Kamis, Februari 9, 2023

Hadirkan Envion, Telkomsel Tambah Portofolio Solusi IoT

Techbiz.id – Telkomsel kembali menghadirkan layanan solusi Internet of Things (IoT) miliknya dengan menghadirkan Telkomsel IoT Envion yang merupakan sistem monitoring energi secara realmtime untuk mendukung operasional perusahaan.

Layanan ini juga dhadirkan Telkomsel sebagai bentuk komitmen menghadirkan teknologi untuk kemajuan bangsa melalui penerapan produk dan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun lintas industri.

Telkomsel IoT Envion ini menurut Direktur UtamaTelkomsel, Hendri Mulya Syam membidik segmen konsumen korporasi, baik dari industri telekomunikasi, finansial, hingga manufaktur.

“Solusi ini bisa digunakan oleh para pelaku bisnis dari berbagai industri, seperti industri telekomunikasi, manufaktur, finansial dan perbankan, hingga peritel,” ujar Hendri.

Baca juga: Telkomsel Terapkan NB-IoT untuk Solusi Smart Water Meter

Solusi Telkomsel IoT Envion ini juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufaktur, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center yang sangat bergantung pada pasokan listrik sehingga berpotensi besar mengalami kerugian apabila terjadi insiden pada suplai energi.

Telkomsel IoT Envion

Layanan ini masuk ke segmen industrial dengan membawa enam fitur, mulai dari fungsi monitoring secara real time, fungsi monitoring aset manajemen secara akurat, mengoptimasi konsumsi energi dan penggunaannya di setiap area perusahaan, monitoring dashboard, sistem peringatan jika ada gangguan atau operasional yang tidak wajar, dan fungsi analisis konsumsi energi berteknologi artificial intelligence.

Data-data yang yang disajikan oleh Telkomsel IoT envion ini terkoneksi ke internet melalui Cloud. Untuk itu, perusahaan juga dapat melakukan proteksi seluruh data yang terkirim ke sistem Cloud dari ancaman malware atau kejahatan siber lainnya.

“Inovasi ini menjadi spirit bagi Telkomsel sebagai digital connectivity enabler untuk terus berinovasi menghadirkan solusi untuk memenuhi kebutuhan business to business (B2B). Khususnya, layanan berbasis IoT yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan lintas sektor industri dalam rangka memperkuat ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” imbuh Hendri.

Layanan Telkomsel IoT Envion saat ini telah diimplementasikan oleh TelkomInfra untuk kebutuhan dukungan Data Center perusahaan. Dalam pemanfaatan solusi ini Telkomsel menghadirkan Battery Monitoring System (BMS) untuk mendukung kebutuhan Data Center perusahaan yang keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkom Infra secara real time hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.

Selain bersama TelkomInfra, menurut Alfian Manullang, VP Telkomsel IoT. solusi ini juga sudah diimplementasikan oleh perusahaan manufaktur untuk memantau kinerja alat produksi dimana sebanyak 62% biaya dari perusahaan manufaktur ini berasal dari alat yang bergerak.

Terkait

Artikel Terkait

Status Whatsap Ada Fitur Baru Buat Penggunanya

Techbiz.id - Whatsapp kini menghadirkan fitur baru pada status di WhatsApp untuk memudahkan pengguna mengekspresikan diri serta terhubung dengan...