Sabtu, Oktober 1, 2022

Huawei Bakal Garap Ponsel Layar Gulung?

Techbiz.id – Huawei tampaknya mempertimbangkan untuk menggarap ponsel layar gulung, alih-alih layar lipat seperti yang sudah dimilikinya.

Informasi ini terungkap setelah perusahaan asal Tiongkok itu mengajukan paten yang diterbitkan oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Kemudian, situs web LetsGoDigital menampilkan ilustrasi yang memberikan gambaran tentang desain perangkat.

Ponsel layar gulung Huawei

Dilansir dari Gizchina (8/8), ponsel Huawei dengan layar gulung ini akan memiliki layar POLED fleksibel dengan lapisan berupa substrat plastik. Perangkat ini menggunakan mekanisme pendukung khusus berdasarkan magnet.

Saat dibuka sepenuhnya, smartphone akan dapat berfungsi sebagai tablet kecil. Ini memiliki layar seluas 11 inci, merenggang sebanyak 70 persen dibandingkan dengan posisi layar awal, yakni 6,5 inci.

Jika diperhatikan, dalam bentuk portabel, desain paten smartphone layar gulung Huawei ini serupa dengan konsep Xiaomi Mi Mix Alpha. Terdapat kamera multi-modul dengan susunan elemen vertikal tang ditempatkan pada bagian belakang. Ilustrasi paten menunjukkan tiga unit optik, tetapi konfigurasinya kemungkinan berbeda.

Ponsel layar gulung Huawei

Sayangnya, sejauh ini masih sekedar paten, ilustrasi hanya menjadi gambaran kecil, belum bisa dipastikan seutuhnya. Namun, apabila benar akan muncul di pasar komersial, maka perangkat layar gulung Huawei itu diperkirakan bakal disebut Mate X Rollable.

Baca juga: Seharga Rp 2 Jutaan, Huawei Freebuds 4 Andalkan Fitur Noise Cancellation

Selain itu, perlu diketahui bahwa Huawei bukan satu-satunya vendor smartphone yang mengembangkan perangkat dengan layar gulung. Pada November 2020 lalu, Oppo juga mengenalkan smartphone dengan layar gulung.

Dilabeli sebagai Oppo X 2021, smartphone ini membawa layar OLED dengan ukuran 6,7 inci. Saat dibuka seutuhnya, layar gulung perangkat bisa melebar hingga seluas 7,4 inci.

Terkait

Artikel Terkait

5 Kelebihan Wuling Almaz EX, yang Terakhir Indonesia Banget

Techbiz.id - Wuling Almaz Exclusive atau dikenal Almaz EX menjadi salah satu tipe yang cukup banyak menjadi pilihan konsumen...