Sabtu, Oktober 1, 2022

Hasilkan Audio yang Jernih, Ini 5 Rekomendasi TWS Terbaik Oppo

Techbiz.id – Menghadirkan True Wireless Stereo (TWS) terbaik dengan audio yang jernih bukanlah hal yang sulit bagi brand seperti Oppo.

Hal ini karena Oppo menjadi brand teknologi yang kerap kali meluncurkan TWS dengan kualitas audio yang tak main-main.

Lalu, apa saja TWS Terbaik Oppo yang sudah tersedia di Indonesia? Simak selengkapnya!

TWS Terbaik Oppo dengan Audio Jernih

Oppo Enco X

Rekomendasi yang paling pertama adalah Oppo Enco X yang merupakan hasil pengembangan selama 15 tahun.

TWS terbaik oppo

Oppo secara khusus telah mengeksplorasi 30 jenis material berbeda dan 152 komponen, serta melalui 120 modifikasi struktural sebelum akhirnya memutuskan struktur akustik final yang unik untuk Oppo Enco X, yaitu kombinasi driver membran yang seimbang dengan driver dinamis yang dibuat dengan struktur koaksial khusus.

Enco X juga dibekali dengan Dynamic Bass Enhancement Engine (DBEE) 3.0 Sound System yang mampu meningkatkan kejernihan suara, terutama pada frekuensi bass-nya secara signifikan.

Layaknya produk audio kelas atas, Oppo Enco X menggunakan Coaxial Dual-Driver Design dengan dua buah speaker terpasang guna menjaga keseimbangan antara frekuensi audio high dan mid-to-low.

Pada bagian depan, unit speaker yang lebih kecil menggunakan Magnetically Balanced Membrane Driver untuk menjaga kualitas suara pada frekuensi tinggi agar memiliki audio resolution yang jernih.

Sementara di bagian belakang, Enco X mengadopsi Dynamic Driver berukuran lebih besar dengan triple layer design untuk frekuensi audio menengah dan rendah, serta menambah power pada suara bass-nya.

Oppo turut menambahkan fitur andalan lain, seperti Max Noise Cancellation dan Noise Cancellation yang dapat membantu mengurangi kebisingan di sekitar.

Secara desain, Oppo Enco X memiliki tampilan yang presisi dengan berbobot 4,8 gram dan menggunakan kemasan compact berbahan aluminium kokoh yang sekaligus berfungsi sebagai charging case.

Di Indonesia, Oppo Enco X memiliki dua varian warna Black and White dengan harga jual resmi Rp 2.199.000.

Oppo Enco Free

Oppo Enco Free layak menjadi rekomendasi selanjutnya. TWS Oppo ini memiliki driver berukuran 13,4mm yang menjanjikan bass dengan kualitas lebih dinamis.

TWS terbaik oppo

Oppo melengkapinya dengan fitur AI noise reduction yang mampu mencegah dan mengurangi kebisingan suara dari luar. Sehingga, audio yang dihasilkan akan terasa lebih jernih tanpa ada noise.

Menariknya, Oppo Enco Free sudah dilengkapi dengan IPX4 yang memiliki ketahanan terhadap air. Fitur yang cukup menarik lainnya adalah touch control (kontrol sentuh) yang terletak pada earphone sebelah kiri.

Kontrol sentuh itu ditandai dengan sebuah garis bewarna abu-abu. Seusai dengan namanya, pengguna dapat menyentuh earbuds untuk menjalankan fungsi sesuatu.

Salah satunya adalah mengontrol volume dengan cara mengusap area garis abu-abu ke atas untuk menaikkan volume dan mengusap ke bawah untuk menurunkan volume.

Untuk aspek daya, TWS Oppo ink dibekali baterai berkapasitas 31 mAh dengan charging case yang mengemas baterai berkapasitas 410 mAh. Oppo mengklaim dengan volume 50 persen, Enco Free dapat digunakan selama lima jam dalam sekali isi daya. Dengan semua spesifikasi tadi, Oppo Enco Free dipatok seharga Rp 1.599.000.

Baca juga: Rekomendasi HP Oppo dengan Snapdragon Terbaru 2021

Oppo Enco Air

Dengan banderol Rp 999 ribu, Oppo Enco Air mampu menawarkan audio yang berkualitas. TWS Oppo ini mendukung pengkodean definisi tinggi dan subband codec (SBC). Kemampuan pengkodean AAC yang sangat tinggi memberikan hampir setiap detail pada suara.

oppo enco air, TWS terbaik oppo

Oppo Enco Air juga mengadopsi teknologi beamforming mikrofon ganda, dimana pada setiap Earphone memiliki dua mikrofon internal yang sangat sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vocal.

Tersedia juga algoritma AI intensif yang memanfaatkan DNN untuk meredam kebisingan. Algoritma peredam bising pintar ini merangsang pendengaran binaural manusia untuk membedakan dan memisahkan suara manusia serta kebisingan latar belakang secara real-time.

Desainnya yang ergonomis dan dirancang khusus dengan lekukan alami telinga manusia memberikan pengalaman dan kenyamanan yang maksimal ketika memakainya.

Kemudian, berkat adanya sertifikasi IPX4, pengguna juga tak perlu khawatir apabila terkena cipratan air. Apalagi, Oppo Enco Air dirancang untuk penggunaan streaming sepanjang hari, sehingga dapat bertahan hingga 4 jam jika digunakan berkelanjutan.

Selain itu, TWS ini turut membawa teknologi Active Noise Cancellation, berbeda dengan pendahulunya Enco W51 yang hanya sebatas Noise Cancellation. Oppo Enco Air hadir dalam balutan warna misty white dan misty black.

Oppo Enco Buds

Di samping harganya yang terjangkau, Oppo Enco Buds juga memiliki kualitas suara yang tak bisa diragukan terutama bagi penikmat musik.

Itu dapat terjadi lantaran Oppo Enco Buds hadir dengan koil bergerak 8 mm. Perlu diketahui, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah, memungkinkan bass yang lebih dalam.

Enco Buds juga mendukung AAC (Advanced Audio Coding), protokol transmisi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik.

Tidak hanya asik untuk mendengarkan musik, TWS Oppo ini juga memiliki fitur peredam bising model DNN yang menggunakan algoritma cerdas untuk membedakan suara manusia dari kebisingan latar belakang saat pengguna sedang menelepon.

Koneksinya juga cukup stabil, pengguna tetap dapat melakukan panggilan telepon meski berada sekitar 10 meter dari smartphone. Hal menarik lainnya adalah Enco Buds secara otomatis dapat aktif hanya dengan membuka charging case. Untuk harganya juga sangat terjangkau, yakni senilai Rp 599 ribu.

Baca juga: Rekomendasi Hp 5G Oppo di Indonesia

Oppo Enco W51

Oppo Enco W51 hadir dengan mengandalkan fitur Active Noise Cancellation. Oppo menggunakan tiga mikrofon pada setiap bud bersama dengan chip reduksi gangguan digital inti ganda untuk mengurangi kebisingan hingga 35 dB.

TWS terbaik oppo

Sehingga, audio yang dihasilkan menjadi lebih jernih. TWS Oppo ini mengemas driver dinamis 7mm yang dilengkapi dengan diagram graphene komposit TPU Ganda untuk meningkatkan respons audio dan kinerja treble.

Enco W51 juga mendukung kontrol sentuh yang sangat mempermudah dalam menjalankan aktivitas, seperti halnya mengganti musik hanya dengan mengetuk dua kali.

Untuk daya tahan, TWS ini mengemas baterai 25mAh pada setiap bud dan casing pengisi daya memiliki sel 480mAh. Oppo mengklaim bahwa pada volume 50%, Enco W51 dapat menyediakan pemutaran musik selama 3,5 jam dengan sekali pengisian daya dengan ANC diaktifkan, dan 4 jam dengan ANC dimatikan.

Desain Buds dan casing-nya juga terbilang presisi dan compact, memudahkan untuk dibawa dan disimpan dimana pun. Di tanah air, Enco W51 dibanderol dengan harga Rp1.299.000.

Terkait

Artikel Terkait

5 Kelebihan Wuling Almaz EX, yang Terakhir Indonesia Banget

Techbiz.id - Wuling Almaz Exclusive atau dikenal Almaz EX menjadi salah satu tipe yang cukup banyak menjadi pilihan konsumen...