Kamis, April 25, 2024

PANDI Ajak Generasi Muda Tumbuhkan Produk Lokal

Techbiz.id – Saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan pandemi covid-19, dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam upaya memulihkan ekonomi nasional. UMKM menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling berdampak dengan adanya Pandemi Covid-19 ini dan melihat potensi generasi muda yang memiliki dampak besar dalam aspek sosial dan ekonomi di era modern saat ini diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Melalui Bincang Inspirasi yang diselenggarakan pada hari Selasa, 14 September 2021 dengan topik pembahasan “Peran Generasi Muda Dan Teknologi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19” ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Prof. Yudho Giri Sucahyo, Ph.D mengatakan bahwa banyak perubahan perilaku masyarakat yang terjadi selama pandemi covid-19.

“Pandemi ini mengubah banyak hal, mulai dari pola kerja hingga pola berbelanja masyarakat, hal ini juga berdampak pada perekonomian khususnya pelaku usaha UMKM yang sangat terdampak akibat pembatasan ruang gerak maskyarakat.” Kata Yudho

Yudho menambahkan bahwa hal ini masih bisa diatasi jika generasi muda dapat berkolaborasi dengan UMKM dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Iyuk Wahyudi selaku Sekjen Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU) menegaskan “Generasi muda harus menjadi inspirasi dan memberikan kreatifitasnya untuk kemajuan bangsa, UMKM menjadi salah satu sektor yang perlu didukung dan diselamatkan dari krisis pandemic-covid-19 saat ini”

Baca juga: PANDI Dukung Regenerasi Sepak Bola Indonesia

Sedangkan salah satu nara sumber yang mewakili generasi muda, Satria Kenvaleriano menyampaikan pesan bahwa generasi muda bisa melakukan gerakan share and attention jika belum mampu melakukan aksi-aksi besar dalam membantu para pelaku UMKM.

“Kita bisa melakukan aksi-aksi kecil mulai dari menggunakan media sosial dengan cara membagikan review produk-produk lokal, dan viralkan UMKM pilihan kita agar mereka mendapatkan perhatian yang dibutuhkan untuk berkembang serta bertahan.” Kata Satria.

Sebagai pelaku UMKM di bidang makanan Yuli Indarti menceritakan terjadinya penurunan pendapatan selama pandemi covid-19, namun kekuatan pemasaran melalui media sosial dirasakan sangat membantu meningkatkan penjualan, Yuli menegaskan tentang pentingnya bantuan berbagai pihak untuk memasarkan produk terutama generasi muda yang sangat mengerti dan paham terhadap perkembangan teknologi.

Kegiatan Bincang Inspirasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Wirakarya Local Heroes Festival 2021 yang bertujuan untuk menumbuhkan industri lokal UMKM Indonesia dan membangun kebanggaan terhadap produk lokal dalam upaya memulihkan ekonomi nasional.

Kegiatan Wirakarya Local Heroes Festival 2021 menyelenggarakan 3 jenis kategori lomba yang dapat diikuti oleh generasi muda, yaitu; empowerment action, live selling dan video advertising di mana pendaftaran ketiga lomba tersebut dapat diakses melalui website www.localhero.id. Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 28 Oktober bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Nantinya pemenang sekaligus akan dinobatkan menjadi duta sahabat UMKM.

Kompetisi ini disponsori oleh Bank Mandiri dan Smartfren, serta didukung penuh oleh PANDI, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BPP AKU, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional serta didukung oleh RM.ID selaku media partner.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...