Selasa, April 23, 2024

Pesaing TikTok, YouTube Shorts Kini Hadir di Indonesia

Techbiz.id – Setelah rilis terbatas di India akhir tahun lalu dan beta AS pada awal 2021, YouTube memperluas ketersediaan Shorts, pesaing TikTok. Fitur video pendek itu kini telah tersedia di 100 negara, termasuk Indonesia.

“Kami senang mengumumkan bahwa YouTube Shorts hadir secara global. Kami saat ini menggulirkannya ke pengguna beta di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, di mana YouTube tersedia,” tulis YouTube dalam laman resminya, dikutip Selasa (13/7).

Layaknya TikTok, Shorts juga memungkinkan pengguna YouTube mengunggah video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik. Fitur ini juga mirip dengan milik Instagram yang belum lama ini hadir di Indonesia, yakni Reels.

Namun, YouTube baru menggulirkan fitur ini secara bertahap kepada pengguna khususnya versi beta 16.27.34. Adapun fitur ini nantinya dapat ditemukan antara menu “Home” dan tanda tambah untuk unggah video.

Sejumlah ‘tools’ yang dimiliki juga serupa seperti pesaing Shorts, meliputi suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Shorts. Pengguna cukup menggulirkan layar secara vertikal untuk melihat berbagai video dari beragam pengguna.

Baca juga: Cara Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP dengan Mudah 2021

Belum bisa dipastikan kapan fitur ini akan tersedia bagi seluruh pengguna YouTube. Namun tak menutup kemungkinan akan hadir dalam waktu dekat, mengingat YouTube hingga kini masih menggulirkan fitur tersebut secara bertahap. Kita tunggu saja pembaruannya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...