Minggu, September 26, 2021
Beranda News Alibaba Tantang Pengusaha Indonesia Kembangkan Solusi Digital

Alibaba Tantang Pengusaha Indonesia Kembangkan Solusi Digital

Must Read

Dana Menginspirasi Anak Muda untuk Membangun Bangsa

Techbiz.id - Dalam rangka memperingati sekaligus dan melanjutkan semangat Sumpah Pemuda, dompet Digital DANA ingin menginspirasi kalangan muda Indonesia...

Oppo A16 Kini Hadir dengan RAM 4GB

Techbiz.id - Dirilis pada Juli lalu, Oppo kini menambah kapasitas RAM dan memori yang lebih besar untuk Oppo A16,...

Asus Hadirkan Headset Gaming Mungil

Techbiz.id - Sebagian besar headset gaming biasanya berukuran besar, sehingga sulit untuk disimpan dalam tas penggunanya menyulitkan untuk dibawa...

Huawei Band 4 Disokong Banyak Fitur Kesehatan

TechBiz.ID - Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat smart wearable yang mendukung gaya hidup sehat ke pasar Indonesia, yaitu...

Industri Telekomunikasi jadi kunci Sukses Transformasi Digital

Techbiz.id - Di tengah pandemi yang belum usai, digitalisasi dinilai membentuk kembali lanskap industri telekomunikasi, sekaligus memberi peluang bagi...

Grab Dukung Pengembangan Lima Destinasi Wisata Super Prioritas

Techbiz.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf)  dan Grab Indonesia, menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Komunikasi Pemasaran...

Techbiz.id – Divisi Global Digital Talent (GDT) Alibaba Group mengumumkan peluncuran kompetisi Alibaba GDT Global Challenge 2021. Acara ini merupakan perlombaan bagi para pengusaha muda di seluruh dunia untuk mengembangkan solusi digital yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang terus berevolusi. 

Tema kompetisi Alibaba GDT Global Challenge tahun 2021 akan berfokus pada potensi brand direct-to-consumer (brand yang dipasarkan langsung untuk konsumen).

Tema ini relevan dengan keadaan pandemi Covid-19 yang mendorong konsumen untuk bergeser ke gaya hidup belanja online, dan menekankan pentingnya pelaku bisnis untuk menerapkan strategi digital dalam penjualan dan pemasaran produk.

Untuk pertama kalinya, para peserta juga berkesempatan untuk bermitra dengan produsen terpercaya yang direkomendasikan oleh GDT Alibaba untuk bisa bersama-sama menciptakan solusi bisnis menjadi nyata.

Para peserta terbaik Alibaba GDT Global Challenge dari tiap negara, yang akan diumumkan pada bulan November, akan bersaing di babak lanjutan dengan peserta lain dari 12 negara, termasuk Tiongkok, Kolombia, Perancis, Indonesia, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat. Tahap Final Global ini akan jatuh pada bulan Desember.

Alibaba GDT Global Challenge

“Masa depan kita akan dipimpin oleh generasi muda di masa kini. Kita telah menyaksikan banyak terobosan baru yang dicetuskan oleh para anak muda melalui kompetisi di tahun-tahun sebelumnya, dan kami sangat antusias menyambut lebih banyak lagi inovasi dan kreasi pada kompetisi GDT tahun ini, tentunya dengan bantuan para produsen terdepan,” jelas James Song, Secretary General Alibaba’s Globalization Office.

Baca juga: Alibaba Punya Teknologi Kurangi Resiko Heatstroke

Lebih lanjut, dengan menggabungkan kemahiran digital dari kaum muda dan pengalaman serta rekam jejak para produsen manufaktur, Alibaba berharap akan banyak produk baru yang muncul sebagai solusi bagi kebutuhan dan preferensi konsumen saat ini, yang semakin berorientasi pada lanskap digital.

Tahun lalu, HiPajak, tim yang terdiri dari anak muda dan dipimpin oleh Tracy P. Tardia, meraih gelar Grand Winner di babak final global, setelah mengalahkan 2.000 tim dari 15 negara. Tim ini menawarkan aplikasi penyedia solusi perpajakan untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan urusan perpajakan. Sejak menang, HiPajak telah bermitra dengan beberapa lembaga pemerintah dan kini membuka putaran pendanaan awal untuk angel investment round.

Tahun ini, para peserta kompetisi akan mendapatkan berbagai tambahan keuntungan, termasuk akses eksklusif sesi pelatihan dari para pelatih Alibaba GDT Program yang tersertifikasi, tentang ara membangun strategi brand DTC. Pelatihan ini juga meliputi wawasan mengenai brand positioning, customer engagement, riset pasar, dan strategi pemasaran digital.

Para peserta akan dinilai berdasarkan kedalaman proposal mereka dari segi wawasan terhadap konsumen, inovasi, dampak sosial, serta eksekusi keseluruhan dan kemampuan presentasi. Para finalis global yang berkesempatan untuk berkerja sama dengan produsen yang direkomendasikan juga akan menerima dana pemasaran dari mitra tersebut. Juara I, juara II, dan juara III masing-masing akan mendapatkan hadiah tunai senilai USD20.000, USD10.000, dan USD5.000.

Program GDT Alibaba (sebelumnya disebut dengan Alibaba GET Program) diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 dengan tujuan untuk mempromosikan transformasi digital dan pembangunan inklusif melalui inkubasi talenta digital.

Melalui jaringan pelatihan globalnya, program ini telah membantu 80 mitra edukasi dan melatih 1.000 pelatih dan 20 ribu mahasiswa, serta peserta lainnya dari Kolombia, Meksiko, Mongolia, Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, Rwanda, Singapura, dan Tiongkok.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Fitur Beli Pulsa & Data di DANA Tumbuh 56%

Techbiz.id - Sepanjang bulan Agustus 2021, DANA melaporkan bahwa fitur Pulsa & Data mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan jika...