Sabtu, April 20, 2024

Mulai September, HP Android Ini Tak Bisa Pakai Layanan Google

Techbiz.id – Sejumlah pengguna handphone (Hp) Android lama ke depannya tidak akan bisa lagi mengakses atau menjalankan layanan Google, seperti Maps dan YouTube.

Kebijakan itu akan mulai berlaku bagi Hp Android 2.3.7 (Gingerbread) atau versi lebih rendah, pada 27 September 2021 mendatang. Adapun tujuan dari langkah Google ini adalah untuk memastikan keamanan akun pengguna.

Hal ini karena sistem operasi Android lama kemungkinan besar memiliki kerentanan yang belum diperbarui, sehingga berpotensi membahayakan akun seperti dikutip laman Slash Gear, Senin (2/8).

Nantinya, bagi perangkat yang menjalankan Android versi Gingerbread (atau lebih rendahnya) akan mengalami kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba mengakses layanan Google setelah tanggal 27 September.

“Jika masuk perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube dan Maps,” ujar Google.

Selain itu, ada sejumlah kasus yang akan berdampak pada kesalahan nama pengguna atau password. Seperti melakukan factory reset pada perangkat dan mencoba untuk sign in.

Kasus lain adalah saat mengganti password baik di perangkat tersebut atau perangkat lain, dan membuat logout. Sehingga, saat mencoba masuk lagi, maka tetap akan eror.

Baca juga: 6 Fitur Baru Google yang Tersedia Bagi Pengguna Android

Untuk itu, Google menyarankan untuk melakukan pembaruan jika perangkat memang mendukung untuk menerima update tersebut.

“Jika perangkat Anda memiliki kemampuan untuk memperbarui ke versi Android lebih baru (3.0+), kami menyarankan Anda untuk melakukannya,” ucap Google.

Apabila ada perangkat yang tetap menjalankan sistem operasi yang sudah berusia 10 tahun tersebut setelah 27 September, maka pengguna masih bisa memanfaatkan layanan Google lewat web browser perangkat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...