Rabu, April 17, 2024

TikTok Ajak Kreator Bercerita Lewat “From Meanies to Goodies”

Techbiz.id – Sebagai bagian dari #CiptakanKebaikan yang diluncurkan sejak Juni lalu, sebanyak enam kreator TikTok dari Asia Tenggara bersatu untuk berbagi cerita mengenai dampak dari komentar pengguna dan mengapa penting untuk bersikap baik di dunia maya.

Diskusi ini hadir dalam bentuk video berjudul “From Meanies to Goodies” yang diharapkan dapat mendorong sikap empati dan simpati bagi warga digital.

TikTok from Meanies to goodies

Terdapat sebanyak enam kreator populer dari Asia Tenggara yang terlibat, antara lain Ashilla Sikado dari Indonesia, Ayn Bernos dari Filipina, Ceddy Lopez dari Malaysia, Jeynelle Ng dari Singapura, Khánh Vy dari Vietnam, dan Kru P Ann dari Thailand.

Video ini menampilkan reaksi masing-masing kreator terhadap komentar di video mereka dan pemberian peringkat dari “jahat” ke “baik” pada komentar tersebut.

Mereka juga berbagi dampak dari komentar tersebut, baik itu komentar baik ataupun buruk. Ini menunjukkan bagaimana komentar yang mungkin terlihat tidak penting atau biasa saja, tetap bisa memberikan dampak besar pada orang yang menerima komentar, bahkan terhadap keluarga dan orang terdekat kreator tersebut.

“Saat menerima komentar buruk, termasuk mengenai body shaming, itu memberikan dampak besar pada kepercayaan diriku. Tapi aku memilih untuk menghapus komentar tersebut lalu menekankan bahwa semua orang punya kecantikan yang unik dan mereka itu seperti layaknya ratu di kerajaan mereka masing-masing,” kata Ashilla Sikado, kreator TikTok, Jumat (10/9).

Pemutaran video “From Meanies to Goodies” ini menjadi bagian dari webinar “Bincang Literasi Digital: Ciptakan Kebaikan di Platform Digital” yang diselenggarakan TikTok Indonesia bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Baca juga: Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark

Adapun pembahasan webinar tersebut menekankan pentingnya menyebarkan kebaikan di platform digital, alih-alih menebarkan komentar negatif terhadap suatu postingan tertentu.

“Kami secara konsisten berusaha membuat TikTok menjadi rumah yang aman dan suportif di mana kreativitas bisa tumbuh. Melalui webinar dan video ini, kami ingin terus membangun diskusi tentang pentingnya menciptakan kebaikan di platform digital, melalui konten dan komentar yang diunggah.” kata Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi kreator-kreator kami yang bersedia menceritakan pengalaman mereka di platform secara lugas, dan semoga itu bisa menginspirasi pengguna lain untuk berpikir sebelum mengunggah sesuatu,” sambung Faris.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...