Kamis, April 25, 2024

Tips Bagi Perbankan Memasuki Dunia yang Serba Digital


Techbiz.id – Nasabah bank generasi baru telah hadir dan mereka menginginkan layanan perbankan digital di ponsel, komputer, tablet, dan perangkat yang dapat diaktivasi melalui suara.

Nasabah tersebut cenderung memiliki ekspektasi digital yang lebih tinggi dan cenderung memilih berganti bank jika merasa diperlambat dalam proses pembuatan rekening baru.

Mereka menginginkan interaksi yang sederhana, nyaman, sekaligus aman dengan lembaga keuangan. Maraknya perusahaan teknologi keuangan (fintech) dan bank yang menyediakan layanan digital maupun online menawarkan semakin banyak pilihan kepada nasabah.

Baca juga: Kofax dan Microsoft Tawarkan Automasi Utang Dagang

Menurut Zakir Ahmed, Senior Vice President & GM – Asia Pacific & Japan, Kofax, dengan pasar yang terus berubah, bersikap reaktif saja tidak cukup bagi lembaga keuangan untuk mampu bersaing.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat diambil oleh bank dan lembaga keuangan saat ini untuk mengantisipasi perkembangan zaman:

Pastikan interaksi pertama bersifat digital dan mudah.

Digitalisasikan proses yang dulunya memerlukan dokumentasi berbasis kertas agar nasabah tidak perlu mengirim dokumen melalui pos, faks, atau datang ke kantor cabang, terutama jika terkait pembukaan rekening baru. Automasikan pemeriksaan identitas dengan tetap menjaga kepatuhan terhadap peraturan dan keamanan.

Sediakan akses perbankan omnichannel yang mulus.

Nasabah masa kini ingin bisa memulai proses di satu saluran, misalnya smartphone, kemudian keluar dan meneruskan proses tersebut di saluran lain jika perlu. Mereka mengharapkan transparansi dan kecepatan dalam pengalaman digital mereka, termasuk dari bank.

Kenali nasabah

Saluran mana yang paling sering digunakan nasabah Anda? Ponsel, browser, datang langsung ke kantor cabang, atau kombinasi hal-hal tersebut? Transaksi mana yang ingin mereka selesaikan secara online ketimbang datang langsung? Gunakan analitik cerdas untuk mengamati perilaku dan kecenderungan nasabah. Usahakan menghemat biaya di area yang paling tidak penting bagi nasabah dan hadirkan pengalaman yang lebih baik pada aspek yang mereka inginkan.

Ganti platform untuk menyederhanakan proses bisnis

Berhentilah menghabiskan uang untuk sistem lama. Menyederhanakan dan mendigitalisasi proses bisnis melalui automasi cerdas adalah cara terbaik untuk menjaga nilai investasi TI sebelumnya, sekaligus memungkinkan Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada nasabah.

Banyak hal yang bergantung pada proses inisiasi, sehingga penting untuk membuatnya sederhana dan tidak merepotkan. Bank dan lembaga keuangan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepada nasabah yang telah melek digital dewasa ini, bahwa mereka siap memenuhi kebutuhan nasabah sekaligus meningkatkan sistem agar dapat menghadirkan layanan perbankan digital secara mulus.

Dengan berinvestasi pada teknologi yang membantu meningkatkan pengalaman pelanggan saat ini juga, bank dan bisnis sektor keuangan berpeluang membangun hubungan erat dengan nasabah yang melampaui kepemilikan rekening semata.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...