Sabtu, September 18, 2021
Beranda Devices Lebih Canggih, Oppo Kenalkan Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi Baru

Lebih Canggih, Oppo Kenalkan Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi Baru

Must Read

Spotify Uji Biaya Paket Langganan yang Lebih Murah

Techbiz.id - Spotify dilaporkan tengah menguji paket langganan dengan biaya lebih terjangkau kepada sebagian pengguna. Dilabeli sebagai Spotify Plus, layanan...

Beli Emas dan Perhiasan Kini Makin Mudah dengan Lakuemas

TechBiz - Kemajuan teknologi digital saat ini memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas ekonomi dan investasi. Diantaranya yang saat ini...

Tips Aman Bertransaksi Online lewat Smartphone

Techbiz.id - Belum berakhirnya pandemi covid-19 membuat banyak masyarakat tetap memilih untuk berbelanja online dalam memenuhi kebutuhan bahan makanan, kebutuhan...

Line Capai 18 Juta Pengguna OpenChat

Techbiz.id - Sepanjang tahun 2020, LINE banyak melakukan pembaruan yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi, baik antar sesama pengguna, grup,...

Shopee Super Brand Day Gandeng Dua Merk Fashion Lokal

Techbiz.id - Dalam rangkaian kampanye 3.3 Shopee Fashion Sale, dua brand fashion Indonesia akan berkolaborasi melalui Shopee Super Brand...

Tanda Tangan Digital Jadi Faktor Penting Adopsi Digital

Techbiz.id - Salah satu infrastruktur penting bagi adopsi inovasi digital saat ini adalah tanda tangan elektronik, khususnya dalam memenuhi...

Techbiz.id – Oppo baru saja memperkenalkan teknologi kamera bawah layar generasi baru. Teknologi yang dikenal sebagai Under-Screen Camera (USC) tersebut mampu menggantikan keberadaan kamera depan tradisional.

Sehingga, teknologi USC menawarkan pengguna akan pengalaman menonton layar yang penuh secara utuh. Itu terwujud berkat teknologi Oppo yang menggabungkan inovasi perangkat keras terbaik dengan algoritma Artificial Intelligence.

Oppo melanjutkan, USC generasi baru juga berhasil memecahkan berbagai tantangan teknis yang ditemui sejak awal pengembangannya, seperti inkonsistensi layar pada area kamera depan, kualitas gambar yang dihasilkan, dan permasalahan dengan kualitas produk itu sendiri.

Kamera bawah layar Oppo

Inovasi pertama dilakukan pada piksel Geometri, dimana Oppo menghadirkan solusi baru untuk mengecilkan ukuran setiap piksel tanpa mengurangi jumlah piksel dengan memastikan tampilan kualitas tinggi pada kepadatan 400-PPI bahkan di sekitar area kamera.

Oppo juga mengganti kabel layar tradisional dengan kabel transparan yang inovatif. Dengan ini, lebar kabel dapat dikurangi hingga 50%, menghasilkan kualitas tampilan yang jauh lebih halus.

Kemudian, perusahaan juga berinovasi pada peningkatan akurasi layar, warna, dan kecerahan. Oppo memperkenalkan fitur baru dengan menggunakan teknologi layar eksklusif, dimana pada setiap rangkaian piksel hanya menggerakkan 1 piksel (“1-ke-1”).

Maka ketika dikombinasikan dengan teknologi kompensasi algoritmik yang tepat, memungkinkan kromatisitas dan kecerahan keseluruhan layar dengan tepat, hanya memiliki penyimpangan sebesar 2%. Sehingga, Oppo mampu memberikan kompensasi tampilan terbaik di area sekitar kamera di bawah layar dan meningkatkan masa pakai layar hingga 50%.

Berkaitan dengan kamera, para pengembang Oppo dari U.S. Research Institutes, telah mengembangkan serangkaian algoritma AI, termasuk pengurangan difraksi, HDR, dan Auto White Balance untuk mengurangi beberapa efek yang biasa ditemukan pada kamera di bawah layar, terutama pada hasil gambar buram dan berpendar.

Baca juga: OPPO Reno6 Series Kolaborasi Dengan Bigetron Esports

Oppo juga membuat pengurangan difraksi berbasis kecerdasan buatan dengan menggunakan puluhan ribu gambar untuk mengontrol masalah yang disebabkan oleh difraksi pada sumber cahaya, sehingga memungkinkan pengguna menangkap gambar lebih jelas dan tampak alami.

Sayangnya, belum diketahui kapan teknologi USC akan diadopsi oleh Oppo ke dalam perangkat mereka. Namun, sejauh ini Oppo telah merilis tiga generasi solusi kamera bawah layar sejak memulai pengembangan teknologi tersebut pada tahun 2018, dan mengajukan lebih dari 200 paten terkait dengan teknologi ini.

Pada tahun 2020, OPPO juga memberikan kontribusi lanjut dengan mengajukan standar pertama yang diusulkan untuk teknologi kamera bawah layar ke International Electrotechnical Commission (IEC). Pengajuan ini termasuk beberapa rekomendasi untuk 7 metrik teknis utama dalam transmisi tampilan, reflektansi, keseragaman, koreksi Gamma, pergeseran warna, dan anomali kecerahan.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

OPPO dan Tim Renang Indonesia Kampanyekan Hidup Sehat

Techbiz.id - Menggandeng tim renang Indonesia, OPPO Find X3 Pro 5G kembali menggelar kampanye OPPO Find Health untuk mendorong...