Jumat, April 19, 2024

Anti Penuh, Ini Cara Agar Memori HP Jadi Lega!

Techbiz.id – Memori internal pada Handphone (HP) saat ini memang cukup besar kapasitasnya. Bahkan ada yang sampai menawarkan kapasitas 512GB.

Namun, tahukah kamu kalau seiring berjalannya waktu memori internal akan semakin berkurang?

Apalagi jika kamu terus mengunduh file berukuran besar atau aplikasi berat pada perangkat tersebut. Alhasil, kapasitas memori internal yang tersedia semakin terkuras.

Lalu bagaimana cara agar memori HP jadi lega?

Guna menjawab itu, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Cara agar memori HP jadi lega

1. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Langkah ini menjadi awalan yang paling penting. Dari sekian banyak aplikasi yang ada di handphone kamu, pilih aplikasi yang tidak kamu perlukan atau setidaknya, paling jarang digunakan.

Kamu juga bisa memilih opsi sort by usage storage untuk mensortir aplikasi berdasarkan ukurannya.

Sementara, unruk mencopot pemasangan (uninstall) aplikasi, bisa dilakukan melalui menu Settings kemudian, pilih opsi Apps > Manage Apps.

Cara lain dapat dilakukan hanya dengan menekan sambil menahan ikon aplikasi tersebut hingga muncul pop-up ‘uninstall’ atau ‘hapus’.

Baca juga: Cara Menghapus Seluruh Data Ponsel Sebelum Dijual

2. Rajin bersihkan cache

Meski terdengar cukup sepele, nyatanya membersihkan file cache juga membantu memori HP kamu menjadi lebih lega. Apalagi, jika kamu rajin membersihkan cache dalam perangkat.

Hal ini karena setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing yang membutuhkan ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk.

Oleh sebab itu kamu harus membersihkannya. Caranya hanya tinggal membuka Settings > Apps > Manage Apps.

3. Sediakan penyimpanan tambahan

Agar handphone kamu tidak memakai memori internal untuk menyimpan file seperti foto, video, musik, hingga dokumen yang berukuran besar, maka memerlukan penyimpanan tambahan.

Penyimpanan tambahan itu bisa berupa MicroSD. Apalagi kini tersedia beragam kapasitas MicroSD. Di sisi lain, handphone juga sudah banyak yang mendukung MicroSD tambahan, bahkan hingga kapasitas 1 TB.

Baca juga: Cara Kirim Foto dan Video Sekali Lihat di WhatsApp

4. Simpan File di MicroSD atau Cloud

Jika kamu sudah menambahkan penyimpanan tambahan, maka tahap berikutnya adalah menyimpan atau memindahkan file ke dalamnya.

Namun, jika ternyata perangkat kamu tidak mendukung slot MicroSD, maka bisa menggunakan penyimpanan Cloud sebagai alternatif.

Dengan begitu, memori internal HP kamu akan tetap lega, karena tak lagi menyimpan file-file tadi.

Itulah tadi cara agar memori HP jadi lega. Mudah bukan? Silahkan mencoba!

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...