri mungkin mengharapkan  penjualan komersial naik. Pada saat yang sama, masih terdapat kendala rantai pasokan, walau mempengaruhi produksi, di sisi lain telah mengurangi waktu tunggu komponen.

Di samping itu, pasar PC global ke depannya akan melihat penjualan yang kuat masuk ke tahun depan, pasalnya komputer M1 Apple terus mengalir ke pasar. Pembaruan baru untuk ChromeOS, macOS, dan Windows 11 akan terus mendorong penjualan ke segmen tersebut.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Resmi di Indonesia, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Techbiz.id - Samsung Galaxy M32 akhirnya secara resmi telah dijual di Indonesia. Ponsel pintar ini dipasarkan seharga Rp 3...