Selasa, April 23, 2024

Aplikasi MAKMUR Tawarkan Kemerdekaan FInansial

Techbiz.id – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, PT Inovasi Finansial Teknologi menghadirkan MAKMUR, aplikasi investasi reksadana untuk membantu milenial Indonesia meraih kemerdekaan finansial sedari dini.

Seperti diketahui, merdeka finansial alias financial freedom yang dipopulerkan oleh pakar keuangan asal Amerika, Robert T Kiyosaki merupakan kondisi dimana seseorang memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar semua kebutuhan hidup tanpa bekerja. Penghasilan yang dimiliki tanpa bekerja itu biasa dinamakan penghasilan pasif.

Momen ini kerap kali dikaitkan dengan usia, dimana pencapaian ini dipercaya mampu terwujud saat memasuki usia pensiun. Namun dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, menggunakan platform yang tepat dapat mempercepat seseorang dalam meraih kemerdekaan finansialnya.

Aplikasi MAKMUR yang telah mendapatkan Izin APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) dari OJK Pasar Modal pada 5 Februari 2021 nomor KEP-3/PM.21/2021 menyediakan beragam pilihan investasi reksadana dan telah menggandeng delapan Manajer Investasi ternama seperti BNI Asset Management, Bahana TCW Investment Management, Trimegah Asset Management, Avrist Asset Management, Capital Asset Management, RHB Asset Management, FWD Asset Management, dan Syailendra Asset Management.

Baca juga: 7 Tips Mengelola Keuangan Bagi Milenial saat PPKM Darurat

Sander Parawira, Founder dan CEO MAKMUR, mengatakan MAKMUR hanya bekerja sama dengan Manajer Investasi yang memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik. MAKMUR menyeleksi lagi produk Reksa Dana yang mereka tawarkan berdasarkan kinerja masa lalu, top holdings, dan biaya manajemen dari masing-masing Reksa Dana. Terdapat berbagai jenis investasi yang bisa dipilih, diantaranya Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Syariah, Reksa Dana Indeks, dan Reksa Dana USD.

Menurut Sander, platform investasi yang ditawarkannya ini berbeda dengan platform yang banyak beredar karena hanya di MAKMUR yang menawarkan keunggulan technology enabled human advisor yang biasanya hanya tersedia untuk nasabah prioritas serta dilengkapi dengan fitur keamanan yang akan membuat penggunanya merasa nyaman dalam berinvestasi menggunakan aplikasi MAKMUR.

“Tidak seperti aplikasi lain di mana semua investasi kamu campur aduk di dalam satu kantong, di aplikasi MAKMUR menggunakan konsep “Goal Based Investing” dimana pengguna milenial bisa membuat berbagai kantong untuk masing-masing kebutuhan seperti kantong untuk dana darurat, kantong untuk persiapan pensiun, dan kantong untuk biaya pendidikan anak,” ungkap Sander yang merupakan jebolan Master of Science dari Stanford University.

MAKMUR aplikasi investasi reksadana dijelaskan Sander juga memiliki fitur unggulan “MAKMUR Recipe”. Dengan fitur ini, investor pemula tidak perlu repot lagi membanding-bandingkan Reksa Dana atau pusing memikirkan alokasi Reksa Dana yang tepat. Fitur ini memungkinkan investor pemula untuk mengikuti resep investasi yang sudah diracik oleh investor profesional. Resep investasi akan berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi ekonomi yang terjadi untuk memaksimalkan potensi keuntungan investor sekaligus meminimalkan potensi kerugian.

“Ada resep investasi untuk semua tipe investor, mulai dari investasi dengan risiko sangat rendah sampai investasi dengan potensi keuntungan tinggi. Ada juga resep investasi yang memberikan kamu dividen secara rutin untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan pasif,” imbuh Sander yang juga merupakan mantan Head of Quantitative Trading di Virtu Financial, salah satu perusahaan trading saham terbesar di Wall Street.

Kemudahan pembukaan rekening

Sejak dari pendaftaran pengguna, aplikasi MAKMUR sudah membantu calon investor dengan menghadirkan teknologi OCR (Optical Character Recognition) dan Face Recognition.

Teknologi OCR MAKMUR dapat membaca tulisan di KTP sehingga calon investor tidak perlu repot memasukkan data satu per satu sedangkan teknologi Face Recognition MAKMUR dapat membandingkan wajah calon investor dengan foto di KTP.

Teknologi ini memungkinkan calon investor untuk menyelesaikan proses pendaftaran hanya dalam 5 menit. Calon investor cukup menyiapkan KTP untuk memulai proses pendaftaran. Dalam 30 menit (jam kerja) calon investor sudah dapat mulai berinvestasi jika datanya terverifikasi.

Keamanan aplikasi

Fitur keamanan yang ada dalam aplikasi MAKMUR adalah enkripsi 256 bit standar bank sehingga data investor tidak dapat dibaca pihak yang tidak berhak, otentikasi 2 faktor (OTP dan PIN) untuk memastikan hanya pemilik rekening yang sah yang bisa masuk ke aplikasi MAKMUR dan juga otentikasi biometrik (fingerprint identification atau face identification) agar pemilik rekening dapat masuk ke aplikasi MAKMUR tanpa memasukkan PIN.

Kecanggihan teknologi yang dihadirkan MAKMUR dalam aplikasi miliknya ini tidak terlepas dari latar belakang Sander Parawira di industri digital internasional. Saat menjadi Software Engineer Facebook, Dia bertanggung jawab atas algoritma pengurutan postingan di News Feed Facebook. Algoritma buatan Sander menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk mempelajari preferensi setiap pengguna dan kemudian menempatkan postingan yang menarik untuk pengguna tersebut di posisi yang lebih atas.

Kemudahan investasi

Untuk memulai investasi dapat dilakukan hanya dengan Rp 10.000 saja. Khusus bagi kalian yang ingin memulai investasi di MAKMUR, akan ada cashback untuk pembelian Reksa Dana Capital Asset Management dan Avrist Asset Management selama bulan Agustus 2021.

Selain itu, MAKMUR juga memberikan cashback untuk pembayaran menggunakan Shopee Pay dan Link Aja. Platform ini juga bekerjasama dengan Traveloka dan Grab dalam loyalty program, sehingga akan ada bonus yang menarik hanya dengan menukarkan poin.

“Dalam waktu dekat kami juga akan merilis metode pembayaran melalui Virtual Account dan Gopay. Selanjutnya MAKMUR juga akan menambahkan OVO, Dana, dan Direct Debit dari bank investor untuk memudahkan investor dalam bertransaksi,” kata Sander.

Kalian yang tertarik untuk berinvestasi sejak dini dan mengenali lebih jauh tentang MAKMUR aplikasi investasi reksa dana, bisa mengunjungi website MAKMUR di www.makmur.id atau mengunduh aplikasi MAKMUR baik melalui Play Store maupun App Store.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...