Rabu, Desember 8, 2021
BerandaNewsAplikasi Watermark KTP ala Bocah 14 Tahun Ini Bantu Hindari Jebakan Pinjol

Aplikasi Watermark KTP ala Bocah 14 Tahun Ini Bantu Hindari Jebakan Pinjol

Must Read

Techbiz.id – Seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun berhasil mengembangkan aplikasi watermark atau penanda untuk KTP. Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dari Sirilius Kevin.

Melalui akun Twitternya @siriliuskevin, ia membagikan tautan aplikasi watermark KTP tersebut kepada publik.

“Aku belakangan ini lagi buat watermark KTP, sebuah alat untuk memberikan watermark pada KTP,” cuit Kevin, dikutip Techbiz, Selasa (18/10/2021).

Aplikasi tersebut dikatakan Kevin, berguna untuk menambahkan watermark pada scan KTP sehingga dapat mencegah penyalahgunaan.

“Kenapa aku buat ini? Karena dengan nambahin watermark pada scan KTP, kita bisa mencegah penyalagunaan scan KTP tersebut,” jelasnya.

Pasalnya, belakangan ini banyak kasus terkait penyalahgunaan KTP, terutama yang terjadi pada kasus pinjaman online (pinjol).

Baca juga: Tindak Tegas Pinjol Ilegal, Kominfo Lakukan Pengawasan Penuh Platform Digital

Adapun untuk cara kerjanya sendiri, aplikasi watermark ini akan meminta pengguna untuk mengunggah foto KTP mereka.

Kendati demikian, Kevin menjamin soal keamanan data. Sebab, data KTP tersebut tidak akan dikirim keluar, melainkan tetap berada di pengguna.

“Semua dilakukan disisi client mas, foto KTP engga pernah dikirim keluar dari komputer. Project ini juga bersifat open source,” jelas Kevin kepada salah satu warganet.

Selain itu, beberapa fitur juga hadir dalam aplikasi watermark ini. Diantaranya fitur opacity untuk teks watermark, fitur memindahkan teks dan masih banyak lagi.

Aplikasi besutan Kevin ini telah mendapatkan sambutan yang positif. Bahkan hingga kini, pengguna aplikasi tersebut telah mencapai lebih dari 4 juta orang.

Terkait

Artikel Terkait

Huawei MateBook 14 Series Resmi Meluncur, Ini Harganya

Techbiz.id - Bersamaan dengan merilis smartphone, Huawei juga meluncurkan dua laptop premium terbarunya, yaitu Huawei MateBook 14s dan 14....