Sabtu, Oktober 1, 2022

Instagram Kini Punya Fitur Anti-Bully

Techbiz.id – Instagram kembali menghadirkan fitur baru dalam platform mereka. Tak hanya satu, platform milik Facebook itu merilis dua fitur sekaligus, yakni Limits (batas) dan Hidden Words (kata tersembunyi).

Kedua fitur tersebut dirancang untuk mengurangi kebencian dan penyalahgunaan pada postingan pengguna yang beberapa waktu lalu sempat terjadi usai final Euro 2020.

“Fitur baru ini akan lebih melindungi orang dari melihat konten yang kasar, apakah itu rasis, seksis, homofobik, atau jenis penyalahgunaan lainnya.” tulis Adam Mosseri, Head of Instagram dalam posting blog resminya, dikutip Rabu (11/8).

Fitur anti-bully Instagram

Fitur pertama, Limits hadir untuk membantu melindungi orang ketika mereka mengalami atau mengantisipasi serbuan komentar dan DM yang kasar. Limits akan secara otomatis menyembunyikan komentar dan permintaan DM dari orang yang tidak mengikuti, atau yang baru saja mengikuti.

Instagram berdalih, fitur ini digulirkan lantaran penelitian menunjukkan bahwa banyak hal negatif terhadap tokoh masyarakat berasal dari orang-orang yang tidak benar-benar mengikuti mereka, atau yang baru saja mengikuti mereka, dan yang hanya menumpuk pada saat itu.

Di sisi lain, “Kreator juga memberi tahu kami bahwa mereka tidak ingin sepenuhnya menonaktifkan komentar dan pesan; mereka masih ingin mendengar dari komunitas mereka dan membangun hubungan tersebut.” lanjut Adam.

Sehingga, Limits hadir untuk memungkinkan pengguna seperti publik figure ataupun para kreator untuk mendengar dari pengikut lama mereka, sambil membatasi kontak dari orang-orang yang mungkin hanya datang untuk menargetkan pengguna tersebut.

Tak hanya itu, untuk membantu melindungi orang dari penyalahgunaan dalam permintaan DM mereka, Instagram turut memperkenalkan fitur hidden words.

Fitur tersebut secara otomatis akan menyaring kata, frasa, dan emoji yang menyinggung ke dalam Folder Tersembunyi, yang tidak perlu dibuka jika tidak mau melihatnya. Ini juga menyaring permintaan DM yang cenderung berisi spam atau berkualitas rendah.

Baca juga: Cara Membuat Link Produk untuk di Bio Instagram dan TikTok

Agar bisa menyaring kata atau frasa secara tepat, Instagram telah memperluas daftar kata, tagar, dan emoji yang berpotensi menyinggung yang secara otomatis kami filter dari komentar, dan akan terus memperbaruinya secara berkala.

Menurut Instagram, fitur ini sangat cocok bagi para kreator ataupun influencer yang memiliki banyak pengikut di akun mereka.

“(Instagram) akan terus mendorong akun dengan banyak pengikut untuk menggunakannya,” tegas Adam.

Bahkan, Instagram menambahkan opsi keikutsertaan baru ke “Sembunyikan Lebih Banyak Komentar” yang mungkin berpotensi berbahaya, meskipun mungkin tidak melanggar aturan.

“Kami meluncurkan fitur ini di beberapa negara awal tahun ini, dan akan tersedia untuk semua orang secara global pada akhir bulan ini.” pungkas Adam.

Terkait

Artikel Terkait

5 Kelebihan Wuling Almaz EX, yang Terakhir Indonesia Banget

Techbiz.id - Wuling Almaz Exclusive atau dikenal Almaz EX menjadi salah satu tipe yang cukup banyak menjadi pilihan konsumen...